Informasi Terpercaya Masa Kini

Kapan Waktu yang Tepat Membeli iPhone? Begini Perkiraannya

0 3

KOMPAS.com – iPhone terkenal karena harganya yang mahal. iPhone yang baru dirilis saja harganya bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta hingga 30 jutaan. Meski demikian, minat pengguna untuk membeli iPhone tetap tinggi.

Lantaran harganya yang mahal, tak sedikit pengguna yang ingin ganti ponsel atau memperbarui ponsel bakal mempertimbangkan kapan waktu yang tepat membeli iPhone. Pasalnya, ada waktu tertentu yang memungkinkan pengguna mendapat penawaran terbaik.

Baca juga: Spesifikasi iPhone 16 Minim Upgrade, tapi Harga Tetap Mahal

Lantas, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk membeli iPhone? Jika berencana memiliki iPhone, tetapi bingung kapan harus membelinya, simak terus ulasan di bawah ini mengenai perkiraan kapan waktu terbaik untuk membeli iPhone.

Kapan waktu terbaik untuk membeli iPhone?

Untuk membeli iPhone, pada dasarnya tidak ada waktu terbaik yang tepat. Setiap waktu bisa menjadi tepat sesuai kebutuhan pengguna. Akan tetapi, setidaknya terdapat dua kebutuhan yang perlu dipahami pengguna ketika hendak membeli iPhone.

Kebutuhan pertama menyoal apakah pengguna ingin segera menggunakan iPhone terbaru. Kemudian, kondisi yang kedua adalah apakah pengguna ingin mendapatkan penawaran harga yang terbaik atau setidaknya lebih murah.

Jika dalam kebutuhan yang pertama, pengguna bisa saja langsung membeli iPhone yang baru dirilis. Kebutuhan ini umumnya terjadi pada pengguna yang selalu memperbarui iPhone tiap ada rilisan seri iPhone terbaru.

Sebagai informasi, untuk saat ini, seri iPhone yang terbaru adalah iPhone 16 series, yang baru saja dirilis pada Selasa kemarin (10/10/2024). Jika sangat menginginkan memakai iPhone terbaru, pengguna bisa segera membeli iPhone 16 tanpa pikir panjang.

Akan tetapi, berbeda cerita jika kebutuhan pengguna adalah ingin berganti iPhone, tetapi dengan harga yang tak semahal saat awal rilis. Jika ingin membeli di waktu dengan penawaran harga terbaik, pengguna bisa bersabar hingga harga iPhone turun.

Berapa bulan biasanya harga iPhone turun?

Lantas, berapa bulan biasanya harga iPhone turun? Berdasarkan catatan kami, harga iPhone terbaru mengalami penurunan setelah sekitar lima hingga enam bulan sejak dirilis. Apple biasanya merilis seri iPhone terbaru di bulan September tiap tahun.

Baca juga: iPhone 16 Rilis, Harga iPhone 15 di Indonesia Turun Jadi mulai Rp 14 Jutaan

Penurunan harga mulai tampak biasanya pada bulan Januari hingga Februari tahun selanjutnya. Kemudian, penurunan bakal cukup signifikan pada waktu-waktu menjelang seri iPhone terbaru selanjutnya dirilis, yakni pada sekitar bulan Agustus.

Perkiraan ini bisa ditinjau dari kasus harga iPhone 15 series. iPhone 15 series dirilis pada September 2023 dan masuk Indonesia pada Oktober 2023. Saat awal tiba di Indonesia, harganya iPhone 15 series dipatok mulai Rp 16 jutaan hingga yang termahal Rp 34 juta.

Kemudian, pada rentang Januari hingga Februari, harga iPhone 15 series itu turun Rp 1 jutaan jadi Rp 15 jutaan hingga Rp 33 jutaan. Penurunan harga iPhone 15 kembali terjadi menjelang iPhone 16 series hendak dirilis.

Pada Agustus 2024, harga iPhone 15 turun sekitar Rp 2,5 jutaan dari harga awal tiba di Indonesia. Ketika iPhone 16 dirilis, harga iPhone keluaran tahun yang lebih lama dan masih ada stoknya bakal mengalami penyesuaian pula.

Dengan kasus ini, pengguna yang memang tidak berminat membeli iPhone terbaru atau iPhone 16 series, sekarang adalah waktu yang tepat untuk membeli iPhone keluaran satu tahun atau dua tahun sebelumnya, seperti iPhone 15 atau iPhone 14.

Akan tetapi, penting diingat, pengguna harus memperhatikan stok dari iPhone keluaran tahun lama. Pasalnya, Apple biasanya bakal menghentikan produksi dari iPhone lama ketika iPhone seri terbaru dirilis.

Sebagai contoh, sejak iPhone 16 dirilis kemarin, Apple secara resmi menghentikan penjualan iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, dan iPhone 13. Dengan kondisi ini, stok iPhone lama di pasaran bisa saja menipis, sehingga pengguna lebih sulit untuk mendapatkannya.

Baca juga: iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Resmi, Kamera Jadi Vertikal dan Ada Tombol Baru

Sementara itu, jika ingin memiliki iPhone 16, tapi ingin mendapatkan harga yang tak terlalu tinggi, pengguna tak perlu segera membeli saat ini juga atau saat pertama kali tiba di Indonesia. Pengguna bisa menanti hingga harganya sedikit turun sesuai perkiraan di atas.

Sebagai catatan, waktu penurunan harga di atas hanya bersifat perkiraan yang ditelaah dari kebiasaan penjualan iPhone terbaru. Pengguna bisa memeriksa langsung dinamika harga iPhone dari waktu ke waktu melalui marketplace.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment