Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak & Cara Memilihnya

0 1

Moisturizer sangat penting untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Minyak pada kulit wajah adalah zat lilin yang disebut sebagai sebum. Zat ini disekresikan oleh kelenjar sebasea untuk membantu menjaga fungsi penghalang kulit.

Penumpukan sebum yang berlebihan dapat menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat, tetapi bukan berarti kulit terhidrasi dengan baik. Untuk mengimbangi minyak dan hidrasi kulit, pelembap atau moisturizer perlu digunakan dengan rutin.

Moisturizer untuk kulit berminyak dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan menjaga kelembapannya. Ada banyak produk moisturizer terbaik yang bisa Bunda gunakan jika memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Manfaat Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika menggunakan moisturizer khususnya untuk kulit berminyak. Kulit yang tidak lembap dapat mengganggu penampilan dan fungsi perlindungan kulit. Kulit yang dehidrasi dapat mengalami peradangan, infeksi, kerutan, dan penuaan dini.

Oleh karena itu, Bunda harus rajin menggunakan moisturizer untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit wajah. Berikut beberapa manfaat dari menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak:

Baca Juga : 10 Rekomendasi Cleansing Balm Terbaik untuk Bersihkan Wajah secara Tuntas1. Menghidrasi kulit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kulit yang berminyak belum tentu terhidrasi dengan baik. Kondisi lingkungan maupun kebiasaan yang tidak sehat seperti jarang minum air putih dapat mengurangi kelembapan di kulit.

Maka dari itu, kulit berminyak juga bisa terasa kasar dan mengelupas. Mengoleskan pelembap dapat mencegah kulit kehilangan kelembapannya dan membuat kulit lebih berisi.

2. Mencegah jerawat

Kulit yang berminyak dan dehidrasi sangat rentan terhadap jerawat. Karena hal ini, sebagian orang dengan kulit berminyak dan berjerawat tidak suka menggunakan pelembap kalau-kalau dapat memburuk.

Namun, sudah ada penelitian yang menunjukkan manfaat baik dari pelembap untuk mengurangi, mencegah, dan mengatasi jerawat. Pelembap yang ringan dan bebas minyak dapat mengatur produksi sebum dan mencegah minyak berlebih.

3. Memperlambat penuaan

Moisturizer untuk kulit berminyak juga dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Kulit yang terhidrasi akan membuat seseorang lebih muda dan segar. Meskipun masih remaja, moisturizer sebaiknya digunakan sejak dini secara konsisten untuk hasil yang memuaskan di masa mendatang.  

4. Memperbaiki tekstur kulit

Manfaat dari menggunakan moisturizer untuk kulit berminyak juga dapat dirasakan pada tekstur kulit yang sehat. Dengan penggunaan pelembap yang teratur, kulit perlahan akan menjadi lebih halus dan penampilannya membaik secara keseluruhan.

5. Menenangkan kulit

Kehilangan kadar air pada kulit berminyak dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal. Seseorang dengan kulit berminyak mungkin merasa kulitnya lebih keras, dengan permukaan kulit yang berminyak dan lengket.

Hal ini menunjukkan bahwa kulit mengalami dehidrasi dan membutuhkan pelembap. Menggunakan pelembap dengan kandungan seperti aloe vera dan madu dapat memberi rasa nyaman dan segar pada kulit.

Cara Memilih Moisturizer untuk Kulit Berminyak

Untuk perawatan kulit yang optimal, sangat penting untuk memilih jenis moisturizer tepat dan sesuai pada kebutuhan kulit berminyak. Sebagian orang mungkin masih belum paham jenis moisturizer apa yang bagus untuk mengatasi kulit berminyak.

Simak beberapa tips memilih moisturizer yang tepat untuk kulit berminyak berikut ini:

1. Pilih pelembap yang bebas minyak

Pelembap untuk kulit berminyak harus bebas minyak dan non comedogenic (tidak menyumbat pori-pori) untuk mencegah penumpukan minyak di kulit. Moisturizer harus kaya akan air dan humektan serta mengandung zat oklusif ringan untuk menyegel nutrisi pada kulit.

2. Perhatikan tekstur dan kandungan pelembap

Moisturizer untuk kulit berminyak juga harus ringan dan cepat menyerap. Jika tidak, pelembap hanya akan memberi lapisan tipis di permukaan kulit tanpa membantu menghidrasi kulit.

Pelembap yang sulit menyerap juga dapat menyebabkan munculnya komedo dan jerawat. Oleh karena itu, carilah pelembap dengan kandungan berbasis air atau gel, bukan pelembap berbentuk krim yang kental dan berat.

3. Cari pelembap dengan bahan spesifik

Niacinamide adalah bahan moisturizer yang sangat baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Niacinamide membantu mengatur produksi sebum dan menjaga keseimbangan minyak kulit serta mengurangi jerawat.

Berikut beberapa bahan yang sebaiknya terkandung dalam moisturizer untuk kulit berminyak:

  • Oklusif: Membantu mengunci kelembapan dengan membentuk lapisan hidrofobik (water-fighting) pada kulit.
  • Humektan: Menjaga kelembapan kulit dengan menarik air dari dermis bawah ke bagian terluar epidermis.
  • Emolien: Menghaluskan kulit dengan mengisi ruang di lapisan luar epidermis yang berkerak dengan minyak atau lilin.

10 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit BerminyakIlustrasi Skincare/Foto: Getty Images/iStockphoto/paulynn

Ada banyak variasi produk pelembap yang bisa Bunda temukan untuk merawat kesehatan kulit wajah. Berikut sudah Bubun rangkum 11 rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak hingga berjerawat, dari produk lokal maupun luar.

1. Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisturizer Gel

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak yang pertama datang dari Skintific, salah satu produk lokal yang menjadi favorit di kalangan Bunda. Pelembap ini diformulasikan dengan lima jenis ceramide yang baik untuk menghidrasi kulit sekaligus mengatasi minyak dan jerawat.

  • Estimasi harga: Rp123 ribu

2. Azarine Oil Free Brightening Daily Moisturizer

Bagi Bunda yang ingin mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, pelembap Azarine ini juga sangat direkomendasikan. Moisturizer ini bertekstur gel yang ringan dengan kandungan centella asiatica yang baik untuk menenangkan kulit dan kandungan cinnamon bark untuk mengontrol minyak, serta arbutin untuk mencerahkan dan memudarkan bekas jerawat.

  • Estimasi harga: Rp69.000

3. COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak selanjutnya adalah COSRX Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream. Produk skincare asal Korea ini mengandung Barbadensis Leaf Water dan aloe vera juice powder untuk membangun perlindungan kulit dan menenangkan kemerahan. Moisturizer ini dapat memberikan kelembapan pada kulit yang cocok digunakan pada wajah maupun badan.

  • Estimasi harga: Rp255 ribu

4. Avoskin Your Skin Bae Multi Herbs Hydro Burst Moisturizer

Moisturizer Avoskin ini cocok untuk kulit berminyak dengan tekstur icy gel watery yang ringan, mudah menyerap, dan memberikan sensasi sejuk saat digunakan. Pelembap ini diperkaya dengan kandungan gliserin, kakadu plum solution, kafein, allantoin, dan jenis esktrak herbal lain untuk membantu melembapkan, menutrisi, dan menenangkan kulit.

  • Estimasi harga: Rp104 ribu

5. La Roche Posay Effaclar Duo+M

Pelembap La Roche-Posay ini merupakan acne treatment untuk kulit berminyak dan berjerawat yang dapat melawan jerawat dalam 8 jam. Effaclar Duo+M mengandung phylobioma active yang menargetkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan produksi sebum berlebih, sehingga dapat menenangkan jerawat lebih cepat.

Pelembap ini juga diperkaya niacinamide untuk menenangkan dan melembapkan kulit, serta procerad untuk menyamarkan noda hitam dan menyejukkan kulit teriritasi.

  • Estimasi harga: Rp300 ribu – Rp350 ribu

6. The Face shop Clean Face Oil-Free Control Cream

Moisturizer untuk kulit berminyak selanjutnya merupakan skincare asal Korea dengan tekstur krim bebas minyak, yang juga cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Pelembap ini mengandung ekstrak alami seperti licorine, green tea, dan lemon yang memberikan manfaat menghidrasi, menenangkan, dan anti-inflamasi sehingga kulit tampak lebih tenang, bersih, halus, dan segar.  

  • Estimasi harga: Rp225 ribu

7. Cetaphil Moisturising Lotion

Cetaphil Moisturising Lotion baik untuk kulit berminyak, sensitif, dan kering, berupa losion ringan yang dapat secara cepat menenangkan dan melembapkan kulit hingga 48 jam. Diformulasikan khusus dengan kombinasi bahan niacinamide (vitamin B3), panthenol (pro-vitamin B5) dan gliserin yang telah teruji secara dermatologis.

Pelembap ini memiliki formula yang lembut, non-comedogenic, dan hipoalergenik sehingga ideal digunakan untuk wajah maupun tubuh.

  • Estimasi harga: Rp162 ribu – Rp208 ribu

8. Wardah Witch Hazel Purifying Moisture Gel

Moisturizer Wardah ini diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dengan tekstur gel yang ringan. Ampuh untuk melembapkan kulit dengan kandungan pro-vitamin B5 dan kombinasi humektan lainnya, serta esktrak witch hazel untuk menyerap minyak dan membersihkan pori-pori.

  • Estimasi harga: Rp27.500

9. Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Ada lagi skincare Korea yang populer di kalangan perempuan, yakni Nature Republic Aloe Vera Gel yang bagus untuk kulit berminyak. Dengan tekstur gelnya, moisturizer ini dapat membantu menenangkan kulit, diperkaya dengan kandungan 92 persen organic aloe vera yang dapat digunakan untuk melembapkan seluruh bagian tubuh mulai dari wajah, badan, hingga rambut.

  • Estimasi harga: Rp100 ribu

10. Laneige Water Bank Blue Hyaluronic Gel Cream

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak yang terakhir juga datang dari produk skincare terkenal asal Korea Selatan, Bunda. Pelembap ini telah terbukti secara klinis mampu menghidrasi kulit berminyak, menenangkan dan melembapkan kulit, serta menyeimbangkan produksi minyak dengan formula gel dinginnya.

  • Estimasi harga: Rp650 ribu

Itulah penjelasan mengenai manfaat pelembap untuk kulit berminyak serta rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak hingga berjerawat yang bagus untuk perawatan kulit Bunda. 

Pilihan Redaksi

  • Cara Double Cleansing yang Benar agar Kulit Wajah Lebih Bersih & Rekomendasi Produk Bagusnya
  • 10 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Tahan Lama Seharian
  • 10 Rekomendasi Sunscreen SPF 50 Terbaik untuk Semua Jenis Kulit dari Kering hingga Berminyak

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment