Informasi Terpercaya Masa Kini

MENGENAL Widiyanti Putri Wardhana yang Masuk Daftar Menteri Prabowo Gibran,Ini Sosok dan Akun IGnya

0 2

TRIBUNJOGJA.COM – Nama Widiyanti Putri Wardhana masuk dalam daftar 49 menteri Prabowo-Gibran yang mengikuti Hambalang Retreat di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang pada Rabu (16/10/2024).

Widiyanti Putri Wardhana bisa dibilang masih cukup asing di telinga banyak orang. 

Lantas siapakah Widiyanti Putri Wardhana ini? Berikut sejumlah faktanya:

1. Pengusaha di bidang energi dan agrobisnis

Widiyanti Putri Wardhana adalah seorang pengusaha  yang berkiprah di sektor energi dan agrobisnis.

Saat ini, ia menjabat sebagai Komisaris PT Teladan Prima Agro (TPA) sejak 2021, sebuah perusahaan agribisnis yang mengelola perkebunan kelapa sawit berkelanjutan dan memproduksi energi terbarukan. 

Baca juga: DAFTAR Nama Kementerian Kabinet Prabowo Subianto dan Nama Calon Menteri

TPA merupakan perusahaan terbuka yang beroperasi di sektor agribisnis, dengan fokus pada pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan serta pengembangan energi terbarukan.

Bisnis utama TPA adalah pengolahan CPO dan pemanfaatan limbah sawit menjadi biomassa untuk menghasilkan listrik yang dijual ke PLN melalui anak usaha PT Daya Lestari. 

Perusahaan ini telah beroperasi sejak 2004, dengan lahan perkebunan tersebar di beberapa kabupaten di Kalimantan Timur, mulai dari Kabupaten Berau, Kutai Timur, Paser, hingga Kutai Kartanegara. 

Perusahaan ini menunjukkan komitmen terhadap praktik agribisnis yang berkelanjutan serta pemanfaatan limbah sebagai energi alternatif.

Selain berkecimpung di dunia bisnis, Widiyanti juga aktif di berbagai kegiatan sosial. 

Ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia (YJI) dari 2018 hingga 2024 dan menduduki posisi penting di berbagai yayasan lain seperti Yayasan Teladan Utama dan Yayasan Kawula Madani. 

Kepemimpinannya di bidang sosial mencerminkan komitmennya dalam membawa perubahan positif bagi masyarakat.

2. Putri konglomerat tambang

Widiyanti Putri Wardhana adalah putri dari pengusaha tambang Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pemilik Teladan Group dan pelukis Kartika Basuki ini memperoleh gelar Bachelor of Arts bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University, Malibu, California, AS pada 1993.

Latar belakang pendidikan yang solid dan pengalaman bisnis yang kaya menjadikan Widiyanti sosok yang berperan penting dalam mengembangkan sektor agribisnis dan energi di Indonesia.

Sebagai putri dari pengusaha tambang Wiwoho Basuki Tjokronegoro, yang juga pendiri Indika Energy dan Kideco Jaya Agung, Widiyanti telah mewarisi dan meneruskan jejak sukses keluarganya di sektor bisnis.

Suaminya, Wishnu Wardhana, pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Indika Energy Tbk pada periode 2007-2017. 

Dalam struktur kepemilikan TPA, suami Widiyanti memiliki saham sebesar 16,22 persen, sementara ayahnya menggenggam 0,17 persen . 

Mayoritas saham perusahaan dikuasai oleh PT Teladan Resources dengan kepemilikan 59,88 persen , yang juga masih terafiliasi dengan keluarga Wiwoho Basuki.

Dilihat dari laman resmi perusahaan, PT Teladan Resources, selain agribisnis dan energi, PT Teladan Resources memiliki portofolio yang luas, termasuk bisnis tambang batu bara melalui PT Indika Energy Tbk, serta mitra dalam proyek Freeport Indonesia melalui PT Mahaka Industri Perdana. 

Perusahaan ini juga memiliki aset di sektor properti, seperti The Capital Residence di Jakarta, serta jaringan media televisi PT Net Visi Media Tbk (Net TV).

Dengan pengalaman yang luas di sektor bisnis, baik energi maupun agribisnis, serta keterlibatan aktif di dunia sosial, Widiyanti Putri Wardhana adalah figur yang berpengaruh dalam peta industri Indonesia saat ini.

3. Dekat dengan Keluarga Prabowo

Perempuan yang lahir di tahun 1970 ini sempat membagikan kedekatan dengan keluarga Prabowo.

Widi Wardhana sempat mengunggah foto kebersamaannya dengan putra Prabowo, Didit Hedipresetyo yang merupakan fashion designer.

Foto itu diunggah pada 5 Juli 2024.

Ia juga pernah membuat unggahan ucapan ulang tahun kepada Didit pada 24 Maret 2024.

Tak cuma Didit, Widi Wardhana juga tak sedikit mengunggah foto ibunda Didit sekaligus mantan istri Prabowo, Titiek Soeharto.

Seperti ucapan ulang tahun kepada Titiek Soeharto pada 14 Aptil 2024 lalu.

Terbaru, Widi Wardhana mengunggah foto ucapan selamat atas pelantikan Titiek Soeharto sebagai Anggota DPR RI periode 2024-2029 pada 1 Oktober 2024.

“Selamat atas pelantikan Ibu @titieksoeharto menjadi Anggota DPR RI periode 2024-2029,” tulisnya.

Biodata Widiyanti Putri Wardhana

Nama Lengkap: Widiyanti Putri Wardhana

Nama Panggilan: Widi

Kewarganegaraan: Indonesia

Kelahiran: 1970

Pendidikan: Bachelor of Science in Business Administration, Pepperdine University, Malibu, California, USA (1993)

Nama Suami: Wishnu Wardhana

Ayah: Wiwoho Basuki Tjokronegoro (Pengusaha)

Anak: Katyana Wardhana, Katrina Wardhana

Profesi: Pengusaha, Filantropis

( Tribunjogja.com / Bunga Kartikasari )

Leave a comment