Informasi Terpercaya Masa Kini

Farhat Abbas Diduga Sindir Pratiwi Noviyanthi di Tengah Kisruh Donasi Agus Salim,Singgung Kematian

0 1

TRIBUNSUMSEL.COM – Pengacara Farhat Abbas diduga menyindir Youtuber Pratiwi Noviyanthi soal uang donasi Agus Salim.

Farhat Abbas lewat Instagram miliknya, Sabtu (19/10/2024) menyebutkan soal pekerja sosial yang diduga menyinggung Pratiwi Noviyanthi.

Bahkan Farhat Abbas menyinggung orang yang numpang dari uang donasi akan berdampak cepat meninggal.

“No fee kalau mau jadi pekerja sosial silahkan saja! gak usah jadi tukang kumpul atau penampung donasi! orang-orang yang hidupnya nyari atau numpang dari uang donasi itu dampaknya cepat mati,” kata Farhat lewat story Instagramnya.

Diketahui, uang donasi Agus Salim mencapai Rp 1,5 miliar, namun uang tersebut diduga silahgunakan hingga kini dipindah ke yayasan Pratiwi. 

Kendati begitu, Agus Salim akhirnya mengadu ke sang pengacara hingga menyebutkan Pratiwi Noviyanthi ‘kejam’.

Dalam postingan akun instagram milik Farhat Abbas Official yang diunggah Jumat (18/10/2024), curhatan Agus tersebut diketahui.

Baca juga: Sakit Hati Gue, Geramnya Emma Waroka saat Agus Salim Sebut Pratiwi Noviyanthi Kejam Soal Donasi

Tampak dalam postingan tersebut, Farhat Abbas tengah video call dengan Agus Salim.

Agus Salim lalu menceritakan uneg-uneg yang dirasakan terkait masalah donasi dengan yayasan milik youtuber Pratiwi Noviyanthi kini heboh.

“Lebih baik saya ngga pilih uang itu daripada saya harus kayak gini,”ujarnya.

Bahkan Agus bak kesalnya menyebut uang donasi tersebut seharusnya ditujukan kepada Pratiwi Noviyanthi.

“Lebih baik uang itu didonasikan saja buat dia bukan saya, biar dia yang sakit,”tuturnya.

Baca juga: Reaksi Pratiwi Noviyanthi Disebut Agus Salim Kejam Gegara Bongkar Dugaan Penyalahgunaan Donasi

Mendengar ucapan Agus, membuat Farhat Abbas bersimpati.

“Jahat sekali Novi Itu, aku tertarik dan simpati dengan kamu,” ucap Farhat Abbas.

Agus Salim menanggapi respon Farhat Abbas, dan ikut menyebut apa dilakukan Pratiwi Noviyanthi itu kejam.

“Kejam banget, pertama harga diri saya harga diri istri saya, harga diri orang tua saya dan harga diri wawa saya diolok di instagram tidak sesuai kenyataan,” jelasnya.

“Kejam dia, istri saya difitnah menilep uang donasi tersebut,” tuturnya.

Farhat Abbas Ancam Polisikan Pratiwi dan Densu

Selain itu, Farhat Abbas juga mengancam polisikan Pratiwi Noviyanthi dan Denny Sumargo.

Ia pun menyoroti donasi yang dipindahkan ke yayasan Pratiwi Noviyanthi.

Menurut Farhat Abbas dan rekannya, Krisna Murti, tindakan Pratiwi Noviyanthi dan Denny Sumargo dianggap semena-mena.

Selain itu keduanya menurut Farhat Abbas telah mempermalukan Agus dan keluarga.

Reaksi Pratiwi Noviyanthi

Youtuber Pratiwi Noviyanthi menanggapi soal Agus Salim yang menyebutkan dirinya ‘kejam’ usai bongkar soal uang donasi disalahgunakan.

ewat story Instagram miliknya, Pratiwi Noviyanthi menanyakan soal yang tengah heboh.

“Guys aku baru landing sampai di Jakarta ni ada apa huru-hara, rame banget ni ada apa,” ucap Pratiwi, Sbatu (19/20/2024).

Selain itu Pratiwi juga merepost salah satu akun yang membagikan pernyataan Agus Salim kepada pengacara Farhat Abbas soal pengobatan menggunakan BPJS hingga menuding jahat.

“Yang jadi masalah tu gini, kita kan dari awal memang pakai BPJS, Agus bukan tidak mau menghimbau donasi apa pun pun, yang Agus minta kan gimana untuk pelayanan,” kata Agus Salim.

Menanggapi itu, Pratiwi menyebutkan hanya publik yang bisa menilai sendiri.

