Informasi Terpercaya Masa Kini

Waalaikumsalam atau Walaikumussalam, Ketahui Tulisan yang Benar dan Artinya

0 9

Mengucapkan dan menjawab salam sudah menjadi tradisi di kalangan umat Muslim. Akan tetapi, masih banyak dari mereka yang mungkin bingung terkait penulisan jawaban salam yang benar. Apakah waalaikumsalam atau walaikumussalam?

Melansir dari laman detikcom, salam adalah bentuk doa seorang Muslim pada Muslim lainnya. Menjawabnya juga merupakan bentuk Bunda mengucapkan kembali doa tersebut.

Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah SAW bersabda, “Demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya. Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian telah bermain dan kalian tidak akan beriman hingga kalian saling mengasihi. Adakah kalian ingin saya beri tahu hal yang apabila kalian melakukannya maka kalian akan saling mengasihi: Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Waalaikumsalam atau Walaikumussalam, tulisan mana yang benar?

Bunda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana jawaban salam yang benar dan tepat untuk disampaikan kepada sesama Muslim, sebagai berikut tulisan Arabnya:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Artinya:

Begitu juga semoga keselamatan, rahmat Allah, dan berkah-Nya tercurah kepada kalian.

Baca Juga : 13 Doa untuk Anak agar Tidak Sakit, Sukses Dunia Akhirat, Saleh & NurutArti Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Melansir dari laman CNN Indonesia, lafaz wa’alaikumsalam memiliki arti semoga keselamatan terlimpah juga kepada kalian. Sementara lafaz wa’alaikumsalam warrahmatullahi wabarakatuh memiliki arti semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah juga kepada kalian.

Kalimat walaikumussalam warahmatullahi wabarakatahu ini adalah ucapan balasan dari Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hukum menjawab salam

Tradisi mengucapkan salam dan membalasnya ini sudah ada sejak zaman nabi dan masih digunakan hingga saat ini oleh umat Muslim. Sebagaimana ucapan salam ini telah dijelaskan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW, beliau bersabda:

“Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, ‘Allah taala menciptakan Adam dengan tinggi enam puluh dzira, kemudian Allah taala berfirman kepadanya: Pergilah dan ucapkanlah salam kepada para malaikat itu, dan dengarkanlah salam penghormatan mereka karena ia akan menjadi salam penghormatan keturunanmu. Maka Ada mengucapkan Assalamualaikum dan para malaikat menjawab  Wa’alaikasalam wa rahmatullah dan mereka menambahkan Wa barakatuh.” (HR. Bukhari)

Perlu diketahui juga bahwa hukum menjawab salam kepada Muslim adalah wajib ‘ain bila ditujukan untuk satu orang tersebut. Sebaliknya, hukum menjawab salam menjadi wajib kifayah bila ditujukan ke banyak orang.

Hukum tidak menjawab salam

Jika manusia ingin menjadi lebih baik, mereka haru menjawab salam dengan lebih baik lagi, minimal sama dengan salam yang diterimanya. Hal ini karena mengucapkan dan menjawab salam memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Muslim.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan pada kalian suatu amalan yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Pengucapan waalaikumsalam yang benar

Imam Nawawi mengatakan seminimal mungkin seorang Muslim dapat membalas salam dengan singkat, yakni mengucapkan wa’alaikumssalaam atau wa’alaikumussalaam.

Sementara itu, ada juga alternatif jawaban yang bisa Bunda gunakan dan dianggap cukup untuk menjawab salam, yakni dengan membuang huruf wawu di depan kalimat. Dengan kata lain, sudah cukup bagai seorang Muslim menjawabnya dengan bacaan Alaikumussalaam.

Pilihan Redaksi

  • Hukum Mencukur Alis bagi Perempuan dalam Islam, Boleh atau Dilarang?
  • Bacaan Sholawat Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad dan Keutamaannya
  • Arti Allahumma Barik, Bisa Diamalkan saat Melihat Hal Baik

Nah, itulah penulisan waalaikumsalam atau walaikumussalam, yang perlu Bunda ketahui. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment