Informasi Terpercaya Masa Kini

Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024 – China Kunci Medali Emas Pertama, Keganasan Juara Dunia Junior Angkatan Rachel/Trias Bekuk Unggulan Jepang

0 7

BOLASPORT.COM – China telah memastikan medali emas pertama dari cabor bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 setelah kemenangan epic ganda putri Liu Sheng Shu/Tan Ning.

Nomor ganda putri akhirnya benar-benar dikuasai China setelah Negeri Tirai Bambu dipastikan bakal punya All Chinese Final pada Olimpiade Paris 2024.

Setelah sebelumnya pasangan unggulan pertama Chen Qing Chen/Jia Yi Fan melangkah ke final lebih dulu, kali ini junior mereka Liu Sheng Shu/Tan Ning telah berhasil menyusul.

Bertanding di Porte de La Chapelle Arena, Paris, Prancis, Jumat (2/8/2024), Liu/Tan menundukkan unggulan Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida dalam permainan solid, cepat dan ganas.

Baca Juga: Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024 – Media China Soroti Tumpulnya Ganda Putra Indonesia Setelah Era Emas Hendra Setiawan

Berbeda dengan Chen/Jia yang harus berjibaku susah payah memesan tiket final dengan melakoni laga rubber game kontra Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia), Liu/Tan cenderung sangat dominan.

Sejak gim pertama, tak ada kata ampun dari Liu/Tan dalam mencecar pertahanan Matsuyama/Shida.

Mereka berhasil unggul cepat dan telak sampai 8-3.

Hampir sebagian besar poin mereka didapatkan lewat smes-smes menggelegar yang susah dikembalikan wakil Jepang.

Servis Liu/Tan juga sangat sulit, tipis melintasi bibir net hingga memaksa Matsuyama/Shida harus terus mengangkat bola.

Sempat diikejar 6-8, mental Liu/Tan tak goyah.

Mereka segera menemukan ritme menyerang lagi hingga berhasil unggul di interval dan menang 21-16.

Di gim kedua, ketangguhan mereka tetap tak pudar.

Bahkan ketika memasuki poin krusial, Liu/Tan membuktikan bahwa mental mereka benar-benar telah terasah.

Dari unggul 18-13 sampai didekati 18-17 dan 20-19, Liu/Tan mampu menjaga konsentrasi sampai tunas hingga mengunci kemenangan 21-19.

Kemenangan mereka memastikan emas pertama untuk China dari bulu tangkis, karena mereka akan melakoni final derbi dengan ketemu Chen/Jia yang notabene senior mereka sendiri.

Di sisi lain, ini menjadi prestasi besar bagi Liu Sheng Shu maupun Tan Ning yang notabene baru beranjak dari level junior ke senior pada 2023 lalu.

Liu Sheng Shu sendiri merupakan Juara Dunia Junior 2022 di ganda putri bersama Wang Ting Ge.

Saat itu gelar juara direngkuh setelah mereka mengalahkan wakil Indonesia, Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Jika melihat track record catatan perjalanan Liu Sheng Shu maupun Tan Ning, transisi mereka terbilang sukses dan cepat.

Sebelum ini, Liu/Tan juga menyingkirkan unggulan dua Baek Ha-na/Lee So-he asal Korea Selatan di babak perempat final dengan skor lebih telakm 21-9, 21-13.

Baca Juga: Bulu Tangkis Olimpiade Paris 2024 – Leganya Gregoria Lolos Perempat Final, Rekor Tak Terkalahkan hingga 9-0 Atas Deputi An Se-young Berlanjut

Leave a comment