Informasi Terpercaya Masa Kini

13 Film Motivasi Hidup Terbaik Rating Tertinggi, Inspiratif Cocok Ditonton saat Merasa Sulit

0 8

Bunda, film motivasi tentang kesuksesan sering kali menawarkan kisah inspiratif yang menyentuh hati dan mampu membuat Bunda melihat kehidupan melalui lensa lain. Dari sekian banyaknya film motivasi yang telah dibuat, dari kisah tentang kekeluargaan, percintaan, hingga kesuksesan, film-film motivasi tentang kesuksesan sulit dilupakan. Saking menginspirasinya, banyak orang yang bahkan mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih baik.

Bukanlah rahasia umum bahwa film motivasi tentang kesuksesan memang dirancang untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada penonton. Cerita yang kuat dan upaya karakter dalam mengatasi tantangan mampu membuka mata para penonton. Menyaksikan karakter-karakter dalam film motivasi mengubah hidup mereka secara positif juga dapat memberikan harapan dan kegembiraan tersendiri bagi penonton.

Apabila Bunda tertarik untuk menyaksikan film-film motivasi, terdapat banyak pilihan film motivasi yang bisa Bunda pertimbangkan tonton lebih dulu. Di artikel ini, Bunda juga akan menemukan 15 rekomendasi film motivasi terbaik yang berhasil meraih rating tinggi, menawarkan kisah-kisah bermutu dan pelajaran berharga yang tak lekang oleh waktu.

3 rekomendasi film motivasi terbaru paling inspiratif penuh pelajaran kesuksesan

Bunda, berikut ini adalah beberapa rekomendasi film motivasi terbaru yang mengisahkan tentang kesuksesan. Dari kisah tentang fenomena popularitas BlackBerry yang sempat mendunia hingga pembuatan permainan Tetris yang masih populer hingga saat ini, film-film motivasi tentang kesuksesan ini dijamin menawarkan pelajaran hidup yang berharga.

Baca Juga : 30 Rekomendasi Film Korea Romantis Terbaik Rating Tertinggi Sepanjang Masa, Seru Bikin Jatuh Hati1. BlackBerry (2023)

Film motivasi terbaru, BlackBerry (2023)/ Foto: Elevation Pictures

BlackBerry merupakan film motivasi terbaru yang mengadaptasi kisah luar biasa sukses-bangkrutnya brand BlackBerry. Disutradarai oleh Matt Johnson, film ini diadaptasi dari buku Losing the Signal: The Untold Story Behind the Extraordinary Rise and Spectacular Fall of BlackBerry karya Jacquie McNish dan Sean Silcoff. BlackBerry sendiri menceritakan perjalanan penciptaan BlackBerry oleh Douglas Fregin dan Mike Lazaridis, serta investor Jim Balsillie.

Premier di 73rd Berlin International Film Festival, film motivasi terbaru ini berhasil menarik perhatian penonton dengan narasinya dan humor cerdasnya. BlackBerry sukses meraih pujian kritis dengan 98 persen ulasan positif di Rotten Tomatoes dan skor Metacritic 78 dari 100. Dengan fokus pada karakter utama dan peristiwa besar, film ini memberikan pandangan menghibur tentang dunia teknologi yang terus berkembang dengan cepat.

Meskipun terdapat kritik dari salah satu founder-nya perihal kisahnya yang tidak seakurat kejadian nyatanya, BlackBerry tetap menjadi sorotan sebagai salah satu film motivasi terbaru tentang kesuksesan yang dijamin akan memikat Bunda dengan kecerdasan dan ketajaman narasinya.

  • Rating Rotten Tomatoes: 98 persen
  • Genre: biografi, drama, komedi
  • Pemain utama: Jay Baruchel, Glenn Howerton, Matt Johnson, Rich Sommer
  • Situs atau platform streaming: –

2. Air (2023)

Film motivasi terbaru, Air (2023)/ Foto: Warner Bros.

Disutradarai oleh Ben Affleck yang juga memerankan Phil Knight, mantan CEO Nike, Air adalah film motivasi terbaru yang mengangkat kisah asal-usul sepatu basket Air Jordan dari Nike. Dibintangi artis papan atas seperti Matt Damon dan Viola Davis, film ini menceritakan perjuangan Sonny Vaccaro, seorang karyawan di Nike, yang berusaha meyakinkan Nike untuk menjalin kesepakatan bisnis dengan seorang pemain basket pemula, Michael Jordan, pada tahun 1984.

