Informasi Terpercaya Masa Kini

Wasit Final Euro 2024 Francois Letexier, Pernah Usir Shin Tae-yong

0 66

KOMPAS.com – Wasit Perancis, Francois Letexier, ditunjuk memimpin final Euro 2024 Spanyol vs Inggris. Letexier pernah punya pengalaman mengusir pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris akan digelar di Olympiastadion, Berlin, Minggu (14/7/2024) atau Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

UEFA, badan tertinggi sepak bola Eropa, telah resmi menunjuk Francois Letexier sebagai wasit untuk partai final Euro 2024.

Letexier yang masih berusia 35 tahun pernah bersinggungan langsung dengan timnas Indonesia.

Bahkan, ia pernah mengusir keluar pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Ya, Letexier bertugas sebagai pengadil kala timnas Indonesia melakoni laga playoff Olimpiade 2024 melawan Guinea di Clairefontaine, Perancis, pada 9 Mei 2024 silam.

Baca juga: Saat Shin Tae-yong Masih Kesal dengan Wasit Indonesia Vs Guinea…

Duel Indonesia vs Guinea itu mempertaruhkan satu tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024. Indonesia pada akhirnya takluk 0-1 dari Guinea usai kebobolan gol penalti Ilaix Moriba pada babak pertama, persisnya menit ke-29.

Dalam laga tersebut, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong mendapat dua hukuman tendangan penalti.

Pada babak kedua, Guinea punya kans menajamkan keunggulan andai sepakan penalti Algassime Bah tak mengenai tiang gawang.

Titik putih kala itu ditunjuk Letexier lantaran dirinya menilai Alfeandra Dewangga melanggar Algassime Bah di area kotak 16 meter.

Kejadian itu memicu protes keras dari Shin Tae-yong. Pelatih timnas Indonesia berinisial STY tersebut pada akhirnya diberikan kartu kuning kedua dan mendapatkan amanat pengusiran dari Letexier pada menit ke-75.

“Untuk pertandingan terakhir memang benar-benar pemain bekerja keras dan maksimal,” ujar STY kepada awak media termasuk Kompas.com di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu, 11 Mei 2024 silam.

“Namun, dengan adanya keputusan yang tidak adil dari wasit, itu yang membuat saya tidak bisa menerimanya.”

“Beberapa kali saya memutar video pertandingan, tetapi tetap ada kesalahan dari wasit, itu yang disayangkan,” ujar eks pelatih Korea Selatan dan Seongnam Ilhwa Chunma itu.

Baca juga: Spanyol Vs Inggris: Kans Tiga Singa Ukir Sejarah, Waspada Rodri-Ruiz

Letexier mulai bertugas sebagai wasit internasional pada 2017. Ia pernah menjadi pengadil untuk laga bergengsi penentu trofi antara Man City vs Sevilla pada ajang Piala Super Eropa 2023.

Pada ajang Euro 2024 ini, Letexier sebelumnya telah bertugas dalam tiga pertandingan, salah satunya adalah Spanyol vs Georgia (4-1) pada fase 16 besar.

Sepasang partai Piala Eropa 2024 lain yang dipimpin Letexier adalah Denmark vs Serbia (Grup C/0-0) dan Kroasia vs Albania (Grup B/1-1).

Dalam tugasnya di final Euro 2024 nanti, Letexier akan didampingi kompatriotnya Cyril Mugnier dan Mehdi Rahmouni sebagai asisten wasit.

Posisi wasit VAR (Video Assistant Referee) akan diisi oleh Jerome Brissard, juga dari Perancis.

Letexier juga akan didukung oleh pria asal Polandia yang pernah memimpin final Piala Dunia 2022, Szymon Marciniak, sebagai asisten wasit keempat.

Leave a comment