Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Air Kelapa Setiap Hari

0 2

Bunda suka minum air kelapa? Ini dia hal yang terjadi pada tubuh jika minum air kelapa setiap hari.

Air kelapa lebih dari sekadar minuman pelepas dahaga. Air kelapa telah lama dikenal sebagai minuman alami yang kaya manfaat.

Minuman ini sering disebut sebagai ‘air kehidupan’ karena kandungan nutrisi yang lengkap. Mengandung elektrolit, vitamin, serta mineral penting, air kelapa sering dipilih sebagai alternatif minuman sehat oleh banyak orang.

Meski demikian, bolehkah minum air kelapa setiap hari? Apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh jika Bunda mengonsumsi air kelapa secara rutin setiap hari?

Baca Juga : Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Pepaya Setiap Hari

Mengutip dari Eating Well, mari kita bahas mengenai manfaat minum air kelapa.

Fakta nutrisi air kelapa

Kandungan air kelapa bervariasi tergantung pada umur dan jenis kelapa, beserta cara pengolahan serta penyimpanannya. Secara umum, minuman yang menghidrasi ini merupakan sumber elektrolit utama yang baik, termasuk kalium, natrium, dan magnesium.

Minuman ini juga mengandung sedikit kalsium. Menurut U.S. Department of Agriculture. FoodData Central, satu cangkir (245 gram) air kelapa tanpa pemanis mengandung:

Kalori: 44

Total Karbohidrat: 10 g

Serat Makanan: 0 g

Total Gula: 10 g

Protein: Total Lemak: 0 g

Lemak Jenuh: 0 g

Sodium: 64 mg

Kalium: 404 mg

Magnesium: 15 mg

Kalsium: 17 mg

Bolehkan minum air kelapa setiap hari?

Jawabannya boleh, Bunda. Bunda boleh mengonsumsi air kelapa setiap hari tanpa ada batasan. Namun perlu memperhatikan aktivitas, cuaca, dan asupan cairan lainnya.

Meski demikian, ada beberapa kelompok orang dengan kondisi medis tertentu yang perlu membatasi minum air kelapa. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatannya secara keseluruhan. Siapa saja kelompok yang dimaksud?

  • Orang dengan penyakit ginjal kronis. Ini karena dalam air kelapa terdapat asupan kalium dan sodium sehingga perlu dibatasi.
  • Orang yang punya tekanan darah tinggi. Kandungan natrium dalam air kelapa bisa meningkatkan tekanan darah.
  • Saat diet

Hal yang terjadi pada tubuh jika minum air kelapa setiap hari

Berikut hal yang terjadi pada tubuh jika minum air kelapa setiap hari.

1. Menghidrasi tubuh

Air kelapa sangat kaya akan elektrolit seperti kalium, natrium, dan magnesium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Minum air kelapa setiap hari dapat menjadi cara yang efektif untuk menghindari dehidrasi, terutama setelah aktivitas fisik yang intens.

Cairan ini cepat menggantikan cairan yang hilang dan memberikan sensasi segar. Ini membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Mendukung kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu faktor utama risiko penyakit jantung. Kalium bekerja dengan cara menyeimbangkan efek natrium dalam tubuh sehingga membantu menstabilkan tekanan darah. Selain itu, antioksidan dalam air kelapa berpotensi melindungi sel-sel jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Meningkatkan fungsi pencernaan

Air kelapa mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

Selain itu, air kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikroba baik di dalam usus. Rutin minum air kelapa setiap hari dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mengurangi masalah seperti sembelit atau kembung.

4. Mendukung kesehatan tulang

Meskipun kalsium dan vitamin D secara luas diakui dapat mendukung kesehatan tulang, beberapa penelitian menyoroti makanan dan minuman yang kaya kalium, seperti air kelapa, penting dalam memperkuat kekuatan dan kepadatan tulang. Mineral yang sangat bermanfaat ini mungkin sangat bermanfaat dalam mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang.

Selain menjaga keseimbangan elektrolit dan kesehatan jantung, kalium juga membantu mengatur keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Ketika tubuh menjadi terlalu asam, tubuh akan mengeluarkan kalsium dari tulang untuk membantu menetralkan kelebihan asam, yang lama-kelamaan akan melemahkan tulang.

Kalium dapat berperan dengan memulihkan keseimbangan asam-basa dan mencegah pelepasan kalsium dari tulang. Oleh karena itu, pola makan yang kaya kalium dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang lebih tinggi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

5. Menjaga kesehatan kulit

Air kelapa juga dikenal baik untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dalam air kelapa membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel kulit.

Tak hanya itu, air kelapa membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, mencegah kekeringan, dan memberikan tampilan kulit yang lebih sehat dan bercahaya. Minum air kelapa secara rutin dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit serta mengurangi munculnya jerawat.

Cara terbaik minum air kelapa

Berikut cara terbaik minum air kelapa.

1. Murni

Segelas besar air kelapa dengan es adalah cara sempurna untuk menyejukkan diri di hari musim panas yang terik. Dengan rasanya yang segar dan sifatnya yang menghidrasi, air kelapa adalah minuman yang kaya elektrolit dan pelarian yang menyegarkan ke surga sekaligus.

2. Smoothies

Jika Bunda ingin menambahkan beberapa buah ke dalam campuran, pertimbangkan untuk mencampur air kelapa menjadi smoothies buah yang lezat. Gunakan air kelapa sebagai bahan dasarnya.

3. Jus buatan sendiri

Tingkatkan hidrasi Bunda dengan membuat jus buatan sendiri yang dicampur dengan rasa manis alami air kelapa.

4. Es loli beku

Es loli klasik masa kecil dengan sentuhan sehat. Es loli yang dibuat dengan air kelapa dan buah adalah suguhan lezat yang memadukan nostalgia dengan nutrisi.

Campur berry, perasan lemon, madu, dan air kelapa ke dalam blender lalu ke dalam cetakan es loli.

5. Mocktail

Pada hari-hari ketika Bunda menginginkan mocktail, cobalah menambahkan air kelapa ke minuman favorit.

Minum air kelapa setiap hari memberikan banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Dari menghidrasi tubuh, mendukung kesehatan jantung, hingga menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya, air kelapa merupakan minuman alami yang menyehatkan dan mudah diakses.

Pilihan Redaksi

  • 10 Ciri-ciri Gejala Serangan Jantung pada Perempuan yang Harus Diwaspadai
  • 8 Gejala Sifilis pada Perempuan yang Tidak Boleh Diabaikan
  • 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Meningitis yang Sering Dianggap Sepele

Dengan rutin minum air kelapa, Bunda tidak hanya menikmati kesegaran alaminya tapi juga memberikan asupan nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment