Informasi Terpercaya Masa Kini

Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Rumah Pertama?

0 5

Tinggal terpisah dari orang tua dan memiliki rumah sendiri menjadi banyak impian para pasangan suami istri. Namun mungkin masih banyak yang bingung, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Ya Moms, memutuskan untuk membeli rumah memang perlu dipikirkan matang-matang. Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, mulai dari kesiapan finansial dan hal-hal lain yang sifatnya non-finansial. Seperti pemilihan lokasi, kondisi lingkungan apakah rawan bencana atau tidak, jarak dengan tempat kerja, akses ke fasilitas umum, masalah air, dan masih banyak lagi.

Nah, khusus yang berkaitan dengan finansial, beberapa tips dari financial planner yang juga founder Shila Financial, Ila Abdulrahman, ini, mungkin bisa membantu. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pertimbangan Finansial yang Harus Dipikirkan Sebelum Beli Rumah

1. Harga

Ila menyarankan, harga rumah pertama maksimal adalah 5x dari penghasilan per tahun. Penghasilan ini harus dihitung dari penghasilan pencari nafkah utama saja, bukan penghasilan gabungan suami-istri.

“Jika istri resign misalnya, cicilan yang tadinya 35% dari penghasilan berdua akan berubah menjadi kurang lebih 50% dari penghasilan suami. Keadaan ini akan membuat keluarga kesulitan membiayai hidup,” kata Ila kepada kumparanMOM.

2. Tenor

Ambil tenor dengan cicilan maksimal 35 persen dari penghasilan pencari nafkah utama.

3. Siapkan DP dan Biaya Lain

Meski di era sekarang rumah bisa dibeli tanpa DP, idealnya pasangan suami istri tetap mempersiapkan uang DP. Sebab tanpa DP, cicilan rumah akan semakin besar.

Selain itu, siapkan juga biaya untuk notaris, akta, hingga asuransi sebesar 15% dari harga rumah.

4. Asuransi

Pastikan pembelian ini dilindungi asuransi, baik utang atau rumahnya. Hal ini penting, terutama jika rumah terletak di daerah rawan bencana.

Leave a comment