Informasi Terpercaya Masa Kini

Terpopuler: IAI Tanggapi Kritik soal Desain Istana Garuda IKN, Kronologi Anggota Paskibraka Dilarang Berjilbab

0 19

TEMPO.CO, Jakarta – Berita terpopuler ekonomi dan bisnis pada Kamis, 15 Agustus 2024 dimulai dari tanggapan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) soal ramai kritik atas desain Istana Garuda di IKN.

Berikutnya ada berita tentang promo kemerdekaan dari KAI Divisi Regional 1 Sumatera Utara dan bonus bagi peraih medali Olimpiade 2024. Lalu ada berita tentang keraguan Walhi bahwa Prabowo akan memprioritaskan pembangunan IKN dan kronologi anggota perempuan Paskibraka dilarang berjilbab.

Kelima berita itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita trending tersebut.

1. Desain Istana Garuda IKN oleh Nyoman Nuarta Tuai Kritik, IAI: Masyarakat Tidak Boleh Disesatkan..

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menyampaikan pandangan soal ramai kritik atas desain Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dirancang oleh I Nyoman Nuarta. Alih-alih mirip Garuda, desain tersebut dianggap warganet lebih mirip kelelawar.

“Seorang arsitek harus bertanggung jawab atas rancangannya, dalam memenuhi kode atau regulasi bangunan gedung yang memenuhi kriteria keselamatan, kemudahan, kenyamanan, dan kesehatan,” kata Ketua Umum IAI, Ar G Budi Yulianto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 15 Agustus 2024.

Ia mengatakan, produk rancangan arsitektur merupakan gabungan estetika, fungsi dan struktur. Budi mengatakan, rancangan arsitektur harus memenuhi kriteria-kriteria yang ada dalam arsitektur, gagasan desain wajib disesuaikan, dan dalam hal ini tentu dilakukan oleh arsitek.

Simak lebih jauh tentang tanggapan IAI soal ramai kritik atas desain Istana Garuda IKN di sini.

2. Promo Kemerdekaan, Diskon 79 Persen dan 50 Persen untuk KA Sribilah Utama Tujuan Medan-Rantauprapat

Memperingatan HUT Kemerdekaan RI ke-79, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Divisi Regional 1 Sumatera Utara menghadirkan Promo Panjat Diskonnya, Pinang Untungnya atau Promo Panjat Pinang untuk Kereta Api Sribilah Utama tujuan Medan-Rantauprapat pulang-pergi.

Manager Humas KAI Divre 1 Sumatera Utara Anwar Solikhin menjelaskan, pada promo pertama, yaitu Pinang. Pada promo ini, penumpang cuma membayar 79 persen untuk pembelian 16-18 Agustus 2024. Promo ini berlaku untuk pembelian di semua channel penjualan tiket, kecuali loket dan loket box.

“Promo cuma bayar 79 persen ini untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di momen HUT Kemerdekaan RI yang ke-79. KAI berharap masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk bepergian naik kereta api dengan tarif yang terjangkau,” kata Anwar, Rabu, 14 Agustus 2024.

Simak lebih jauh tentang promo kemerdekaan dari PT KAI di sini.

3. Jokowi Serahkan Bonus Peraih Medali Olimpiade, Lebih Tinggi dari Atlet AS

Presiden Jokowi menyerahkan bonus masing-masing Rp6 miliar untuk dua peraih medali emas Olimpiade Paris 2024 dan Rp1,65 miliar untuk atlet peraih perunggu.

Dalam pernyataannya di halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2024, Presiden Jokowi mengapresiasi pencapaian Veddriq Leonardo yang meraih medali emas di cabang panjat tebing nomor speed putra.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Jokowi kepada Rizky Juniansyah yang memperoleh medali emas di angkat besi nomor 73 kg putra, serta Gregoria Mariska Tunjung yang mendapatkan medali perunggu di bulu tangkis tunggal putri.

Simak lebih jauh tentang bonus perain medali Olimpiade di sini.

4. Walhi Ragu Pemerintahan Prabowo Bakal Prioritaskan Pembangunan IKN, Ini Sebabnya

Manajer Kampanye Tata ruang dan Infrastruktur Walhi Nasional, Dwi Sawung, ragu dengan komitmen pemerintah Prabowo meneruskan pembangunan IKN. Ia menilai pembangunan infrastruktur yang ada saat ini masih belum siap, dan butuh waktu yang panjang untuk meneruskannya.

“Melihat hitungan pembangunannya mungkin bisa selesai di atas sepuluh sampai belasan tahun membuat IKN mungkin tidak akan begitu jadi prioritas (pemerintahan Prabowo),” ujarnya dalam diskusi di kantor Eksekutif Nasional Walhi, Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2024.

Pernyataan Dwi menanggapi komitmen yang disampaikan Presiden terpilih Prabowo Subianto telah soal kelanjutan pembangunan IKN. Dalam kunjungannya ke IKN bersama Joko Widodo dan anggota kabinet lain, Prabowo telah mengikrarkan penyelesaian pembangunan pusat pemerintahan yang baru tersebut.

Simak lebih jauh tentang keraguan Walhi bahwa Prabowo akan memprioritaskan pembangunan IKN di sini.

5. Kronologi Pro-Kontra Anggota Paskibraka Dilarang Berjilbab, Berakhir dengan Pernyataan Jokowi?

Keharusan anggota perempuan Paskibraka melepas jilbab menyebabkan polemik panjang menjelang upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang akan digelar Sabtu, 17 Agustus 2024, di IKN.

Awal pro kontra ini menyeruak setelah Presiden Jokowi mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa, 13 Agustus 2024.

Setelah pengukuhan, Presiden dan anggota Paskibraka foto bersama. Belasan anggota perempuan yang biasa menggunakan hijab, tampak tak mengenakannya.

Simak lebih jauh tentang kronologi pro-kontra anggota Paskibraka dilarang berjilbab di sini.

Leave a comment