Informasi Terpercaya Masa Kini

Wasit Ahmed Al-Kaf tidak merayakan gol kedua Bahrain saat laga melawan Indonesia

0 2

Sejumlah misinformasi terus menyebebar menyusul hasil imbang yang penuh kontroversi saat laga Bahrain kontra Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Salah satunya postingan video dengan jutaan views, yang diklaim memperlihatkan wasit dalam pertandingan tersebut ikut melakukan selebrasi saat Bahrain mencetak gol kedua sekaligus penyeimbang pada menit kesembilan perpanjangan waktu. Namun, analisis pada video menemukan bahwa pria yang melakukan selebrasi itu adalah penjaga gawang cadangan Bahrain.

“Momen wasit Ahmed ikut selebrasi goal penyaman kedudukan saat Bahrain vs Indonesia,” tulis keterangan video TikTok yang diposting pada tanggal 12 Oktober, 2024. 

Video memperlihatkan tanda panah merah yang menunjuk pada salah seorang pria memakai jersei hitam. Pria itu berlari ke arah para pemain Bahrain yang sedang melakukan selebrasi.

Unggahan tersebut menyebar setelah pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 10 Oktober 2024 di kandang Bahrain yang berakhir imbang 2-2. Gol kedua Bahrain dicetak pada menit ke-9 waktu tambahan.

Tim Indonesia dan para suporter mengajukan protes karena laga berlanjut hingga menit kesembilan setelah perpanjangan waktu, melebihi waktu tambahan enam menit yang diberikan. Sebagian dari suporter mengekspresikan kemarahan kepada wasit Ahmed Al-Kaf di media sosial.

Video dengan klaim serupa juga menyebar di platform lain seperti Facebook, X, serta TikTok, dan telah meraih lebih dari 1,5 juta views

Sebagian pengguna media sosial percaya bahwa pria yang melakukan selebrasi dalam video adalah pengadil pertandingan, Al-Kaf.

“Waaah itu sudah tidak benar itu membuktikan adanya mafia bola yg bermain…wasit sudah kena sogokan atau ada ketidak adilan dalam memimpin pertandingan…. Itu sangat tidak wajar…harus dijadikan bukti ke fifa,” tulis salah seorang pengguna.

“Nggak ragu lagi liat kelakuan wasit, dia malah selebrasi gol kedua Bahrain, kenapa bisa senang gitu???” tulis komentar lainnya.

Penjaga gawang Bahrain

Pencarian dengan kata kunci di YouTube menemukan sebuah video yang diunggah di kanal resmi RCTI, yang merupakan pemegang lisensi hak siar pertandingan Kualifikasi Piala Dunia di Indonesia. 

Video RCTI itu diberi judul: “HIGHLIGHT BAHRAIN 2 vs 2 INDONESIA AFC ASIAN QUALIFIERS ROAD TO 26 #BHRvIDN #afcasianqualifier”.

Analisis pada video menemukan bahwa pria berbaju hitam itu sebenarnya mengenakan jersei tim sepak bola Bahrain.

Pada menit ke-15:56 di video RCTI, nomor punggung milik pria tersebut terbaca sebagai nomor “21”, yang merupakan nomor punggung milik Sayed Mohammed Jaffer, penjaga gawang cadangan Bahrain (tautan arsip).

Di bawah ini adalah perbandingan tangkapan layar antara video dengan klaim salah (kiri) dan rekaman yang diunggah RCTI (kanan) — menunjukkan nomor baju dari pemain tersebut:

Selain itu, dalam sebuah video yang diunggah akun YouTube AFC Asian Cup, wasit Ahmed Al-Kaf terlihat mengenakan baju lengan panjang, berbeda dari baju penjaga gawang Bahrain yang memiliki lengan pendek (tautan arsip).

Dalam perbandingan tangkapan layar berikut bisa dilihat perbedaan antara penjaga gawang cadangan Bahrain, Jaffer (kiri) dan wasit Al-Kaf (kanan): 

Beberapa detik setelah gol penyeimbang Bahrain, dan saat pemain bersiap melakukan selebrasi, Al-Kaf terlihat berada di tengah lapangan dan menunjuk ke titik putih seperti bisa dilihat pada tangkapan layar di bawah ini: 

Laga kontroversial ini telah memicu sejumlah misinformasi lain dan AFP telah membantahnya di sini dan sini. 

Leave a comment