Informasi Terpercaya Masa Kini

2 Cara Menghapus File di Google Drive lewat HP dengan Mudah dan Cepat

0 3

KOMPAS.com – Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dalam mengelola file yang tersimpan di penyimpanan berbasis Cloud punya Google alias Google Drive. Salah satu panduan itu seperti cara menghapus file di Google Drive di HP.

Cara menghapus file di Google Drive lewat HP ini bakal memudahkan pengguna untuk mengelola ruang penyimpanan Google Drive. Tiap pengguna bakal memiliki ruang penyimpanan Google Drive sebesar 15 GB secara gratis.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Google Drive Penuh padahal File Sudah Dihapus dan Penyebabnya

Penyimpanan Google Drive itu bisa penuh ketika banyak file yang tersimpan. Agar penyimpanan Google Drive tidak penuh, pengguna bisa menghapus file-file yang sudah tidak penting lagi.

Penghapusan file di Google Drive bisa dilakukan secara mudah lewat HP. Dengan melalui HP, pengguna bisa memilah dan menghapus file di Google Drive yang tak penting lagi kapan saja secara fleksibel.

Lantaran bakal berguna dan memudahkan, pengguna penting buat mengetahui cara menghapus file di Google Drive lewat HP. Lantas, bagaimana cara menghapus file yang ada di Google Drive lewat HP?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus file di Google Drive di HP.

Cara menghapus file di Google Drive di HP

Cara menghapus file di Google Drive di HP itu pada dasarnya sangat mudah. Setidaknya, terdapat dua skema penghapusan file di Google Drive yang bisa dilakukan pengguna. Pertama, pengguna bisa menghapus file secara satuan atau satu per satu.

Baca juga: Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh dengan Cepat, Cukup Sekali Langkah

Kemudian, untuk mempercepat pengosongan ruang penyimpanan Google Drive, pengguna juga bisa menghapus semua file sekaligus. Adapun penjelasan yang lebih detail soal dua cara menghapus file di Google Drive di HP itu adalah sebagai berikut.

1. Cara menghapus file di Google Drive di HP secara satuan

Cara menghapus file di Google Drive lewat HP yang pertama adalah menghapus secara satuan. Dalam cara yang pertama ini, pengguna bisa memilih satu per satu file yang tak penting, kemudian baru dihapus. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Drive di HP.
  • Buka menu “File” dan semua file dari berbagai format yang tersimpan di Google Drive bakal ditampilkan.
  • Kemudian, cari file yang hendak dihapus dan klik lama file tersebut.
  • Selanjutnya, klik ikon titik tiga dan pilih menu “Remove”.
  • Terakhir, klik opsi “Move to trash” untuk mengonfirmasi tindakan dan satu file terpilih tadi akan dihapus serta berpindah ke folder trash.

2. Cara menghapus file di Google Drive di HP semua sekaligus

Cara menghapus file di Google Drive di HP yang kedua adalah menghapus secara sekaligus. Dalam cara kedua ini, pengguna bisa menghapus banyak atau semua file di Google Drive, sehingga tak perlu memilih satu per satu. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Drive di HP.
  • Buka menu “File” dan semua file dari berbagai format yang tersimpan di Google Drive bakal ditampilkan.
  • Setelah itu, pengguna bisa klik salah satu file dan pilih ikon persegi yang berada di pojok kanan atas layar aplikasi.
  • Berikutnya, semua file bakal terpilih.
  • Kemudian, pengguna bisa klik ikon titik tiga dan pilih menu “Remove”.
  • Terakhir, klik opsi “Move to trash” untuk mengonfirmasi tindakan dan semua file yang dihapus bakal berpindah ke folder Trash.

Hapus file di folder Trash

Seperti yang tertera di penjelasan cara di atas, setiap file Google Drive yang dihapus tidak akan langsung dihapus permanen, tetapi dimasukkan dulu ke folder Trash. File di folder Trash baru dihapus selamanya secara otomatis setelah 30 hari.

Sebelum 30 hari, file yang dihapus bakal tetap tersedia di folder Trash. File yang baru saja dihapus dan berada di folder Sampah pada dasarnya masih memakan ruang penyimpanan Google Drive sebelum dihapus secara permanen.

Untuk itu, agar penyimpanan tak penuh, pengguna bisa menghapus semua file di folder Sampah segera, tanpa harus menunggu 30 hari. Adapun cara menghapus file di folder Trash Google Drive adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Drive.
  • Kemudian, buka folder Trash atau Sampah.
  • Semua file yang dihapus pengguna bakal disajikan di folder ini.
  • Terakhir, klik opsi “Empty trash now” dan Google Drive bakal mengosongkan folder Trash.

Baca juga: 3 Cara Upload File ke Google Drive di Berbagai Perangkat dengan Mudah

Cukup mudah bukan cara menghapus file di Google Drive di HP? Melalui dua cara di atas, pengguna tak perlu bingung ketika hendak menghapus file file yang telah tersimpan di Google Drive dan memenuhi ruang penyimpanan.

Pengguna bisa menghapus dengan mudah file-file di Google Drive itu, baik secara satuan maupun semua sekaligus, agar penyimpanan jadi lebih lega. Demikianlah penjelasan cara menghapus file di Google Drive di HP dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment