Informasi Terpercaya Masa Kini

Apple Jelaskan Kenapa iPhone Lawas Tak Kebagian Fitur AI

0 14

KOMPAS.com – Pabrikan iPhone, Apple memperkenalkan sistem operasi (OS) terbaru untuk iPhone di acar WWDC 2024, yakni iOS 18. Kabarnya, OS tersebut bakal membawa fitur teranyar, termasuk fitur kecerdasan buatan (AI) generatif baru bernama Apple Intelligence.

Kabarnya berkat Apple Intelligence, asisten AI Siri di iPhone bakal mendukung input teks, pengguna iPhone juga bisa memerintahkan AI Generatif untuk membuat pesan di aplikasi Mail, hingga membuat gambar lewat perintah prompt teks.

Sayangnya, fitur Apple Intelligence dikatakan hanya tersedia untuk varian iPhone 15 Pro ke atas saja. Ini berarti, iPhone 15 model reguler dan iPhone keluaran yang lebih lawas, seperti iPhone 14 dan seterusnya, tidak akan kebagian fitur AI generatif baru buatan Apple tersebut.

Kepala AI Apple John Giannandrea mengungkapkan bahwa pembatasan ketersediaan Apple Intelligence tersebut murni karena alasan teknis. Dalam sebuah wawancara, Giannandrea menjelaskan bahwa perangkat lunak (software) AI membutuhkan perangkat keras (hardware) yang lebih bertenaga. 

Baca juga: 5 Fitur Apple Intelligence yang Hadir lewat iOS 18

“Jadi model-model ini, ketika Anda menjalankannya pada saat proses berjalan, ini disebut inferensi, dan inferensi model bahasa yang besar sangat intensif secara komputasi.” Ujar Kepala AI Apple tersebut.

John Giannandrea menjelaskan bahwa untuk dapat berjalan dengan cepat dan membuat model-model itu dapat digunakan, dibutuhkan bandwidth yang besar di perangkat, unit pengolah AI Apple Neural Engine, dan kemampuan komputasi tinggi secara keseluruhan. 

Sebagai perbandingan, chip Apple 17 Pro yang mengotaki iPhone 15 Pro dibekali Neural Engine untuk pengolahan AI dengan kinerja hingga 35 TOPS. Sementara, chip Apple A16 di iPhone 15 hanya sanggup mencapai 17 TOPS sehingga kurang ideal untuk menjalankan Apple Intelligence.  

“Secara teori, Anda sebenarnya dapat saja menjalankan model-model AI di perangkat lawas, tapi kinerjanya akan terlalu pelan untuk bisa berguna,” ujar Giannandrea. 

Baca juga: Daftar Perangkat yang Kebagian Apple Intelligence, dari iPhone hingga MacBook

Craig Federighi, Kepala software Apple pun mengatakan bahwa prioritas utama Apple adalah memperkenalkan fitur yang dapat diterapkan pada perangkat yang lama. Namun, dalam kasus Apple Intelligence, ini murni masalah tuntutan hardware.

“Merupakan hal yang sangat luar biasa untuk menjalankan model dengan kekuatan seperti ini pada iPhone.” Ujar Federighi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WccfTech, Minggu (23/6/24).

Selain chip A17 pro yang terdapat pada iPhone 15 Pro, Apple Intelligence juga kabarnya dapat dijalankan pada chip seri M yang ada di iPad dan Mac. Fitur AI baru dari Apple itu dijadwalkan meluncur lewat pembaruan iOS 18 di paruh kedua tahun ini.

Leave a comment