Informasi Terpercaya Masa Kini

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Bisa Datang ke 2 Museum Ini

0 3

KOMPAS.com – Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober dapat dirayakan dengan berkunjung ke tempat-tempat yang menjadi saksi bisu para pemuda memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Di Jakarta, dua tempat yang bisa didatangi yaitu Museum Sumpah Pemuda dan Museum Kebangkitan Nasional. 

Baca juga:

  • Tanggal 28 Oktober Diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, Kenapa?
  • Apakah Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2024 Termasuk Libur Nasional?

Kedua lokasi museum ini berdekatan, dan punya cerita yang saling berkaitan dengan momen Hari Sumpah Pemuda.

1. Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda merupakan tempat berlangsungnya Kongres Sumpah Pemuda II, dan menjadi tempat lahirnya ikrar bernama Sumpah Pemuda.

Lokasinya ada di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. 

Dulu, gedung yang ditempati sebagai museum ini merupakan indekos pelajar sekolah kedokteran School tot Opleiding van Indiandsche Artsen (STOVIA) dan pelajar hukum dari Recth Hooge School (RHS).

Dikutip dari Kompas.com (25/10/2023), Pemandu Museum Sumpah Pemuda, Fathul, mengatakan bahwa selain menjadi indekos, gedung ini juga menjadi tempat berkumpul para mahasiswa STOVIA dan RHS.

“Jadi di sini tempat mereka berkumpul, berdiskusi, berkesenian, dan olahraga,” kata Fathul.

Bila tertarik untuk mengetahui sejara lengkap lahirnya Sumpah Pemuda, Museum Sumpah Pemuda dapat dikunjungi masyarakat umum pada hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Harga tiketnya dibanderol mulai Rp 1.000 per orang untuk anak-anak, mulai dari Rp 2.000 per orang untuk dewasa, dan mulai dari Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Baca juga:

  • Cara ke Museum Sumpah Pemuda Naik Kendaraan Pribadi
  • Itinerary Seharian Dekat Museum Sumpah Pemuda Jakarta

2. Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional merupakan sekolah bagi para pelajar STOVIA, yang ikut serta memperjuangkan kemerdekaan melawan penjajah.

Pada saat itu, tidak semua pelajar STOVIA tinggal di asrama, sebagian lainnya tinggal di indekos (salah satunya di gedung Museum Sumpah Pemuda).

Museum Kebangkitan Nasional berlokasi di Jalan Abdul Rachman Saleh Nomor 26, Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Di sini pengunjung dapat melihat ruangan yang dulu ditempati pelajar STOVIA untuk belajar, bermain, dan tidur.

Museum ini buka setiap Selasa sampai Minggu, mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Sedangkan khusus hari libur nasional, museum ini tutup.

Tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 3.000 per orang untuk anak-anak, mulai dari Rp 5.000 per orang untuk dewasa, dan mulai dari Rp 25.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Leave a comment