Informasi Terpercaya Masa Kini

Contoh Diet Sehat Seminggu Turun 5 Kg, Enak dan Tidak Menyiksa Bun!

0 8

Menurunkan berat badan 5 kg dalam seminggu bukanlah hal yang mudah. Namun sebenarnya tidak dianjurkan oleh para ahli gizi karena dianggap terlalu ekstrem.

Penurunan berat badan yang ideal dan aman sekitar 0,5 kg sampai 1 kg per minggu. Hanya saja, Bunda ada keperluan mendesak yang mengharuskan turun sekitar 5 kg dalam seminggu.

Bunda bisa mencoba diet GM. Apa itu diet GM? Diet GM merupakan contoh diet sehat yang diklaim bisa menurunkan berat badan sebanyak 3 sampai 5 kg dalam seminggu. 

Jika Bunda memiliki komitmen kuat dan konsisten dalam menjalankan program diet GM, berikut contoh menu diet sehat yang bisa dicoba. 

Mengenal diet GM

Rencana diet GM awalnya diciptakan untuk karyawan General Motors sehingga dinamakan diet GM. Rencana diet ini membantu seseorang menurunkan berat badan antara 5 hingga 7 kg dalam 7 hari.

Baca Juga : 7 Cara Diet Cepat Kurus dalam 1 Minggu, Bisa Dicoba Bun

Selama seminggu, panduan diet menyarankan Bunda mengonsumsi asupan dari kelompok makanan berbeda. Diet ini menjanjikan penurunan berat badan lebih banyak dalam waktu singkat dibandingkan dengan metode penurunan berat badan lainnya.

Mengutip dari Times of India, rencana diet GM diklaim tidak hanya membantu Bunda menurunkan berat badan tapi juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, termasuk perbaikan pencernaan, detoksifikasi tubuh, dan peningkatan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Diet GM telah terbukti bermanfaat bagi kebanyakan orang yang mengikutinya. Pasalnya, pola makan diet GM mencakup sayur-sayuran dan buah-buahan yang rendah kalori.

Diet GM bahkan mengandung makanan berkalori negatif, yaitu makanan yang membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna. Makanan yang termasuk di dalamnya juga mengandung banyak air sehingga membantu detoksifikasi tubuh.

Diet dapat diikuti beberapa kali tapi dengan jeda 5 hingga 7 hari di antaranya. Bagaimana menu diet GM agar bisa turun berat badan 5 kg seminggu?

Contoh menu diet GM turun 5 kg semingguDay 1

Buah apa saja selain pisang. Bunda bisa makan buahnya sebanyak yang diinginkan. Melon direkomendasikan karena mengandung banyak air dan membantu menurunkan berat badan dengan mudah.

Day 2

Bunda bisa makan sayuran apa saja dengan cara direbus atau mentah. Namun konsumsilah kentang berukuran sedang saat sarapan dengan satu sendok teh mentega rendah lemak.

Day 3

Kecuali pisang dan kentang, Bunda bisa mengonsumsi semua buah-buahan dan sayuran rebus atau mentah sepanjang hari.

Day 4

Hanya pisang dan susu yang boleh dikonsumsi pada hari keempat. Konsumsi sekitar 6 hingga 8 buah pisang ukuran besar dengan tiga gelas susu skim menjadi pilihan yang ideal.

Day 5

Konsumsi ayam atau ikan (280 gram) dengan cara direbus atau kukus serta 6 buah tomat utuh. Vegetarian mungkin memilih nasi merah atau keju cottage sebagai pengganti daging. Tingkatkan asupan air Bunda.

Day 6

Konsumsi sayuran (idealnya bayam) tapi tanpa kentang. Bagi yang vegetarian bisa makan nasi merah atau keju cottage, sedangkan nonvegetarian bisa makan ayam ayai ikan (280 gram). Minumlah banyak air.

Day 7

Nasi merah, protein ayam atau ikan, jus buah, buah-buahan, dan sayuran dapat dikonsumsi pada hari ini.

Tips

  • Bunda harus berjalan selama 45 menit selama tujuh hari ini.
  • Hindari rutinitas olahraga berat jika Bunda merasa lemah.
  • Kacang-kacangan, pemanis, dan minuman berkalori tinggi harus dihindari.
  • Bunda bisa mengonsumsi teh herbal atau kopi hitam tapi tanpa tambahan pemanis apa pun di dalamnya.

Setelah Bunda selesai menjalani rencana diet GM selama seminggu, disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan rendah karbohidrat pada minggu berikutnya. Hindari junk food karena bisa membuat berat badan Bunda kembali naik.

Menu di atas hanya contoh, Bunda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Pastikan untuk konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai program diet, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Ingatlah bahwa kunci utama dalam menurunkan berat badan adalah konsistensi dan disiplin. Teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah. 

Pilihan Redaksi

  • 10 Tips Diet Jennifer Lopez Agar Awet Muda dan Langsing di Usia 54
  • 9 Jus untuk Menurunkan Berat Badan yang Bagus Diminum Saat Diet
  • BB Prilly Latuconsina Turun Drastis karena Diet, Ini Pola Makannya Selama Setahun

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment