Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Kuil yang Wajib Dikunjungi saat Traveling ke Bangkok

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Thailan salat satu destinasi populer di Asia Tenggara. Negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha ini memiliki banyak kuil atau wat. Beberapa masih digunakan untuk penduduk setempat beribadah, dan yang lainnya menjadi destinasi wisatawan karena gaya arsitekturnya yang beragam.

Salah satunya di Bangkok, ibu kota Thailand ini memiliki banyak kuli-kuli suci. Wisatawan pun dapat mengetahui sekilas inti dan jiwa spiritualitas Thailand dengan mengunjunginya. Waktu terbaik untuk mengunjungi kuil-kuil di Bangkok adalah pagi hari saat cuaca lebih sejuk. Selain itu, jumlah wisatawan yang datang pun masih relatiif sedikit.

Akses untuk menuju kuil-kuil di Bangkok pun relatif cepat dan mudah dengan menggunakn transportasi umum. Seperti tuk-tuk, taksi, BTS (Sky Train), MRT (Subway), dan taksi sungai. Jalur Kereta Bandara Bangkok dari Bandawa Suvarnabhumi juga terkoneksi dengan Jalur Biru MRT dan Jalur BTS Sukhumvit.

Berikut ini kuil paling terkenal di Bangkok

1. Wat Phra Kaew

Kuil yang dianggap paling suci di Bangkok ini juga dikenal sebagai Wat Phra Si Rattana Satsadaram. Letaknya di dalam kawasan Grand Palace, jadi bisa sambil mengunjungi Grand Palace, Saranrom Palace, dan kunjungi Museum of Siam di dekatnya.

Wa Phra Kew memiliki sosok Buddha yang terbuat dari sepotong batu giok, dan menggunakan hiasan berlian dan emas. Patung tersebut didatangkan dari Chiang Rai pada tahun 1464. Kuil ini juga memiliki patung-patung prajurit, arsitektur yang luar biasa, dengan mural yang menggambarkan kisah hidup Buddha, episode dari kisah Ramakien, dan peribahasa tradisional.

2. Wat Pho

Kuil Wat Pho, merupakan kuil tertua di Bangkok yang terletak di Pulau Rattanakosin. Kuil ini sangat populer karena terdapat koleksi patung dan patung Buddha terbesar di Thailand. Patung Buddha berbaring berlapis emas sepanjang 46 meter yang ikonik ini menarik ribuan wisatawan setiap hari. Di dalamnya juga terdapat plakat bergambar yang menjelaskan berbagai subjek, termasuk Yoga, sejarah, leksikografi, sastra, Budha, peribahasa, adat istiadat, kesehatan, dan pengobatan.

3. Wat Arun

Kuil lainnya yang populer di Bangkok adalah Wat Arun, yang terletak di Thonburi, di tepi Sungai Chao Phraya. Kuil ini seperti karya seni, dengan patung-patung indah, warna-warna cerah, potongan-potongan kecil keramik Tiongkok, patung-patung porselen mengkilap, dan puncak menara yang menjulang tinggi. Setelah puas mengagumi keindahannya dapat mencoba naik taksi air dari Dermaga Tha Tien, jelajahi Museum Siam, dan kunjungi Museum Nasional Bangkok

4. Wat Benchamabophit

Wat Benchamabophit salah satu kulit paling dihormati di Thailand, dan sering disebut Kuil Marmer. Bangunan yang gambarnya menghiasi uang koin 5 baht itu, juga dianggap mahakarya arsitektur Thailand. Kuil ini terbuat dari marmer Carrera Italia, interior kuil menampilkan palang emas dan pernis, dengan dinding menampilkan lukisan stupa dari seluruh Thailand. Di dalamnya terdapat 52 patung Buddha di aula pertemuan, dan abu Raja Rama V dikuburkan di bawah patung Buddha bergaya Sukhothai. Setelah menjelajahi Wat Benchamabophit, bisa menyusuri Pasar Ratchawat, habiskan malam berbelanja di Pasar Akhir Pekan Chatuchak, dan tonton pertandingan di Rajadamnern Thai Boxing Stadium.

5. Wat Saket

Wat Saket atau Gunung Emang juga merupakan salah satu kuil paling populer dan tertua di Thailand. Kuil ini memiliki daya tarik titik pandang unik di puncak bukit buatan manusia. Wisatawan yang datang ke kuil ini tidak hanya untuk tujuaan keagamaan, tetapi juga untuk menikmati pemandangan Bangkok yang menakjubkan.

6. Wat Traimit

Wat Traimit terlihat sederhana dari luar. Namun kuil ini memiliki patung Buddha emas terbesar di dunia, sehingga menjadi tempat wisata populer di Bangkok. Patung tersebut ditemukan pada tahun 1950-an, saat para pekerja membongkar apa yang mereka pikir sebagai patung Buddha berbahan dasar plester. Ternyata itu adalah patung Buddharupa Sikap Maravijaya abad ke-13 yang terbuat dari emas murni, beratnya sekitar 5,5 ton. Patung itu ditutupi untuk mengelabui penjajah agar tidak menjarah kuil.

7. Wat Paknam Bhasicharoen

Kalau traveling ke Bangkok, wajib mengunjungi Wat Paknam Bhasicharoen. Di dalam kuil ini terdapat patung Besar Buddha terbesar di Bangkok. Selain patung setinggi 92 meter itu, di dalam kuil ini juga terdapat stupa kaca setinggi 8 m, museum, patung Buddha, ruang mediasi, dan banyak lagi.

TRAVEL AND LEISURE

Pilihan editor: Bangkok jadi Destinasi Terpopuler untuk Liburan Musim Panas 2024 Menurut Agoda

Leave a comment