Informasi Terpercaya Masa Kini

Fujitsu Rilis Laptop Ringan, Bobotnya Hanya Seberat iPad

0 3

KOMPAS.com – Perusahaan teknologi asal Jepang, Fujitsu, merilis laptop terbarunya bernama FMV Zero WU5/J3 pekan ini. 

Produk ini diklaim sebagai laptop paling ringan di dunia dengan bobot 634 gram, lebih ringan dari pendahulunya, yaitu Fujitsu Lifebook WC1/H3 dengan bobot 689 gram.

Laptop teranyar Fujitsu ini juga dua kali lebih enteng dari Macbook Air M3 yang memiliki bobot 1,24 kg, dan nyaris sama ringannya dengan iPad Air Pro 13 inci (2024) yang memiliki berat sekitar 579 gram. 

Menurut Fujitsu, bobot laptop ini berhasil ditekan seminim mungkin berkat lapisan bodi yang dibuat dari bahan carbon fiber. Material ini memang dikenal lebih ringan dibanding aluminium atau polikarbonat.

 

Selain itu, Fujitsu juga menyebut pihaknya telah mengurangi bobot dari beberapa komponen utama laptop, mulai dari panel LCD, baterai, serta pipa dan lempengan yang ada di dalam sistem pendingin. 

Baca juga: Asus TUF Gaming A16 Resmi di Indonesia, Laptop Gaming Ramah AI

Meski ringan, spesifikasi Fujitsu FMV WU5/J3 bisa dibilang cukup mumpuni. Laptop berukuran 14 inci ini ditenagai dengan prosesor (CPU) teranyar Intel “Meteor Lake”, yaitu Intel Core Ultra 100 Series.

Ada dua model yang bisa dipilih, yaitu Intel Core Ultra 5 125U (12 cores, 14 threads, kecepatan clock hingga 4,3 GHz) dan Intel Core Ultra 7 155U (12 cores, 14 threads, kecepatan clock hingga 4,8 GHz). 

Prosesor yang sudah dibekali dengan chip kecerdasan buatan (AI) alias Neural Processing Unit (NPU) ini dapat dipadukan dengan RAM hingga 64 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD hingga 2 TB. 

Fujitsu tak mengumbar berapa kapasitas baterai laptop ini. Namun, mereka mengeklaim laptop ini memiliki durasi video playback hingga 6 jam dan daya tahan standby hingga 15 jam.

Baca juga: Laptop Lenovo Legion Pro 7i dan 5i Rilis di Indonesia, Pakai Pendingin Baru

Fitur pendukung lainnya yang ada di laptop ini mencakup sertifikasi uji ketahanan militer AS MIL-STD-810H untuk menjamin laptop tahan banting, berbagai fitur AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna, serta sistem operasi Windows 11 Pro.

Di pasar Jepang, Fijutsi FMV Zero WU5/J3 dijual dengna harga 197.900 yen atau setara Rp 20,4 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Senin (21/10/2024). 

Belum ada informasi apakah laptop yang diklaim paling ringan di dunia ini akan diboyong ke Indonesia atau tidak.

Leave a comment