Informasi Terpercaya Masa Kini

Kamu Perlu Tahu! Pemerintah Akan Terapkan Sistem Pajak Baru Mulai Desember 2024

0 10

Beauties, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan sistem pajak baru, yakni Core Tax Administration System (CTAS) akan segera diterapkan mulai Desember 2024 mendatang. 

Pelaksanaan sistem baru ini kabarnya juga sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) 40 Tahun 2019. 

“Hari ini kami laporkan ke presiden mengenai kemajuan dan rencana soft launching dari coretax system yang diharapkan bisa selesai sampai dengan tahun ini sekitar Desember,” kata Sri Mulyani di Istana Negara, Rabu (31/7).

Baca Juga : 5 Daftar Bisnis Rumah Makan Milik Artis yang Laris Manis, Pernah Coba Makan di Sini?Apa itu Coretax?Ilustrasi Pajak/ Foto: Shutterstock/

Coretax merupakan bagian dari reformasi pajak yang bertujuan untuk meningkatkan sistem yang ada saat ini. Dengan sistem terbaru ini, nantinya akan memudahkan wajib pajak karena dalam melaksanakan kewajiban perpajakan sudah otomatis dan digital. 

Salah satunya adalah cara pelaporan SPT yang saat ini dilakukan mandiri melalui website pajak, nantinya akan otomatis dengan coretax. Sri Mulyani berharap ini membantu wajib pajak karena tak perlu lagi lapor SPT sendiri.

“Pada dasarnya coretax akan meningkatkan otomatisasi dan digitalisasi seluruh layanan administrasi perpajakan, di mana wajib pajak bisa lakukan layanan mandiri dan pengisian SPT bersifat otomatis, dan transparansi akun wajib pajak akan meningkat,” jelasnya.

Lebih lengkap tentang sistem pajak terbaru ini, baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Pilihan Redaksi

  • 20 PTN Terbaik di Indonesia Terbaru Juli 2024, Cek Ada Kampus Kamu?
  • Viral di Medsos Balita Dianiaya oleh Pemlik Daycare di Depok, Pelaku Ditangkap-Jadi Tersangka! Ini Faktanya
  • 6 Kebiasaan Makan yang Aneh dan Tak Biasa dari Berbagai Negara
Leave a comment