Informasi Terpercaya Masa Kini

6 Tips untuk Mendapatkan Tampilan Makeup Natural

0 4

KOMPAS.com – Lebih banyak tidak selalu lebih baik dalam hal riasan. Umumnya tampilan riasan yang mencolok dan berani hanya dipakai di acara-acara khusus saja. Sedangkan untuk sehari-hari, kebanyakan orang lebih nyaman dengan riasan natural.

Selain tidak terkesan berlebihan, tampilan riasan natural dan minimalis ini memberi beberap keuntungan. Pertama, dibutuhkan waktu lebih sedikit untuk mendapatkannya. Tidak hanya itu, kecantikan alami kita akan lebih terpancar lewat riasan natural.

“Tren riasan alami bukanlah tentang apa yang kamu pakai, melainkan tentang apa yang tidak kamu pakai,” kata Laura Pucker, pendiri dan CEO Pucker Up Beauty. “Ini tentang memperlihatkan jati diri kita. Mengapa kita menyukai tren ini? Sejujurnya, ini terasa seperti angin segar di saat semua orang menggunakan filter.”

Baca juga: Tren Perawatan Kecantikan 2024, Prosedur Aman dan Hasil Natural

Siap mengadopsi tampilan riasan natural? Berikut beberapa tip ahli untuk memulai.

1. Buat dasar yang sempurna

Saat menginginkan tampilan alami, kamu jelas tidak perlu menggunakan alas bedak yang terlalu banyak. Artinya, sangat penting untuk merawat kulit dengan baik.

“Riasan yang bagus dimulai dari kulit yang bagus,” kata Pucker. “Bersihkan dengan lembut, gunakan pelembap setiap hari, dan lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk menjaga kulit tetap halus. Ini seperti menyiapkan kanvas sebelum mengecat—kita memerlukan alas yang bagus terlebih dahulu.”

Setelah rutinitas perawatan kulit selesai, Pucker menyarankan untuk menggunakan primer. “Ini membantu menghaluskan garis-garis halus dan membuat pori-pori terlihat lebih kecil, semuanya tanpa terasa berat di kulit,” katanya pada Best Life.

2. Prioritaskan alis

Jika kamu hanya punya waktu untuk melakukan satu hal dalam rutinitas riasan minimalis, para ahli sepakat untuk mengutamakan alis.

“Cobalah menggunakan gel alis berwarna daripada menggambar dengan sapuan kuat untuk mendapatkan tampilan yang lebih halus,” kata Pucker. “Ini seperti memberi kuas yang bagus pada alis, menambahkan warna dan bentuk sambil mempertahankan tampilan penuh dan alami.”

Pilar DeMann, penata rias dan pendiri riasan Pilar BLLaC, juga menyukai gel berwarna. Sebagai metode alternatif, dia menyarankan untuk membentuk alis dengan spoolie atau sikat alis lalu mengisinya menggunakan bedak atau pensil dengan sapuan ringan.

Baca juga: Cara Pilih dan Pakai Brush Foundation Agar Hasilnya Natural

3. Pilih produk yang ringan.

Saat menyusun rutinitas riasan alami, selalu cari alternatif yang ringan dibandingkan produk biasa —misalnya, krim BB atau krim CC sebagai pengganti alas bedak atau lip balm berwarna sebagai pengganti lipstik matte.

“Pelembab berwarna atau krim BB memberikan cakupan yang cukup namun tetap membuat kulit alami terlihat,” kata Pucker. “Gunakan saja ujung jarimu untuk mengaplikasikan dan mratakannya.” Kita juga bisa menggunakan spons riasan basah untuk mengaplikasikan produk semacam ini.

Untuk bibir, Pucker menyarankan untuk menggunakan lip balm berwarna yang satu atau dua tingkat lebih gelap dari warna alami bibir.

4. Pertimbangkan produk krim

Khususnya bagi mereka yang memiliki kulit kering, bedak dan produk matte lainnya dapat menarik perhatian pada ketidaksempurnaan seperti kerutan dan garis halus. 

Produk krim cenderung lebih mudah menyamarkan, dan karena formulanya menyebar, kita dapat menggunakan lebih sedikit. “Krim berbaur lebih mudah dan memberikan penampilan awet muda dan bersinar,” kata Pucker.

Saat mengaplikasikan perona pipi, tersenyumlah untuk menemukan “apel” di pipi kamu.

“Saya selalu menggunakan dua warna: Satu warna lebih dalam pada tulang pipi bagian atas dan satu warna lebih terang pada bagian “apel” saya,” kata DeMann. 

Eyeshadow berbentuk krim juga ????bisa ideal untuk efek riasan alami—tidak hanya mudah menyatu, tetapi kita cukup mengoleskan satu warna pada kelopak mata untuk tampilan yang sempurna.

Baca juga: 3 Tips Makeup Natural Skin Glow yang Makin Ngetren pada 2024

5. Jangan meremehkan kekuatan penjepit bulu mata

Pastikan untuk menggunakan penjepit bulu mata berkualitas baik sebelum mengaplikasikan produk apa pun ke bulu mata—ini akan memperkuat efek lentik pada maskara.

Mulailah dengan melengkungkan dari pangkal bulu mata dan arahkan secara lembut hingga ke ujung. Lalu ikuti dengan maskara penambah volume.

DeMann merekomendasikan hanya memilih maskara hitam—meskipun kamu berambut pirang atau berambut merah—untuk memaksimalkan definisi bulu mata.

6. Gunakan concealer secukupnya

Concealer sangat berguna saat kita mencoba mencerahkan lingkaran bawah mata atau menyembunyikan noda yang mengganggu. Namun jika menginginkan tampilan riasan alami, kamu harus berhati-hati dengan seberapa banyak yang kamu gunakan.

“Kita hanya membutuhkan sedikit concealer ringan,” kata Pucker. “Dan ingat, rahasianya adalah memadukannya dengan sangat baik.”

Salah satu cara untuk meminimalkan jumlah concealer yang digunakan adalah dengan mengoleskan sedikit concealer langsung ke spons riasan, bukan ke kulit. Ingat: kamu selalu dapat menambahkan jika diperlukan, jadi mulailah dengan jumlah sesedikit mungkin untuk efek yang lebih halus.

Baca juga: Rekomendasi Foundation untuk Riasan Terlihat Natural

Leave a comment