Informasi Terpercaya Masa Kini

Daftar Polisi Bukan dari Akpol yang Berpangkat Komjen, Terbaru Ada Eks Kapalda Jateng Ahmad Luthfi

0 4

TEMPO.CO, Jakarta – Mantan Kapolda Jawa Tengah yang kini menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Ahmad Luthfi, beberapa waktu lalu mendapat kenaikan pangkat menjadi komisaris jenderal (komjen). Kenaikan pangkat ini menjadikannya sebagai salah satu dari sedikit anggota polisi yang bukan dari Akademi Kepolisian atau Akpol yang berpangkat komjen.

Berikut daftar anggota polisi berpangkat komjen yang bukan dari Akpol:

1. Komjen Ahmad Luthfi

Pria kelahiran 22 November 1966 itu saat ini menjabat sebagai Irjen Kemendag sejak 26 Juli 2024 lalu. Sebelumnya, lulusan dari Sepa Milsuk Polri pada 1989 ini adalah Kapolda Jawa Tengah sejak 1 Mei 2020. Dia berpengalaman dalam bidang Intelijen Keamanan.

Riwayat jabatan Ahmad Lutfi antara lain Kapolres Batang, kemudian Wadir Intelkam Polda Jateng pada 2010, Wakapolresta Surakarta pada 2012, dan Kapolresta Surakarta pada 2015. Lalu menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri pada 2017. Dia menjadi Wakapolda Jateng pada 2018, sebelum akhirnya diangkat menjadi Kapolda Jateng pada 2020.

2. Komjen (Purn) Muhammad Syafii

Komjen (Purn) Muhammad Syafii adalah sosok non-Akpol pertama yang menyandang gelar jenderal bintang tiga. Dia merupakan lulusan Sepa Milsuk angkatan 1988, satu tingkat di atas Ahmad Luthfi. Purnawiran Polri yang berpengalaman dalam bidang reserse ini juga dikenal sebagai Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88.

Dia juga merupakan satu-satunya perwira polisi yang dua kali menjabat sebagai Kadensus, yakni pada 2010 dan 2017. Sebelum pensiun, pria kelahiran Bungo, Jambi, ini menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Informasi Kriminal Nasional Badan Reserse Kriminal Polri.

3. Komjen Rudi Heriyanto Adi Nugroho

Komjen Pol Rudi Heriyanto Adi Nugroho adalah seorang perwira tinggi Polri yang mengemban amanat sebagai Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak 11 Desember 2023. Dia pernah menjadi ketua tim kuasa hukum Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette, dua orang polisi penyiram air keras ke penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Rudy merupakan lulusan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana pada 1993. Di kepolisian ia mengawali karier sebagai Kasubbid Peraturan Bid Kumdang Div Binkum Polri. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepolres Cimahi pada 2010 dan Kapolres Metro Jakarta Barat pada 2015.

Lalu, menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya sejak 2016-2017. Setahun menjabat, Rudy dipindah ke Bareskrim Polri dan sempat menduduki jabatan direktur. Sebelum akhirnya diangkat sebagai Kepala Divisi Hukum Polri pada 2019. Selain itu pernah diangkat menjadi Kapolda Banten pada 2020.

TIM TEMPO

Pilihan Editor: Sufmi Dasco Pastikan Gerindra Usung Ahmad Luthfi untuk Pilgub Jawa Tengah

Leave a comment