Informasi Terpercaya Masa Kini

ASEAN Cup U-19 2024 – Pelatih Filipina Punya Teori Indra Sajfri Cadangkan Jens Raven dan Welber Jadim, Abroad Bukan Jaminan

0 4

BOLASPORT.COM – Pelatih Filipina, Josep Ferre mengatakan pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri belum tentu jadi pemain utama karena level sepak bola yang ia mainkan bukan level tertinggi.

Pelatih Filipina, Josep Ferre mengungkapkan perbedaan besar terhadap pemain abroad dan pemain yang berlaga di level sepak bola tertinggi.

Filipina baru saja menang 2-0 atas Timor Leste dalam laga kedua grup A ASEAN Cup U-19 2024, Sabtu (20/7/2024).

Hasil ini membuat Young Azkals membuka peluang lolos ke semifinal ASEAN Cup U-19 2024.

Josep Ferre mengapresiasi usaha keras para pemainnya yang berhasil pulih setelah kekalahan 0-6 dari Indonesia di laga perdana.

Baca Juga: Klasemen Grup A ASEAN Cup U-19 2024 – Indonesia Kokoh via Bek Tengah Produktif, Filipina Intip Peluang ke Semifinal

Saat ditanya wartawan apa yang membedakan laga kontra Indonesia dan Timor Leste, terlebih Filipina diperkuat oleh beberapa pemain dari Amerika Serikat, Jerman, Turki, Australia, Kanada dan Spanyol, Josep Ferre menjawab perbedaan level pemain.

Maksudnya pemain Indonesia telah ditempa dan bermain reguler di Liga 1, kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Sedangkan pemainnya walau bermain di luar negeri, tetapi levelnya masih akademi (atau sepak bola kelompok usia).

“Saya kasih tahu Anda faktanya. Cara yang baik untuk mengukur pemain bukan dari pemain main di luar atau dalam negeri, tetapi level mana yang dia mainkan,” ujar Josep Ferre di konferensi pers pasca-laga.

“Sebagai contoh, Kaka main di Persis Solo ia mengambil kesempatan main saat Ramadhan Sananta tak ada, atau Roni pemain Spanyol yang sangat bagus.”

“Mereka main di Liga 1 lawan pemain Brasil, Argentina yang dibayar mahal dan profesional.”

“Pemain kami (Filipina), kita tidak punya pemain seperti itu. Pemain kami beberapa main di USA, Canada dan Spanyol tetapi mereka main di level youth, turnamen sekolah atau selevelnya.”

Baca Juga: Hasil ASEAN Cup U-19 2024 – Timnas U-19 Indonesia Masih Buntu Lawan Kamboja di Babak I

“Jadi itu sama sekali berbeda. Mereka belum profesional,” tambahnya.

Josep Ferre kemudian menyamakan dengan kondisi di skuad timnas U-19 Indonesia di mana 3 pemain abroad juga bukan pemain inti.

Mereka adalah Jens Raven (FC Dordrecht U-21), Marselinus Ama Ola (UD Logrones) dan Welber Jardim (Sao Paulo FC).

Memang ketiga peman tersebut bukan pilihan utama Indra Sjafri dalam 2 laga terakhir timnas U-19 Indonesia.

“Kasih tahu saya kalau salah, Indonesia punya 3 pemain dari luar negeri kan, apakah mereka membuat perbedaan?,” tanya Josep Ferre.

“Pemain terbaik adalah yang berpengalaman di Liga 1 (berdasarkan situasi di timnas U-19).”

“Mereka bermain dengan pemain yang lebih baik, berlatih dengan fasilitas terbaik, di Stadion besar, ditonton 20 ribu penonton, ini hal natural buat mereka,” tambahnya.

Baca Juga: Pelatih Timor Leste: Timnas U-19 Indonesia Latihan di Luar Negeri sedangkan Kami Kekurangan Lapangan

Leave a comment