Informasi Terpercaya Masa Kini

Kata Media Asing Usai Indonesia Juara Piala AFF U19 2024, Sebut Raja Baru di Asia Tenggara

0 6

KOMPAS.com – Timnas Indonesia meraih juara AFF U19 2024 usai mengalahkan Thailand 1-0 pada babak final di Stadion Gelora Bung Tomo, Jawa Timur, Senin (29/7/2024).

Gol satu-satunya sepanjang pertandingan dicetak oleh Jens Raven pada menit ke-17.

Torehan ini mengakhiri penantian Garuda Muda usai terakhir kali juara AFF U19 pada 2013. Saat itu Evan Dimas dkk mengalahkan Vietnam dalam babak adu penalti. 

Sejumlah media di asing menyoroti capaian Indonesia sebagai juara Piala AFF U19 2024 atau Asean U19 Boys Championship. Apa saja kata mereka?

Baca juga: Final Piala AFF U19 2024 Indonesia Vs Thailand Pukul Berapa?

Kata media asing soal Indonesia juara AFF U19 2024

Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut sorotan media asing terkait capaian timnas Indonesia di ajang Piala AFF U19 2024:

1. Thailand sudah berusaha maksimal

Media Thailand, Thailand Sport menyoroti kekalahan timnas Thailand saat melawan Indonesia di babak final Piala AFF U19 2024.

Mereka menurunkan berita berjudul, “Pada akhirnya, “Timnas Thailand” tidak bisa mengimbangi, kalah dari “Indonesia 0-1 di final Kejuaraan Sepak Bola ASEAN U19” pada Senin (29/7/2024).

Dalam artikel itu, disebutkan bahwa timnas Thailand sudah berusaha dengan maksimal di babak kedua setelah gol pemain Indonesia, Jens Raven membobol gawang Thailand pada menit ke-17.

Dengan permainan kolektif dan terorganisir, Thailand berusaha menembus gawang Indonesia. Namun pertahanan Indonesia yang rapat gagal dibongkar Thailand hingga 95 menit pertandingan. 

Kesebelasan Thailand gagal menyamakan kedudukan sehingga kalah 0-1. Thailand terpaksa harus berpuas diri menjadi runner-up Piala Asia U19 2024.

Baca juga: Jadwal dan Link Live Indonesia Vs Thailand di Final Piala AFF U19 2024

2. Indonesia bermain agresif

The Thao menulis artikel terkait kemenangan Indonesia di ajang Piala AFF U19 2024 melalui artikel berjudul, “U19 Indonesia memenangkan kejuaraan Asia Tenggara” pada Senin (29/7/2024).

Media Vietnam itu menyebut, pertandingan Indonesia vs Thailand berlangsung menegangkan sejak menit pertama.

Namun, timnas U19 Indonesia bermain lebih agresif dibandingkan lawannya.

Pada menit ke-14, Thailand mendapat situasi berbahaya untuk kali pertama, yakni ketika Thanawut Photichai melepaskan tendangan keras tetapi bola membentur tiang.

Tiga menit berselang, gol tercipta untuk Indonesia melalui tendangan sudut. Bola kemudian melewati kaki Jens Raven dan membobol lawan Thailand.

Setelah mencetak gol pembuka, timnas Indonesia U19 bermain rapat untuk bertahan lebih kokoh. Namun, di pengujung babak kedua, Indonesia U19 bermain menyerang untuk mencari gol lebih banyak.

Disebutkan, timnas Thailand U19 bermain sedikit lebih ceroboh di babak kedua. Bahkan pada menit-menit terakhir, Thailand memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, sundulan pemain Thailand tidak akurat.

Pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk Indonesia. Kemenangan Indonesia menjadi kemenangan kedua kalinya di turnamen U19 Asia Tenggara ini.

Baca juga: Daftar Juara Piala AFF U-19 dari Masa ke Masa, Indonesia Punya Satu Trofi

3. Menyambut raja baru di Asia Tenggara

Media Vietnam, 24h.com menyebut timnas Indonesia menjadi raja baru di Asia Tenggara usai menjuarai Piala AFF U19 2024.

Melalui artikel berjudul, “Pukulan menyakitkan di menit ke-18, menyambut raja baru (U19 Asia Tenggara)”, Senin (27/7/2024), Vietnam menyebut bahwa Indonesia dan Thailand tampil dengan permainan cepat.

Pada menit ke-15, pemain Thailand menyerang untuk kali pertama. Namun, bola tendangan pemain Thailand hanya mengenai tiang kanan gawang Indonesia.

Dua menit berselang, Garuda Muda membuka skor melalui tendangan sudut yang disambut gol Jens Raven.

Pada babak kedua, Indonesia U19 proaktif memberikan permainan kepada lawannya. Namun, timnas Thailand bermain dengan buruk sehingga tidak mampu menciptakan peluang untuk menyamakan kedudukan.

Semua tembakan tepat sasaran berasal dari tendangan jarak jauh dengan kekuatan tendangan yang sangat lemah sehingga mudah ditangkapkan kiper Indonesia.

Bahkan, memasuki menit-menit terakhir, pemain Thailand masih bermain sangat sporadis.

Akhirnya, Thailand kalah dan harus berpuas diri berada di peringkat kedua Piala AFF U19 2024.

Leave a comment