Informasi Terpercaya Masa Kini

[Sinergi CNN] Daftar Wilayah di Pulau Jawa yang Jadi Titik Gempa Megathrust, Berpotensi Tsunami

0 5

Gempa megathrust diperkirakan akan terjadi di Indonesia. Salah satu zona yang dibayangi dengan potensi gempa besar ini adalah wilayah di Pulau Jawa, Bunda.

Perlu diketahui, megathrust adalah daerah pertemuan antar-lempeng tektonik Bumi yang berpotensi memicu gempa kuat dan tsunami dahsyat. Zona megathrust diperkirakan dapat melepaskan energi secara berulang dalam siklus hingga ratusan tahun.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, ada ancaman dari dua megathrust di Indonesia yang sudah lama tak ‘pecah’. Hal tersebut lantas merujuk pada gempa dengan Magnitudo 7,1 yang memicu tsunami di Jepang dan bersumber dari Megathrust Nankai.

Gempa besar tersebut merupakan salah satu seismic gap, yakni zona sumber gempa potensial, tetapi belum mengalami gempa besar dalam masa puluhan hingga ratusan tahun terakhir.

“Kekhawatiran ilmuwan Jepang terhadap Megathrust Nankai saat ini sama persis yang dirasakan dan dialami oleh ilmuwan Indonesia, khususnya terhadap ‘Seismic Gap’ Megathrust Selat Sunda (M8,7) dan Megathrust Mentawai-Suberut (M8,9),” kata Daryono dalam keterangan tertulis, Minggu (11/8/24).

Baca Juga : Mengenal Gempa Bumi Megathrust, Apakah Berpotensi Terjadi di Indonesia?

Daryono mengatakan bahwa terjadinya gempa megathrust di Indonsia ‘tinggal menunggu waktu’. Sebab, hingga kini belum terjadi gempa besar di kedua wilayah segmen megathrust tersebut, Bunda.

“Rilis gempa di kedua segmen megathrust ini boleh dikata ‘tinggal menunggu waktu’ karena kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar,” ujar Daryono.

Ya, bila merujuk pada Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia 2017, segmen Megathrust Mentawai-Suberut dan Megathrust Selat Sunda terakhir kali menyebabkan gempa pada kurun waktu lebih dari ratusan tahun lalu.

Megathrust Selat Sunda tercatat pernah ‘pecah’ pada tahun 1699 dan 1780 dengan kekuatan M 8,5. Megathrust Selat Sunda ini memiliki panjang 280 km, lebar 200 km, dan pergeseran (slip rate) 4 cm per tahun.

Sementara gempa besar di Megathrust Mentawai-Siberut terjadi pada 1797 dengan M 8,7 dan pada 1833 dengan M 8,9. Megathrust Mentawai-Siberut memiliki panjang 200 km, lebar 200 km, serta slip rate 4 cm per tahun.

Tak hanya dua megathrust tersebut, berdasarkan peta yang sama terdapat 13 megathrust yang mengepung Indonesia. di Pulau Jawa, segmen terbagi menjadi tiga. Apa saja?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Pilihan Redaksi

  • 5 Fakta soal Potensi Tsunami 20 Meter di Pulau Jawa
  • Potensi Bencana di Pulau Jawa, Ini 25 Wilayah yang Rawan Gempa dan Tsunami
  • Daerah di Indonesia yang Paling Aman dari Gempa Menurut BMKG

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment