Informasi Terpercaya Masa Kini

Dialami Kaluna di ‘Home Sweet Loan’, Ini 5 Tips Keuangan untuk Generasi Sandwich

0 1

Bunda sudah menonton film Home Sweet Loan yang tengah populer di bioskop Indonesia? Ini mengisahkan kehidupan Kaluna sebagai anak bungsu yang harus menanggung semua kebutuhan keluarganya.

Kaluna bekerja sebagai pegawai kelas menengah dengan penghasilan tidak lebih dari satu digit. Ia tinggal bersama orang tua, dua kakak beserta ipar, dan keponakannya.

Karakter yang diperankan oleh Yunita Siregar ini memiliki mimpi untuk membeli rumah sendiri. Namun, cita-citanya itu sulit digapai karena kondisinya sebagai generasi sandwich.

5 Tips keuangan untuk generasi sandwich

Melansir dari laman Forbes, generasi sandwich adalah istilah merujuk pada seseorang yang tertekan secara emosional dan finansial karena harus menanggung kebutuhan keluarga yang terdiri dari orang tua dan saudara-saudaranya.

Menyeimbangkan tanggung jawab ini dapat menjadi tantangan finansial. Namun, ada beberapa tips mengelola keuangan yang bisa diterapkan mereka.

Baca Juga : Ternyata 50 Persen Orang Indonesia Jadi Sandwich Generation, Bagaimana Memutusnya1. Membuat anggaran keluarga yang komprehensif

Mulai dengan mengembangkan anggaran terperinci yang mencakup pendapatan, pengeluaran, tabungan, dan utang. Pastikan anggaran tersebut memperhitungkan kebutuhan keluarga inti dan biaya yang terkait dengan pengasuhan anak.

Bunda juga perlu memiliki dana darurat. Idealnya, setidaknya memiliki dana tersebut senilai tiga hingga enam bulan biaya hidup dalam rekening tabungan yang mudah diakses.

2. Menetapkan prioritas

Mereka yang sudah memiliki anak cenderung mengutamakan kebutuhan anaknya. Namun, banyak orang tua dari generasi sandwich juga memberikan dukungan finansial untuk saudara-saudaranya yang sudah dewasa.

Hal ini pada akhirnya membuat mereka sulit menemukan keseimbangan yang sehat tanpa merugikan situasi keuangannya sendiri.

“Hal yang sama juga berlaku untuk membantu orang tua yang sudah lanjut usia, yang bagi banyak orang dianggap sebagai tanggung jawab,” ujar perencana keuangan, Meagan Dow, dikutip dari laman US News, Rabu (2/10/2024).

3. Membatasi utang

Perhatikan penggunaan kartu kredit dan jika memiliki utang, usahakan untuk melunasinya terlebih dahulu. Memprioritaskan saldo utang dengan suku bunga yang lebih tinggi terlebih dahulu sambil melakukan pembayaran minimum untuk utang lainnya adalah strategi yang tepat.

4. Maksimalkan tunjangan di tempat kerja

Manfaatkan sepenuhnya berbagai tunjangan dari perusahaan tempat Bunda bekerja, seperti penghasilan, tunjangan tabungan pensiun, hingga asuransi kesehatan.

Pastikan Bunda memberikan kontribusi yang cukup untuk menerima kontribusi tambahan dari perusahaan. Jelajahi berbagai tunjangan perawatan dan kesejahteraan finansial tambahan yang mungkin ditawarkan oleh perusahaan.

5. Konsultasi dengan pakar keuangan

Baik itu memenuhi pengeluaran sehari-hari, mengelola tujuan jangka pendek, atau merencanakan tujuan jangka panjang seperti pensiun, bekerja sama dengan penasihat keuangan bisa sangat membantu.

Seorang profesional keuangan dapat membantu mengatur akun investasi dan memastikan Bunda berinvestasi sesuai dengan toleransi risiko dan jangka waktu pensiun, serta tujuan penting yang lainnya.

Mereka juga dapat membantu dalam membuat anggaran yang dirancang untuk terus mempersiapkan jangka panjang sambil memenuhi kebutuhan yang diperlukan saat ini.

“Setiap orang memiliki kondisi keuangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, bekerja sama dengan profesional yang memiliki pengalaman dalam menetapkan tujuan penganggaran dan tabungan dengan beban tambahan dalam mengasuh dua generasi dapat memberikan kekhususan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang,” ujar direktur penelitian manfaat kekayaan di Employee Benefit Research Institute, Craig Copeland.

Pilihan Redaksi

  • Perusahaan Ini Berikan Cuti Khusus 10 Hari jika Karyawan Sedih untuk Kesehatan Mental
  • 10 Cara untuk Mendukung Pemberdayaan Perempuan di Tempat Kerja
  • 7 Tanda Perusahaan Punya Pekerja HR Terbaik yang Bagus & Efektif

Nah, itulah beberapa tips keuangan untuk generasi sandwich yang bisa Bunda ketahui. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing  soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment