Informasi Terpercaya Masa Kini

Tabel Berat Badan Ideal dari Kemenkes dan Cara Menghitungnya, Catat ya Bunda!

0 11

Bunda berencana menjalani program diet? Sebelum mulai diet, sebaiknya Bunda pahami dulu berat badan yang ideal dan cara menghitungnya yang tepat.

Menghitung berat badan ideal dapat membantu Bunda mengenali kemungkinan risiko kesehatan yang akan muncul. Misalnya, Bunda dengan berat badan berlebih atau obesitas umumnya rentan terkena hipertensi, penyakit jantung, hingga stroke.

Bagi perempuan dan laki-laki, mengetahui berat yang ideal juga secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Mereka dapat memodifikasi gaya hidup untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan berat badan ideal.

Perlu diketahui ya, berat badan ideal pada dasarnya didefinisikan sebagai berat badan yang membuat seseorang memiliki risiko kematian terendah. Cara untuk mengetahui berat badan ideal bisa dengan mengukur dan membandingkan dengan tabel yang telah direkomendasikan ahli.

Melansir dari Healthline, perhitungan berat badan ideal sebagai analisis formal sering kali berguna untuk membuat penilaian risiko. Meski begitu, perhitungan ini tidak memperhitungkan genetik atau kondisi kesehatan lainnya yang mungkin Bunda miliki.

Baca Juga : 10 Minuman Diet Alami untuk Turunkan Berat Badan Tanpa Tersiksa, Mudah Bisa Dibuat SendiriFaktor yang memengaruhi berat badan

Setiap orang juga berbeda, dan memiliki berat badan ideal yang unik. Meskipun tinggi badan Bunda sama dengan orang lain, berat badan idealnya mungkin sangat berbeda.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi berat badan seseorang, Bunda. Berikut faktor-faktornya:

  • Usia
  • Genetik
  • Kondisi kesehatan yang mendasari
  • Gaya hidup
  • Obat-obatan yang mungkin Bunda konsumsi
  • Kualitas dan kuantitas tidur

Persentase dan distribusi lemak tubuh, serta lingkar pinggang, juga dapat menentukan apakah berat badan berada dalam kisaran yang sehat.

Cara menghitung berat badan ideal

Ada beberapa metode perhitungan yang bisa Bunda gunakan untuk mengetahui berat badan ideal. Berikut penjelasan lengkapnya:

Indeks Massa Tubuh (IMT)

Perhitungan Indeks massa tubuh juga bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kekurangan atau kelebihan berat badan. Mengutip laman Kemenkes, berikut rumus IMT untuk pria maupun wanita dewasa:

IMT = (Berat Badan (kg))/(Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m))

Keterangan hasil:

  • Kurus:

Kekurangan berat badan (tingkat berat): 27,0

Selain menghitung IMT, Bunda juga bisa mengetahui berat badan ideal dari tabel Kementerian Kesehatan. Ada pula metode Broca untuk menghitung berat badan ideal laki-laki dan perempuan. Seperti apa tabel dan rumus metode Broca?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Pilihan Redaksi

  • 7 Tips Diet Agar Berat Badan Turun 20 Kg, Bisa Mulai di Bulan Ramadhan Bun!
  • 8 Cara Menurunkan Berat Badan ala Orang Jepang, Bantu Lunturkan Lemak
  • 7 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Keras Lho

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment