Informasi Terpercaya Masa Kini

Rahasia Veddriq Leonardo Sukses Raih Emas Olimpiade Paris 2024: Kurangi Main Handphone Sebelum Tanding

0 10

TEMPO.CO, Jakarta – Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo mengungkapkan salah satu rahasia di balik keberhasilannya meraih medali emas Olimpiade Paris 2024. Ia mengaku membatasi diri bermain handphone sebelum bertanding.

“Kunci (sukses) sebelumnya juga aktivitas dari menggunakan ponsel dikurangi, screen kita dibatasi waktu sebelum pertandingan. Kami harus menjaga kondisi,” ujar dia dalam sesi jumpa pers virtual yang digelar Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jumat, 9 Agustus 2024.

Sebelum melakoni laga putaran final panjat tebing nomor speed putra, Veddriq sempat diajak pelatih Hendra Basir untuk berbicara empat mata. Atlet asal Pontianak itu pun membeberkan bahwa dalam sesi tersebut, sang pelatih mengingatkannya untuk menjaga kondisi demi menuai hasil maksimal.

“Lebih ke mengamankan kondisi, keadaan untuk ketengangan karena ini partai pamungkas putra dan lawan pertama adalah tuan rumah jadi memang harus ada ketenangan. Semua persiapan dilakukan lebih awal,” ucapnya.

“Kami juga enggak terlalu banyak berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak berkaitan dengan pertandingan, seperti misalnya atlet atau pelatih dari negara lain kan kadang kami harus basa-basi dan itu menguras energi. Kami tidak ada waktu untuk mengurusi hal tersebut,” kata Veddriq menambahkan.

Pemanjat berusia 27 tahun ini meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 setelah mengalahkan wakil Cina Wu Peng di babak final, Kamis, 8 Agustus 2024. Veddriq menyelesaikan pertandingan dengan catatan waktu 4,75 detik, unggul 0,02 detik dari lawannya.

Veddriq mengucapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut. Ia merasa bangga bisa mencetak sejarah baru untuk Indonesia. “Olahraga ini baru tapi diberi kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas. Bersyukur untuk pencapaian ini dan saya pun bangga atas pencapaian ini,” ucapnya dalam keterangan tertulis KOI, Kamis, 8 Agustus.

Catatan tersebut menjadikannya sebagai atlet Indonesia pertama yang meraih emas di Olimpiade Paris 2024. Pencapaiannya kemudian diikuti oleh lifter Rizki Juniansyah yang memenangkan pertandingan angkat besi kelas 73 kilogram. Kini Indonesia telah mengoleksi tiga medali, dua emas dan satu perunggu yang disumbang tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Tim Merah Putih pun menempati peringkat ke-28 klasmen sementara Olimpiade Paris 2024.

Pilihan Editor: Lifter Nurul Akmal Jadi Harapan Terakhir Indonesia Tambah Medali Olimpiade Paris 2024, Ini Jadwal Bertandingnya

Leave a comment