Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Manfaat Mengonsumsi Air Jahe Saat Perut Kosong

0 7

TEMPO.CO, Jakarta – Jahe merupakan rempah-rempah yang umum ditemukan di dapur dan memiliki banyak manfaat kesehatan dan air jahe merupakan obat alami. Dia mudah dibuat dan memiliki sejumlah efek positif. Berikut adalah 5 manfaat utama mengonsumsi minuman berkhasiat ini saat perut kosong.

1. Membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan

Jahe telah lama dikenal oleh manfaatnya dalam membantu pencernaan. Minum air jahe saat perut kosong membantu meningkatkan sistem pencernaan selama beraktivitas seharian.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menyoroti bahwa jahe secara signifikan meningkatkan pengosongan lambung yang berarti membantu makanan bergerak dari lambung ke usus halus lebih cepat. Hal ini dapat mencegah ketidaknyamanan dan kembung, membuat proses pencernaan lebih lancar dan lebih efisien.

Jahe mengandung senyawa bernama gingerol dan shogaol yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan dan mual. Air jahe membantu memastikan tubuh menyerap nutrisi dari makanan dengan lebih efektif.

2. Bantuan alami untuk menurunkan berat badan

Penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan termogenesis, yakni proses pembakaran kalori oleh tubuh untuk menghasilkan panas. Minum air jahe saat perut kosong dapat membantu memulai metabolisme yang membantu upaya penurunan berat badan.

Jahe juga membantu mengendalikan nafsu makan yang dapat mencegah makan secara berlebihan sepanjang hari. Sebuah penelitian di Metabolism Journal menemukan bahwa konsumsi jahe dapat mengurangi rasa lapar sehingga lebih mudah untuk menjalankan rencana makan yang sehat. Tindakan ganda untuk meningkatkan metabolisme dan mengendalikan nafsu makan ini dapat sangat efektif dalam mendukung penurunan berat badan.

3. Menunjang sistem kekebalan tubuh

Memulai hari dengan air jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Jahe kaya akan antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine, antioksidan ini memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari penyakit kronis.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan mendukung kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Minum air jahe saat perut kosong membantu memaksimalkan penyerapan senyawa bermanfaat ini, memberikan sistem kekebalan tubuh awal terbaik setiap hari.

4. Membantu mengurangi peradangan dan nyeri

Peradangan kronis merupakan faktor umum yang mendasari banyak penyakit, termasuk radang sendi dan penyakit kardiovaskular. Senyawa aktif dalam jahe seperti gingerol dan shogaol memiliki efek antiperadangan yang kuat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Pain melaporkan bahwa jahe dapat secara signifikan mengurangi nyeri dan rasa sakit otot, menjadikannya obat alami yang sangat baik untuk kondisi peradangan.

5. Secara signifikan meningkatkan kesehatan kulit

Air jahe dapat membantu membuat kulit tampak berseri. Antioksidan dalam jahe membantu melawan radikal bebas yang menjadi salah satu faktor yang mempercepat penuaan dan kerusakan kulit. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Dermatological Science, antioksidan ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan meningkatkan elastisitas kulit. Khasiat anti-kanker dari jahe dapat membantu mengurangi jerawat dan iritasi kulit lainnya.

Pilihan editor: 10 Minuman untuk Menghilangkan Kembung yang Bisa Dibuat Sendiri

Leave a comment