Informasi Terpercaya Masa Kini

Adobe Meluncurkan Firefly Video Model, AI Berkemampuan Membuat Video dari Teks

0 3

TEMPO.CO, JakartaAdobe mengumumkan rilis Firefly Video Model dalam versi beta pada acara Adobe MAX yang berlangsung pada Senin, 14 Oktober 2024. Pengumuman ini menandai perluasan model kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) generatif Adobe Firefly yang sebelumnya hanya tersedia untuk gambar, vektor, dan desain.

Tentang Firefly Video Model

Adobe Firefly Video Model dengan kemampuan menggunakan perintah berbasis teks, pengguna dapat membuat video, mengontrol sudut kamera, gerakan, dan zoom, serta menyesuaikan gaya video yang diinginkan. Fitur ini memungkinkan pembuat konten untuk menghasilkan video dari deskripsi yang diberikan, mirip dengan cara Firefly menghasilkan gambar dari perintah teks.

Salah satu fitur unggulan dari Firefly Video Model adalah Generative Extend, yang kini tersedia di Adobe Premiere Pro. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperpanjang durasi klip video, menghaluskan transisi antarklip, dan mengisi kekosongan dalam rekaman tanpa perlu merekam ulang.

Dikutip dari situs web Adobe, Firefly dilatih menggunakan data yang memiliki hak cipta penuh oleh Adobe, memastikan konten yang dihasilkan dapat digunakan secara bebas oleh kreator tanpa khawatir melanggar hak cipta.

Peluncuran Firefly Video Model, Adobe juga memperkenalkan berbagai pembaruan untuk model gambar, vektor, dan desain yang ada dalam ekosistem Firefly. Salah satu pembaruan terbesar adalah peningkatan kecepatan generasi gambar, yang kini empat kali lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya di aplikasi web Firefly.

Firefly Image Model, yang telah digunakan oleh banyak perusahaan besar, seperti PepsiCo untuk desain botol Gatorade dan Mattel untuk kemasan Barbie, terus menunjukkan peningkatan dalam adopsi oleh berbagai merek ternama.

Adobe Illustrator juga telah mendapat peningkatan dengan diperkenalkannya fitur Generative Shape Fill dan Generative Recolor. Ini yang memungkinkan desainer untuk dengan cepat membuat pola unik atau menambahkan elemen detail ke dalam desain.

Kreator yang ingin mencoba Firefly Video Model, dapat mendaftar untuk mendapat akses ke versi beta terbatas. Selama fase beta ini, Adobe menawarkan penggunaan gratis untuk menghasilkan video, dan akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai harga ketika alat ini tersedia secara penuh.

Pilihan Editor: 6 Rekomendasi AI untuk Memperjelas Foto yang Ngeblur

Leave a comment