Informasi Terpercaya Masa Kini

Pihak Keluarga Luruskan Biografi WR Soepratman, Ini Tanggal Lahir hingga Agama yang Benar!

0 9

Sebagai Warga Negara Indonesia, pasti sejak kita sudah hafal dan sering menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lagu ini biasa dinyanyikan setiap upacara di hari Senin. Seiring bertambahnya usia, dalam setiap pagelaran acara, pasti lagu ini pun selalu menjadi titik awal untuk dinyanyikan. 

WR Soepratman adalah sosok pahlawan yang berjasa yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia. Saat berselancar di internet, pasti akan sangat mudah untuk Beauties mengetahui banyak tentang sosoknya. 

Namun, ternyata ada beberapa informasi yang selama ini kurang tepat tentang beliau. Karena itu, menjelang Hari Kemerdekaan yang ke-79, pihak keluarga meluruskan sejarah serta biografi pemilik nama lengkap Wage Rudolf (WR) Soepratman ini. 

Perwakilan keluarga, Indra Hutabarat dari garis keturunan Ngadini Soepratini, yakni kakak kelima WR Soepratman mengatakan banyak simpang siur mengenal sejarah dan biografi WR Soepratman. 

Tanggal Lahir WR SoepratmanProfil WR Supratman pencipta lagu kebangsaan tanah air/ Foto: Ari Saputra

Indra mengatakan tanggal lahir WR Soepratman yang benar adalah 9 Maret 1903, bukan 19 Maret 1903.

“Mengenai tanggal lahir, tempat lahir, status agama dan tempat meninggal dan lain-lainnya yang ingin kami sampaikan pada hari ini. Karena selama ini, sampai saat ini, kan banyak berita simpang siur mengenai tempat lahir, tanggal lahir. Tanggal lahir itu banyak yang masih menuliskan tanggal 19 Maret 1903, bahwa yang sebenarnya itu bahwa 9 Maret 1903,” kata Indra saat jumpa pers di Jakarta Barat, Rabu (14/8/2024).

Keluarga WR Soepratman/ Foto: Kadek Melda/detikcom

Indra menuturkan WR Soepratman lahir di Jatinegara, Jakarta, bukan di Purworejo, Jawa Tengah. Dia menuturkan kakak pertama WR Soepratman bernama Roekiyem Soepratijah, yang menjadi saksi dan melihat langsung saat adiknya lahir.

“Dan tempat lahirnya itu ada di Jakarta, banyak masih yang menuliskan bahwa tempat lahirnya itu bukan di Jakarta, tapi ada yang disebut di Purworejo. Kami bisa menyampaikan bahwa tanggal lahirnya adalah 9 Maret 1903 di Jatinegara pada saat itu. Berdasarkan pengakuan langsung dari Ibu Roekiyem itu adalah kakak kandung pertama dari WR Soepratman yang menyaksikan kelahiran WR Soepratman di Jatinegara,” ujarnya.

Bagaimana dengan status pernikahan dan agama WR Soepratman? Baca selengkapnya di sini.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Pilihan Redaksi

  • Kumpulan Promo Tempat Wisata Spesial HUT RI, Ada TMII hingga Taman Safari!
  • Panjat Pinang hingga Balap Karung, Ini Makna Lomba Tradisional di Hari Kemerdekaan Indonesia
  • Murah Meriah, 10 Ide Hadiah Lomba 17 Agustus untuk Semua Umur Budget 30 ribu
Leave a comment