Film ini menuai pujian berkat performa para pemainnya, Bunda, terutama Matt Damon. Berfokus pada adaptasi kisah nyata, film ini juga sukses di platform streaming Amazon Prime Video seusai tayang di bioskop secara global. Dengan durasi sekitar 1 jam 52 menit, Air memberikan pesan motivasi kuat melalui kisah inspiratif perjalanan penciptaan Air Jordan.

  • Rating Rotten Tomatoes: 93 persen
  • Genre: olahraga, komedi, drama, biografi
  • Pemain utama: Matt Damon, Ben Affleck, Jason Bateman, Chris Messina
  • Situs atau platform streaming: Prime Video

3. Tetris (2023)

Film motivasi terbaru, Tetris (2023)/ Foto: Apple TV+

Tetris adalah film motivasi terbaru lainnya yang mengisahkan tentang persaingan sengit di saat Perang Dingin untuk mendapatkan hak lisensi permainan video Tetris dari Rusia. Dibesut oleh Jon S. Baird dan dibintangi Taron Egerton, film ini menggambarkan perjuangan Hank Rogers dari Bullet-Proof Software dalam merayu pemimpin Nintendo, Hiroshi Yamauchi, untuk menjalin kemitraan dan memproduksi Tetris. Film mengungkap negosiasi yang rumit, ancaman dari KGB, dan perjalanan mendebarkan Hank Rogers ke Moskow.

Meskipun menuai respon positif, film ini juga dikritik karena beberapa simplifikasi terkait pandangan kapitalisme dan komunisme. Terlepas dari kritiknya, Tetris berhasil meraih kesuksesan finansial serta menerima beberapa nominasi dan pujian terkait akting Taron Egerton. Bagi Bunda yang mencari film motivasi terbaru dengan kisah yang menggigit, Tetris menghadirkan dramatisasi dan ketegangan dalam perjalanan menuju keberhasilan di dunia industri gaming.

  • Rating Rotten Tomatoes: 82 persen
  • Genre: sejarah, thriller, biografi, action
  • Pemain utama: Taron Egerton, Nikita Yefremov, Sofia Lebedeva, Anthony Boyle
  • Situs atau platform streaming: Apple TV

5 rekomendasi film motivasi Indonesia terbaik rating tertinggi

Indonesia juga tidak kalah jago dalam membuat film motivasi yang berkualitas, Bunda. Banyak yang diambil dari kisah nyata, film-film motivasi Indonesia ini akan mengajarkan Bunda untuk menghargai kehidupan dengan lebih baik. Berikut ini adalah lima rekomendasi film motivasi Indonesia yang wajib Bunda tengok.

1. Laskar Pelangi (2008)

Film motivasi Indonesia, Laskar Pelangi (2008)/ Foto: Miles Films

Dibesut oleh Riri Riza, Laskar Pelangi adalah film motivasi Indonesia paling terkenal, Bunda. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata, film ini menonjolkan keaslian dengan menggandeng pemeran lokal dan pengambilan gambar di Pulau Belitung. Kisah Ikal dan teman-temannya menggambarkan perjuangan anak-anak miskin dalam mendapatkan pendidikan.

Film ini berhasil sebagai film terlaris Indonesia sepanjang masa dengan 4,6 juta penonton. Meskipun terdapat beberapa kritik terkait durasi filmnya, kesuksesan Laskar Pelangi tidak dapat disangkal, apalagi pesan inspiratifnya yang mengangkatnya pentingnya pendidikan dan semangat meraih impian. Film motivasi Indonesia ini adalah karya fenomenal dalam industri perfilman Indonesia yang wajib Bunda tonton bersama Si Kecil.

  • Rating IMDb: 7.9/10
  • Genre: drama, petualangan, romantis
  • Pemain utama: Zulfanny, Ferdian, Verrys Yamarno, Jeffry Yanuar, Cut Mini, Ikranagara
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Prime Video

2. Kartini (2017)

Film motivasi Indonesia, Kartini (2017)/ Foto: Legacy Pictures

Kartini merupakan film motivasi Indonesia yang menyoroti perjuangan R.A. Kartini, pahlawan nasional yang berjuang dalam mengemansipasi perempuan. Di film ini, Dian Sastrowardoyo berperan sebagai Kartini yang tumbuh melihat ketidakadilan yang dialami sang ibunda, Ngasirah. Dalam perjalanan hidupnya, Kartini memperjuangkan kesetaraan hak, khususnya hak pendidikan untuk perempuan, dengan mendirikan sekolah bagi kaum miskin di Jepara.

