Informasi Terpercaya Masa Kini

4 Bukti Kesederhanaan Paus Fransiskus, Menolak Limousine hingga Istana

0 6

KOMPAS.com – Jorge Mario Bergoglio adalah sosok yang sederhana–bahkan setelah namanya berubah menjadi Paus Fransiskus, pemimpin Gereja Katolik Roma saat ini.

Paus Katolik ke-266 ini sederhana bukan hanya di ucapan basa-basi pencitraan belaka. Dia tidak butuh itu. Tapi sikap dan kesehariannya mencerminkan hal itu.

Paus Fransiskus yang beberapa waktu lalu sempat mengunjungi Jakarta ini adalah contoh pemimpin yang mengutamakan umatnya, bukan mendahulukan jabatan, kekayaan, atau keluarganya.

Berikut bukti kesederhanaan Paus Fransiskus.

Baca juga: Misa Paus Fransiskus di Timor Leste Hari Ini Akan Dihadiri Separuh Penduduk Negara

1. Gemar masak sendiri

Saat menjadi uskup agung Buenos Aires, ia tinggal di sebuah apartemen, memasak makanan sendiri, dan menggunakan transportasi umum. Padahal, dia adalah uskup agung. Dengan menjentikkan jari, bisa saja semua keinginannya terpenuhi. Tapi, Faus Fransiskus bukan sosok seperti itu,

2. Memakai sepatu usang saat terpilih jadi Paus

Ketika terpilih menjadi Paus, ia memilih untuk tidak memakai sepatu merah yang dibuat khusus untuknya, melainkan memakai sepatu hitam tua yang sudah usang dari Buenos Aires. Bukti bahwa bukan sepatulah poin utama kepausan, melainkan sejauh mana sepatu itu ditempuh dalam pelayanan.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Paus Fransiskus di Papua Nugini | 1.000 Warga NTT Nanti Kedatangan Paus

3. Tak pakai limousine yang disediakan

Setelah pemilihannya sebagai Paus, dia memutuskan kembali ke hotel tempat ia menginap untuk membayar tagihannya sendiri, dan memilih untuk naik bus bersama kardinal-kardinal lainnya. Paus Fransiskus tak menggunakan limousine yang disediakan.

Baca juga: PM Timor Leste Xanana Gusmao Ikut Kerja Bakti Sambut Paus Fransiskus

4. Tidak tinggal di Istana Kepausan

Selama masa kepausannya, Paus Fransiskus tinggal di rumah St Marta (Casa Santa Marta) bersama pegawai Vatikan, daripada tinggal di Istana Kepausan. Paus paham bahwa kemilau istana terkadang bisa membutakan mata. Dia memilih tinggal secara sederhana, seperti kebanyakan umatnya. Sangat bersahaja.

Leave a comment