Informasi Terpercaya Masa Kini

Samsung Galaxy S24 FE Resmi Rilis, Kamera Sekelas Flagship dan Punya 12 Fitur AI

0 2

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan teknologi Samsung resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Samsung Galaxy S24 Fan Edition (FE), Kamis (26/9/2024). Samsung Galaxy S24 FE merupakan versi “murah” dari Samsung Galaxy S24 series.

Samsung S24 FE mengunggulkan tiga aspek utama, yaitu teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Galaxy AI yang ditingkatkan, kamera sekelas level flagship, dan performa yang ditingkatkan.

Bicara soal kecerdasan buatan, Galaxy AI di Samsung S24 FE menghadirkan 12 fitur, yang mana lima di antaranya merupakan fitur baru yang tidak ada di Samsung Galaxy S23 FE.

Fitur-fitur baru itu dibagi menjadi AI Composer, Portrait Studio, Sketch to Image, PDF Overlay, serta Listening Mode.

AI Composer misalnya, memungkinkan pengguna untuk membuat pesan (caption) posting media sosial berdasarkan perintah (prompt) teks.

Fitur yang sebelumnya hadir di lini ponsel lipat (foldable) Samsung ini, bisa disesuaikan untuk media sosial. Gaya teks pun bisa diatur, baik kasual maupun profesional.

Di sisi lain, Sketch to Image adalah fitur yang bisa menyulap sketsa pengguna menjadi gambar, baik dalam gaya tiga dimensi (3D), lukisan cat air, gambar hitam putih, dan lain seterusnya.

Selain kelima fitur anyar tersebut, ada dua fitur yang mengalami peningkatan yaitu Circle to Search dan Live Translate.

Circle to Search dapat digunakan untuk melingkari kode QR di layar yang aktif. Di sisi lain, Live Translate kini bisa dimanfaatkan untuk aplikasi perpesanan pihak ketiga, seperti WhatsApp, Instagram, dan Telegram.

Fitur Galaxy AI yang dihadirkan di Samsung S24 FE tetapi tidak mendapatkan perubahan mencakup Generative Edit, Chat Assist, Browsing Assist, Transcript Assist, dan Interpreter.

“Penggunaan Galaxy AI makin ke sini makin mainstream dan sering digunakan. Kita memperkirakan, dengan Galaxy AI yang makin kita terus edukasi dan bawa ke product launch, fitur ini berubah dari sekadar hiburan menjadi sebuah kebutuhan,” kata Ilham Indrawan selaku MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

“Dan kita coba membawa (Galaxy AI) di segmen harga yang lebih terjangkau,” imbuhnya dalam acara The New Galaxy Media Session yang dihadiri KompasTekno di The Tribrata Darmawangsa Jakarta, sehari sebelum acara peluncuran.

Baca juga: Beda Arti Warna Lingkaran Hijau, Tosca, dan Biru Saat Mengecas HP Samsung

Kamera Samsung S24 FE sekelas flagship

Selain Galaxy AI, Samsung S24 FE turut mengunggulkan kameranya.

Kamera belakang ponsel ini terbagi menjadi kamera utama 50 MP (f/1.8, penstabil gambar OIS, zoom optik 2x), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4, zoom 3x).

Kamera ini disusun secara vertikal tanpa penampang, dan ditemani oleh sebuah lampu LED flash.

Sementara itu, kamera selfie Samsung Galaxy S24 FE memiliki resolusi 10 MP (f/2.2), yang diposisikan di tengah atas layar dalam modul punch hole.

Spesifikasi dan penempatan kamera ini masih sama seperti Samsung S23 FE.

Perbedaannya, kini Samsung Galaxy S24 FE dibekali ProVisual Engine yang sebelumnya hadir di Samsung S24 series dan foldable series.

Teknologi ini membuat gambar dan video yang dihasilkan menjadi lebih tajam, termasuk foto atau video yang dipotret dalam kondisi minim cahaya.

“Samsung S24 FE bakal menjadi ponsel paling affordable dengan fitur ProVisual Engine, agar foto dan video yang dihasilkan lebih tajam lagi,” lanjut Ilham.

Baca juga: 17 Fitur AI Eksklusif, Cuma Ada di Samsung Z Fold 6 dan Z Flip 6

Chipset Exynos 2400e

Untuk chipset, Samsung Galaxy S24 FE diotaki oleh System-on-Chip (SoC) Exynos 2400e. Chip dengan fabrikasi 4 nm ini diklaim dua kali lebih “ngebut”, dibanding Samsung S23 FE yang mengandalkan Exynos 2200.

Kinerja unit pemrosesan pusat (CPU) meningkat 51 persen, neural processing unit (NPU, untuk mengolah fungsi AI) meningkat 61 persen, dan unit pengolah grafis (GPU) meningkat 99 persen.

Samsung S24 FE juga membawa sistem pendingin tingkat lanjut yang 11 persen lebih besar dibanding generasi sebelumnya, sehingga membuat suhu perangkat tetap sejuk saat bermain game.

Masih soal gaming, ada juga fitur ray tracing, yakni teknik rendering tiga dimensi yang membuat efek cahaya dalam game menjadi lebih realistis.

Aktivitas gaming juga disebut tahan lama berkat kehadiran baterai 4.700 mAh, meningkat dari 4.500 mAh di Samsung S23 FE. Tidak dijelaskan output teknologi pengisian cepat (fast charging) yang dimiliki ponsel ini.

Baterai tersebut didukung fitur pengisian cepat (fast charging) 25 watt dengan kabel dan baterai diklaim bisa terisi 50 persen dalam 30 menit.

Samsung S24 dibekali RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy A55 Awesome Lemon, HP Cantik dan Nyentrik

Layar lebih besar dan cerah

Samsung Galaxy S24 FE mengusung layar Full HD Plus 6,7 inci, meningkat dari 6,5 inci di Samsung S23 FE. Layarnya memiliki refresh rate adaptif, 60 Hz dan 120 Hz.

Layar ini membawa tingkat kecerahan (brightness) paling tinggi di lini Fan Edition, yaitu 1.200 nits. Panel tersebut turut mendukung fitur Vision Booster untuk meningkatkan kontras warna.

Bingkai (bezel) layar ini dibuat 20 persen lebih tipis dibanding pendahulunya. Bodi ponsel berbahan aluminium ini makin tipis, dari 8,2 mm menjadi 8,0 mm, dan memiliki sudut yang membulat (rounded).

Soal ketahanan, gawai terbaru Samsung ini sudah dibekali kaca pelindung Corning Gorilla Victus, serta sertifikasi ketahanan air dan debu dengan rating IP68.

Samsung Galaxy S24 FE menjalankan OS Android 14 dilapisi antarmuka OneUI 6.1.1. Samsung memastikan ponsel ini akan mendapatkan pembaruan sistem operasi tujuh generasi dan pembaruan keamanan hingga tujuh tahun.

Spesifikasi Samsung Galaxy S24 FE lainnya mencakup fitur keamanan Samsung Knox, kompatibilitas dengan aksesori Samsung seperti arloji pintar (smartwatch), Motion Clipper, Photo Remaster, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tips Foto Pakai Samsung S24 Ultra di Konser Enhypen, Anti-Burik!

Harga Samsung Galaxy S24 FE

Samsung Galaxy S24 FE ditawarkan dalam opsi warna hitam (Graphite), abu-abu (Gray), dan biru (Blue) dan langsung disebar ke pasar Indonesia.

Berikut ini harga Samsung Galaxy S24 FE di Indonesia:

  • Samsung Galaxy S24 FE (8 GB/128 GB) – Rp 9.999.000
  • Samsung Galaxy S24 FE (8 GB/256 GB) – Rp 10.999.000

Harga ini lebih mahal Rp 1 juta dibanding Samsung Galaxy S23 FE.

Samsung Galaxy S24 FE bisa dibeli (pre-order) di situs resmi Samsung Indonesia, mulai dari 26 September hingga 3 Oktober 2024.

Samsung turut menghadirkan total bonus hingga Rp 2,1 juta bagi pembeli yang melakukan pre-order. Bonus tersebut mencakup upgrade memori gratis dari 128 GB ke 256 GB, sehingga pengguna cukup membayar harga Rp 10 juta untuk mendapatkan varian storage 256 GB.

Selain itu, pembeli berhak mendapatkan casing silikon gratis, cicilan nol persen, cashback bank Rp 500.000, dan paket data 60 GB.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 FE Dipakai Memotret Konser Joyland Fest 2023, Begini Hasilnya

Leave a comment