Meraup sekitar Rp12 miliar dalam pembuatan filmnya, Kartini mencapai kesuksesan komersial dengan 323.686 penonton pada minggu pertama. Film ini menggambarkan perjuangan emosional dan historis Kartini, menjadikannya film motivasi Indonesia yang dijamin akan menginspirasi Bunda, apalagi sebagai seorang perempuan Indonesia.

  • Rating IMDb: 7.6/10
  • Genre: biografi, drama, sejarah
  • Pemain utama: Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Djenar Maesa Ayu
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Vidio

3. Sokola Rimba (2013)

Film motivasi Indonesia, Sokola Rimba (2013)/ Foto: Miles Films

Dirilis pada 21 November 2013 silam, Sokola Rimba adalah film motivasi Indonesia yang mengisahkan perjuangan Butet Manurung, seorang aktivis konservasi alam, dalam mengajar anak-anak Suku Anak Dalam di Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Diadaptasi langsung dari buku Butet Manurung yang berjudul sama, Sokola Rimba menggambarkan perjalanan Butet dalam menghadapi tantangan mengajarkan baca tulis kepada anak-anak Rimba.

Kisahnya sendiri berfokus pada perjalanan Butet yang ingin memperluas wilayah pengajaran setelah diselamatkan oleh Nyungsang Bungo, seorang anak suku hilir yang ingin belajar membaca surat perjanjian tanah adat mereka. Meskipun diadang tantangan dari atasannya, seperti Bahar, dan kelompok Bungo yang skeptis terhadap edukasi, film ini sederhana namun informatif, memaparkan usaha Butet dan keteguhan hati Bungo dalam menghadapi konsekuensi pilihannya.

Disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana, Sokola Rimba dikenal sebagai film inspiratif yang membuka mata penonton terhadap realitas pendidikan dan kehidupan Suku Anak Dalam di hutan Bukit Duabelas, menjadikannya kontribusi berharga dalam perfilman nasional yang wajib Bunda apresiasi dengan menontonnya.

  • Rating IMDb: 7.6/10
  • Genre: biografi, drama
  • Pemain utama: Prisia Nasution, Rukman Rosadi, Nadhira Ulya, Nyungsang Bungo
  • Situs atau platform streaming: Netflix

4. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Film motivasi Indonesia, Denias, Senandung di Atas Awan (2006)/ Foto: Alenia Pictures

Disutradarai oleh John de Rantau, Denias, Senandung di Atas Awan adalah film motivasi Indonesia yang menceritakan perjuangan Denias, seorang anak dari suku pedalaman Papua, untuk mendapatkan pendidikan layak. Dipilih dalam panitia seleksi Piala Oscar 2008, film mini terfokus pada adaptasi kisah nyata Janias, memperlihatkan keindahan Papua dan menggambarkan kehidupan serta tradisi masyarakat setempat.

Syuting film ini mengambil lokasi utama di daerah kerja PT Freeport Indonesia, menghadirkan keaslian tempat, bahkan hingga adegan sekolah di SD-SMP YPJ Kuala Kencana. Denias, Senandung di Atas Awan memberikan Bunda wawasan tentang kurangnya perhatian terhadap pendidikan di daerah pedalaman. Para penonton pun memuji akting dan keindahan pemandangan Papua yang disajikan. Bercerita tentang kegigihan dan perjuangan dalam mengejar pendidikan, film ini menjadi representasi kuat mengenai edukasi yang wajib Bunda selami.

  • Rating IMDb: 7.4/10
  • Genre: drama, komedi
  • Pemain utama: Albert Thom Joshua, Fakdawer, Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen
  • Situs atau platform streaming: –

5. Negeri 5 Menara (2012)

Film motivasi Indonesia, Negeri 5 Menara (2012)/ Foto: Million Pictures

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ahmad Fuadi, Negeri 5 Menara adalah film motivasi Indonesia yang menceritakan perjalanan Alif yang awalnya bercita-cita melanjutkan pendidikan di Bukittinggi dan ITB. Sayangnya, Alif harus merelakan impian tersebut untuk memenuhi keinginan orang tuanya agar melanjutkan di Pondok Madani di Ponorogo.

Disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman, Negeri 5 Menara mampu memberikan Bunda pelajaran berarti mengenai impian dan harapan. Negeri 5 Menara adalah tontonan berkualitas yang dijamin akan menghibur Bunda dengan kisah mengharukan nan inspiratifnya.

  • Rating IMDb: 7.0/10
  • Genre: biografi, drama
  • Pemain utama: Ikang Fawzi, Lulu Tobing, David Chalik, Donny Alamsyah, Ariyo Wahab
  • Situs atau platform streaming: Netflix

5 film motivasi sukses yang diambil dari kisah nyata terbaik sepanjang masa

Dari sekian banyaknya film-film motivasi di luar sana, terdapat beberapa film motivasi kisah nyata tentang kesuksesan yang berhasil membuat banyak penonton ikut terinspirasi dengan cerita yang dibawakannya. Berikut ini adalah lima film motivasi terbaik yang diambil dari kisah nyata.

1. The Social Network (2010)

Film motivasi kisah nyata, The Social Network (2010)/ Foto: Sony

Digarap oleh salah satu sineas terkemuka di industri perfilman, David Fincher, The Social Network adalah film motivasi terbaik yang diadaptasi dari buku The Accidental Billionaires karya Ben Mezrich. Film ini sendiri mengisahkan pendirian Facebook oleh Mark Zuckerberg. Film ini menuai pujian kritis dan sukses secara komersial.

Dengan skor musik yang memenangkan penghargaan dan penampilan yang menonjol dari Jesse Eisenberg, The Social Network dianggap sebagai salah satu film terbaik tahun 2010 dan abad ke-21. Di Academy Awards, film ini juga meraih delapan nominasi dan memenangkan tiga penghargaan, termasuk Best Adapted Screenplay, Best Original Score, dan Best Film Editing.

  • Rating Rotten Tomatoes: 96 persen
  • Genre: drama, biografi, sejarah
  • Pemain utama: Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Armie Hammer
  • Situs atau platform streaming: Netflix

2. Moneyball (2011)

Film motivasi kisah nyata, Moneyball (2011)/ Foto: Columbia

Diarahkan oleh Bennett Miller, Moneyball adalah salah satu film motivasi terbaik yang diadaptasi dari buku berjudul Moneyball: The Art of Winning an Unfair Game karya Michael Lewis. Film ini menceritakan kisah Billy Beane, manajer umum Oakland Athletics, yang menghadapi keterbatasan anggaran dalam membangun tim bisbol yang kompetitif.

Dengan bantuan Peter Brand, Beane menggunakan pendekatan sabermetrik yang canggih untuk merekrut pemain yang dianggap remeh. Meskipun awalnya dihadapkan pada skeptisisme, tim yang mereka rancang mencapai 20 kemenangan berturut-turut. Meskipun kalah dalam American League Division Series, film ini menyajikan pesan motivasi melalui perubahan paradigma dalam bisbol dan kisah keberhasilan dalam menghadapi tantangan.

Moneyball meraih pujian kritis dan kesuksesan box office, bahkan memiliki enam nominasi Academy Awards berkat penampilan gemilang dari Brad Pitt dan Jonah Hill. Dengan memadukan kisah olahraga, kepemimpinan, dan ketekunan, Moneyball menjadi inspirasi bagi Bunda untuk menghadapi tantangan dengan pendekatan yang inovatif dan determinasi yang kuat. 

  • Rating Rotten Tomatoes: 94 persen
  • Genre: biografi, drama, olahraga, komedi
  • Pemain utama: Brad Pitt, Jonah Hill, Philip Seymour Hoffman, Robin Wright, Chris Pratt
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Apple TV, Google Play

3. The Big Short (2015)

Film motivasi kisah nyata, The Big Short (2015)/ Foto: Paramount

Melalui arahan cakap dari Adam McKay, The Big Short menyajikan pandangan unik terhadap krisis keuangan global 2007–2008. Diadaptasi dari buku berjudul The Big Short: Inside the Doomsday Machine karya Michael Lewis, film ini menyoroti ketidakstabilan pasar perumahan Amerika Serikat, Bunda.

Film ini mengikuti tiga cerita terpisah yang saling terkait, membahas peristiwa sebelum krisis keuangan 2007. Pada intinya, film motivasi terbaik ini mengisahkan seorang manajer hedge fund eksentrik, Michael Burry, yang memprediksi keruntuhan pasar perumahan dan membuat taruhan besar melawan hipotek. Jared Vennett dan Mark Baum mengeksplorasi pasar aset-backed securities, sementara investor muda Charlie Geller dan Jamie Shipley menemukan kecurangan di balik CDOs.

Dengan bintang seperti Christian Bale dan Ryan Gosling, The Big Short tak hanya akan menghibur Bunda, namun juga memberikan penjelasan mendalam tentang instrumen keuangan yang kompleks. Dengan pengakuan dari Academy Award dan akurasi sejarah sekitar 91,4 persen, film ini berhasil menyampaikan pesan kritis tentang aktivitas keuangan yang memicu krisis, menjadikannya pilihan inspiratif bagi Bunda yang mencari motivasi dalam menghadapi tantangan kehidupan ekonomi.

  • Rating Rotten Tomatoes: 89 persen
  • Genre: biografi, kriminal, drama, komedi
  • Pemain utama: Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gosling, Brad Pitt, John Magaro
  • Situs atau platform streaming: Prime Video, Apple TV

4. Steve Jobs (2015)

Film motivasi kisah nyata, Steve Jobs (2015)/ Foto: Universal

Digadang-gadang sebagai salah satu biografi terbaik di tahun 2015, Steve Jobs mengadaptasi kisah hidup pendiri Apple Inc., Steve Jobs, Disutradarai oleh Danny Boyle dan ditulis oleh Aaron Sorkin, film motivasi terbaik ini mencakup 14 tahun perjalanan Jobs, difilmkan dalam tiga momen krusial sebelum sebuah konferensi pers penting.

Diperankan oleh Michael Fassbender, Jobs digambarkan dalam konflik pribadi. Premier di Telluride Film Festival 2015, sayangnya film Steve Jobs kurang sukses secara finansial. Meski begitu, film motivasi terbaik ini berhasil mendapatkan nominasi di Academy Awards, menjadikannya karya berpengaruh hingga saat ini, terutama berkat penyorotan sisi kontroversial dari kehidupan salah satu tokoh teknologi paling berpengaruh di dunia.

  • Rating Rotten Tomatoes: 85 persen
  • Genre: drama, biografi, thriller
  • Pemain utama: Michael Fassbender, Kate Winslet, Seth Rogen, Jeff Daniels, Sarah Snook
  • Situs atau platform streaming: CatchPlay

5. The Founder (2016)

Film motivasi kisah nyata, The Founder (2016)/ Foto: The Weinstein Company

Disutradarai oleh John Lee Hancock dan menampilkan Michael Keaton sebagai Ray Kroc, The Founder menceritakan bagaimana Kroc menciptakan jaringan restoran cepat saji McDonald’s dengan kecerdikannya, memaksa pendiri asli perusahaan keluar untuk mengambil kendali. Plot film ini mengikuti perjalanan Kroc dari seorang salesman hingga mencapai kesuksesan dengan memperkenalkan konsep waralaba McDonald’s.

Premier di Arclight Hollywood pada Desember 2016, film ini berfokus pada aspek bisnisnya. Film motivasi terbaik tersebut memberikan gambaran yang mendalam tentang konflik moral dan pengorbanan di balik kesuksesan bisnis yang besar. Keberhasilan film ini tidak hanya terletak pada penyampaian kisah suksesnya, namun juga pada porsi dramatis yang dijamin akan menggugah Bunda.

  • Rating Rotten Tomatoes: 81 persen
  • Genre: biografi, drama
  • Pemain utama: Michael Keaton, Nick Offerman, John Carroll Lynch, Linda Cardellini
  • Situs atau platform streaming: Apple TV

Bunda, itulah beberapa rekomendasi Film motivasi kisah nyata yang akan menawarkan kisah inspiratif dan penuh makna. Apakah ada film motivasi yang Bunda tertarik untuk tonton?

Pilihan Redaksi

  • Disukai Penonton, 11 Drama Korea 2023 Ini Justru Dinilai Terburuk Menurut Survei Ahli
  • 15 Rekomendasi Drama & Film Korea tentang Ayah dan Anak, Mengharukan sampai Happy Ending
  • 5 Drama Korea Adaptasi Webtoon Romantis Terbaru yang Seru, Ada Perfect Marriage Revenge

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment