Informasi Terpercaya Masa Kini

Gaya Busana ala “Old Money” Kembali Digemari, Keanggunan Klasik yang Tak Lekang oleh Waktu

0 1

KOMPAS.com – Tren fesyen datang dan pergi. Namun, ada satu gaya yang tetap bertahan, yakni “old money”. Gaya klasik ini kini kembali memikat hati para pencinta mode, baik perempuan maupun laki-laki.

Lantas, apa sebenarnya gaya “old money” itu? Bayangkan penampilan keluarga bangsawan atau seseorang yang telah mewarisi kekayaan selama beberapa generasi. Itulah yang disebut gaya busana old money yang kini menginspirasi banyak orang.

Profesor hukum dari Stanford Law School, Richard Thompson Ford, dalam bukunya Dress Code: How the Laws of Fashion Made History, mendefinisikan gaya busana old money sebagai segala fashion item yang muncul di kalangan elites East Coast Amerika Serikat era 1950-an. Semisal, pakaian yang biasa dikenakan kalangan di asrama atau kampus Ivy League.

“(Fashion) items yang klasik, tidak trendi, dan dibuat untuk tahan lama. Fashion items ini tidak lekang oleh waktu dalam arti sesungguhnya. Fashion items yang dapat dipakai hari ini atau 100 tahun yang lalu tanpa terlihat aneh,” jelas Ford seperti dikutip dari GQ, Jumat (5/4/2024).

Berbeda dengan “new money” yang cenderung mencolok dan berlebihan, gaya berbusana “old money” justru sebaliknya. Mereka terlihat lebih subtle alias tidak menonjolkan merek pada pakaian atau aksesori yang dikenakan. Meski begitu, mereka tetap terlihat elegan.

Kesan elegan itu didapat karena pakaian yang dikenakan berbahan bagus, seperti katun, kasmir, atau wol, serta berpotongan pas, dan berwarna netral.

Masih dari sumber yang sama, penulis yang juga penganut gaya “old money” Zach Weiss mengungkapkan bahwa ada banyak “ilmu” di balik gaya tersebut.

“Ada beberapa versi berpakaian (old money), yang boleh dibilang tidak terlalu rapi, seperti penggunaan sweter rajut kasar yang disampirkan begitu saja di bahu,” jelas Weiss.

Ingin contoh nyata? Untuk perempuan, Anda bisa melihat gaya Carolyn Bessette-Kennedy. Istri mendiang John F Kennedy Jr ini dikenal dengan gaya minimalis nan elegan. Sementara untuk laki-laki, Pangeran William bisa menjadi inspirasi dengan setelan jasnya yang rapi.

Lalu, mengapa gaya ini kembali populer? Pembawa acara siniar fesyen bertajuk Articles of Interest, Avery Trufelman, punya teori menarik tentang hal tersebut.

“Kemungkinan ini merupakan reaksi terhadap banjir tren fesyen. Orang-orang ingin kembali ke gaya yang aman dan berkelas,” ucapnya.

Weiss menambahkan bahwa fenomena tersebut juga muncul akibat pascapandemi.

“Dulu kita ‘dipaksa’ berpakaian rapi untuk bekerja. Sekarang, orang-orang memilih berpakaian rapi karena keinginan sendiri,” tutur Weiss.

Lantas, bagaimana cara mengadopsi gaya old money ini dalam keseharian?

Pertama, fokuskan pada pakaian dasar (basic) berkualitas tinggi dengan potongan klasik. Blazer navy, kemeja putih crisp, dan celana chino menjadi pilihan yang tak pernah salah untuk gaya busana old money.

Pastikan bahan yang digunakan berkualitas baik, seperti wol untuk blazer dan katun untuk kemeja. Potongan yang pas di badan juga krusial. Terlalu longgar atau terlalu ketat akan merusak kesan elegan yang ingin Anda ciptakan.

Kedua, pilihlah warna-warna netral atau earth tone sebagai dasar palet busana Anda. Putih, krem, cokelat, navy, hitam, dan olive green menjadi warna khas gaya “old money“. Warna-warna tersebut tidak hanya mudah dipadukan, tetapi juga memberikan kesan elegan tanpa berlebihan.

Hindari warna-warna mencolok atau pola yang terlalu ramai karena bisa mengurangi kesan klasik yang ingin Anda tonjolkan.

Ketiga, perhatikan detail-detail kecil yang sering terabaikan. Kancing yang terbuat dari bahan berkualitas, jahitan yang rapi, dan aksesori yang tepat bisa membuat perbedaan besar dalam menciptakan kesan berkelas.

