Informasi Terpercaya Masa Kini

Sekda Bintan Imbau ASN dan Elemen Masyarakat untuk Terapkan Nilai-Nilai Pancasila

0 2

BINTAN, KOMPAS.TV – Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, bertindak sebagai pembina dalam upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024.

Upacara ini diikuti oleh seluruh ASN di lingkup Komplek Perkantoran Bandar Seri Bentan, Selasa (01/10) di halaman Kantor Bupati Bintan.

Zulfajri Lubis selaku Ketua Komisi I DPRD Bintan yang membacakan Naskah Ikrar Kesaktian Pancasila menyampaikan bahwa sejak diproklamirkannya Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh kelengahan dan kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya kedaulatan negara.

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, seluruh elemen masyarakat diimbau supaya membulatkan tekad agar tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan serta menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan negara yang bersemboyankan Bhineka Tunggal Ika ini.

Sekda Bintan sendiri mengatakan bahwa Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum yang penting sekaligus pengingat untuk meningkatkan kinerja dan semangat kerja para abdi negara maupun pelayan masyarakat, sehingga nantinya momentum ini bisa merajut pulau dan merangkai negeri menuju pelaksanaan Pilkada yang demokratis dan menciptakan tingkat partisipasi yang baik. 

“Mari bersama kita mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta membulatkan tekad mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila melalui perilaku, tindakan dan perbuatan di lingkungan pekerjaan maupun di masyarakat,” ujar Ronny Kartika.

“Karena nilai-nilai Pancasila merupakan sumber kekuatan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan,” jelasnya.

Selain itu, ideologi Pancasila adalah pondasi bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan global. Untuk itu, Pancasila harus dijadikan sebagai pemersatu bangsa menuju Indonesia maju dengan bersinergi bersama untuk menghadapi berbagai tantangan.

Leave a comment