“Kalian bisa menilai sendiri,” kata Pratiwi.

Uang Dikembalikan ke Yayasan

Muhammad Agus Salim, korban penyiraman air keras kembali menyita perhatian publik lantaran uang donasi disebut dibagi-bagi ke keluarga.

Adapun uang donasi pengobatan Agus Salim mencapai Rp1,5 miliar.

Kini uang donasi tersebut di pindah ke yayasan milik Pratiwi Noviyanthi.

Hal itu diungkap Agus Salim saat menemui Denny Sumargo bersama Pratiwi Noviyanthi.

Bukan tanpa sebab, hal itu dilakukan agar dapat memonitor dan mengatur pengeluarannya.

“Supaya enggak salah paham, ya mbak Novi, kita kan disuruh datang ke sana untuk cetak mutasi sama pak Geri. Di sana ternyata pak Geri menyebutkan bahwa ada pemindahan dari donasi ke yayasan. Dengan alasan pemindahan ini bertujuan agar yayasan dapat memonitor dan mengatur pengeluaran Agus,” ungkap Agus dalam podcast YouTube Denny Sumargo, dikutip pada Rabu (16/10/2024).

 Agus mengakui awalnya merasa keberatan dengan pemindahan tersebut, namun penjelasan dari pak Geri membuatnya lebih memahami situasi.

“Awalnya Agus agak keberatan, tapi ya udah, karena penjelasan Pak Geri seperti itu, ya udah. Pak Geri bilang nanti biaya rumah sakit akan dikirim dari yayasan, dan uang Agus enggak hilang kok. Nanti pun jika ada sisa setelah pengobatan, yayasan akan mengembalikan uang itu kepada saya,” jelasnya.

Selain itu, Elmi istri Agus juga mengaku uang yang masuk ke reningnya sudah di mutasi ke pihak yayasan Pratiwi Noviyanthi.

“Sudah di mutasi lewat mbanking,” kata Elmi.

Sementara, Pratiwi Noviyanthi juga memberikan klarifikasi terkait pemindahan donasi tersebut.

Pratiwi mengatakan pemindahan itu dilakukan setelah adanya obrolan dengan Denny Sumargo.

“Sebentar dulu, pada saat pemindahan itu, obrolan kita berdua ya bang (Denny Sumargo) untuk diamankan di take over di yayasan kita. Jangan sampai seolah-olah ini saya yang ambil semua, saya ingin menghindari kesalahpahaman bahwa saya yang mengambil tindakan ini semua,” jelas Novi.

Selain itu, Denny Sumargo juga menjelaskan alasannya dengan Pratiwi memindahkan uang tersebut karena uang tersebut amanah dari publik untuk biaya pengobatan Agus.

Agus Salim 

“Saya koordinasi dengan mbak Novi, ini saya terlibat kalau kondisi kayak begini kalau belum jelas uangnya amani, karena itu uang amanah,” jelas Densu.

Kendati begitu, Denny Sumargo menegaskan bahwa pihaknya dan Pratiwi Noviyanthi tak akan mengambil sepeserpun uang donasi tersebut.

Bahkan ia pun berjanji jika diantaranya dan Novi mengambil uang tersebut, ia akan menggantinya.

“Saya jaminkan saya gak akan ambil, Novi tidak akan ambil, kalau Novi sampai ambil saya sikat dia, uang Rp 1 miliar dari Novi saya kasih ke anda dari uang anda,” terangnya.

“Mbak Novi ini saya kenal orangnya baik, kreadibilatasnya tinggi, komunikasinya aja udah kemana-mana,” tandas Densu.

Alasan Agus Beri ke Keluarga

Sementara dikesempatan yang sama, Agus juga mengakui memberi bibiknya uang Rp 98 juta untuk membayar utang di bank.

Namun Agus mengklaim hal itu dilakukannya bukan karena paksaan orang lain, melainkan inisiatif sendiri.

“Kalau ke wawa Rp98 juta,” kata Agus Salim.

Sementara Pratiwi Noviyanthi menjelaskan soal kabar Rp100 juta itu diketahuinya langsung dari anak bibiknya Agus.

“Rp100 juta itu emang anaknya bilang ke saya untuk bayar ke ibunya, katanya banyak rentenir yang datang,” jelas Pratiwi Noviyanthi.

Agus juga mengungkapkan alasannya memberi uang Rp98 juta karena kasihan melihat sang bibik ditagih utang hingga rumah nyaris akan di sita.

Kendati begitu, merasa kasihan dan ingat perjuangan bibi yang merawatnya, Agus pun memberi uang tersebut untuk membayarkan utang di bank.

“Sebenernya itu salah tanggapan, wawa kan dari awal ngurusin Agus, tempat tinggal dari mulai mama Agus dan ayah, makannya juga, jadi Agus pikir dapat uang rezeki banyak berlebihan, apa salahnya Agus ngebantuin orang yang udah berjuang mati-matian, itu pun wawa bilang kalau wawa ada uang nanti dibalikin lagi uang Agus, kalau gak pegang sertifikat wawa, dia sampai nangis-nangis,” beber Agus.

“Sebenernya itu salah tanggapan, wawa kan dari awal ngurusin Agus, tempat tinggal dari mulai mama Agus dan ayah, makannya juga, jadi Agus pikir dapat uang rezeki banyak berlebihan, apa salahnya Agus ngebantuin orang yang udah berjuang mati-matian, itu pun wawa bilang kalau wawa ada uang nanti dibalikin lagi uang Agus, kalau gak pegang sertifikat wawa, dia sampai nangis-nangis,” beber Agus.

“Karena Agus disini jangan panjang, bukan pendek, kalau Agus sewa orang untuk urus Agus mungkin biayanya bisa lebih dari itu juga, kalau jangka panjangnya kita pikirin,” sambungnya.

Denny Sumargo yang mendengar itu pun lantas bertanya terkait paksaan pihak lain.

Agus mengaku hal itu dilakukannya karena inisiatif sendiri.

“Sebenarnya waktu itu dengar ada orang datang dari pihak bank rumahnya akan disita kalau gak di bayar,” jelasnya.

“Rumah wawa di gadaikan karena ada tunggakan di bank, tapi bukan rentenir tapi wawa sendiri gak pernah minta uang di Agus,” sambungnya.

Agus pun mengaku awalnya mendengar kabar ini dari sang kakak dan menyaksikan langsung saat pihak bank menagih utang ke rumah bibiknya.

“Sebenarnya anak wawa (Via) minta bantuan ke kakaknya Agus, gak minta bantuan awalnya cuma lagi cerita aja, Agus dengar dari kakak wawa lagi kesulitan, sambil ada yang datang juga saat itu dan Agus mendengar percakapan itu,” ujarnya.

Kendati begitu merasa kasihan dengan sang bibik, Agus pun akhirnya memberi uang tersebut.

Namun Agus diberi jaminan sertifikat rumah setelah diberi uang tersebut.

“Agus merasa kasihan gimana nanti tempat tinggal Agus, jadi Agus merasa prihatin lihatnya, mangkanya Agus gunakan uang itu untuk kebaikan Agus karena wawa sudah ngurus Agus, dapat rezeki lebih kenapa gak dikasihkan ke wawa, itu juga tanpa sepengetahuan wawa, yang tahu itu anak-anak abah, mbak Via,” kata Agus.

“Istri Agus juga awalnya sempat bilang jangan karena itu uang donasi,” sambungnya.

“Sertifikat wawa juga di serahkan ke Agus, katanya gak enak karena Agus kan sakit, wawa bilang nanti uangnya di balikin, tapi Agus bilang gak usah,” imbuhnya.

Selain itu, Agus juga mengaku mengirimkan uang ke rekening kakaknya Rp50 juta.

Ia mengaku hal itu dilakukannya meminta sang kakak untuk memegangnya.

“Kalau yang di rekening kakak yang di Aceh Rp 50 juta, sebenarnya pengen lebih kesitu untuk jaga-jaga biar yang mengatur, tadinya mau mama yang pegang tapi kakak Ida yang buat rekening, di pisah gitu biar mama ada pegangan untuk bantu Agus belanja-belanja,” jelasnya.

Tak hanya itu, Agus juga mengakui uang Rp250 juta memang dikirimnya ke rekening istri, Elmi karena untuk mempermudah biaya pengobatan.

Pasalnya Agus mengaku rekeningnya tidak bisa mengirim limit yang besar sehingga memerlukan rekening istri untuk mempermudah saat membayar pengobatan di rumah sakit besar.

Meski begitu, Agus pula mengaku uang di rekening istri Rp 250 juta hingga saat ini masih utuh.

“Betul Rp250 juta di kirim ke istri karena kartua Agus kan gak bisa di gesek takutnya nanti kalau ke rumah sakit besar bayarnya kan pakai limit perlu uangnya cepat jadi bisa ditarik pakai ATM dia (Elmi), uangnya masih ada utuh, kita belum gunakan,” kata Agus Salim.

Baca juga berita lainnya di Google News

Ikuti dan Bergabung di Saluran Whatsapp Tribunsumsel.com

Leave a comment