Jangan lupa untuk merawat pakaian Anda dengan baik. Pakaian yang bersih, rapi, dan tidak kusut akan selalu memberikan kesan elegan, bahkan jika sudah dipakai bertahun-tahun. Ingat, gaya “old money” bukan tentang mengikuti tren terbaru, melainkan soal memiliki dan merawat item-item klasik yang tahan lama.

Sempurnakan dengan perhiasan

Untuk menyempurnakan gaya “old money“, perhiasan juga memegang peran penting. Meski begitu, tidak semua perhiasan diaplikasikan begitu saja. Pilihlah perhiasan berlian yang elegan dan timeless. Koleksi dari MONDIAL adalah salah satu yang bisa dijadikan pilihan.

Berdiri sejak 1979 dan pertama kali membuka butik di Singapura, MONDIAL kini diakui secara global sebagai merek perhiasan berkualitas tinggi.

Salah satu keunggulan MONDIAL adalah koleksi branded diamonds internasionalnya. Setiap berlian MONDIAL diproduksi dengan standar kualitas tinggi. Hal ini menjamin bahwa setiap perhiasan yang Anda kenakan memancarkan kemewahan dan keanggunan tak tertandingi.

Sebagai The House of Brands, MONDIAL pun konsisten menghadirkan beragam koleksi branded diamonds yang eksklusif. Keberadaannya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta perhiasan yang menginginkan pengalaman berbelanja istimewa.

Jeweler internasional Julia Chafe bahkan mengakui keunggulan MONDIAL dengan ulasan positif terhadap The Medallion Brooch. Pengakuan ini semakin menegaskan posisi MONDIAL sebagai salah satu pemimpin dalam industri perhiasan global.

Populerkan kembali tren perhiasan bros

MONDIAL telah menjadi salah satu pionir dalam memopulerkan kembali tren perhiasan bros. The Medallion Brooch yang merupakan bagian dari MONDIAL Precious Collection dan hasil kolaborasi dengan aktor kenamaan Nicholas Saputra telah menjadi ikon tersendiri. Ia terlihat mengenakan bros tersebut dalam berbagai kesempatan istimewa.

Tidak hanya Nicholas, beberapa figur publik terkemuka lain juga memilih bros perhiasan dari MONDIAL untuk melengkapi penampilan mereka. Sebut saja Lukman Sardi dan Atiqah Hasiholan.

Kehadiran bros perhiasan MONDIAL ini memberikan sentuhan mewah dan elegan, serta sekaligus menjadi bagian dari tren fesyen yang kembali digandrungi.

Tren perhiasan bros memang kembali meraih popularitas pada 2024, terutama terlihat di berbagai peragaan busana musim gugur dan dingin.

Rumah mode Miu Miu, misalnya, menampilkan beragam penampilan yang dipenuhi dengan bros perhiasan. Tory Burch juga ikut meramaikan tren ini dengan menampilkan atasan berbahan jala yang dihiasi bros perhiasan. Bahkan Chanel memberikan sentuhan unik dengan menghadirkan model-model yang mengenakan topi besar berhiaskan bros perhiasan mewah.

Tren itu juga merambah ke street style. Hal ini terlihat dari para fashionista yang mengenakan bros perhiasan klasik selama fashion month. Di Copenhagen, seorang pengunjung fashion week terlihat mengenakan bros kristal berhias huruf “L” di kerah jaketnya.

Sementara di New York, penata gaya dan influenser Karen Blanchard menyempurnakan rok maxi tie-dye Altuzarra-nya dengan bros berbentuk tangan perak.

Bros juga menjadi sorotan di acara Oscars pada 10 Maret 2024. Sutradara Celine Song memadukan blazer hitamnya dengan bros gajah emas, sedangkan aktris Sandra Hüller memukau dengan gaun Schiaparelli yang dihiasi bros berbentuk kunci.

Aktor-aktor pria seperti Cillian Murphy dan Robert Downey Jr juga turut memperindah setelan jas mereka dengan pin yang mencolok. 

Gelar perayaan ulang tahun eksklusif

Untuk melihat koleksi-koleksi MONDIAL sebagai pelengkap gaya busana old money, Anda bisa mendatangi acara ulang tahun (anniversary event) eksklusif bertajuk “September: A Tale of the Blue House” pada 28 September 2024 di Four Seasons, Jakarta.

Dalam peringatan hari jadi ke-45 MONDIAL itu akan ditampilkan kreasi perhiasan mewah terbaik dari MONDIAL, termasuk koleksi Branded Diamonds, Men’s Jewellery, MONDIAL Precious, MONDIAL Fantasy, dan Gala Collection.

Tema “A Tale of the Blue House” yang diusung dalam perayaan ulang tahun ke-45 MONDIAL melambangkan perjalanan merek sebagai rumah perhiasan terkemuka. Acara ini akan memamerkan warisan MONDIAL dalam menyediakan berlian bermerek, keahlian pengerjaan yang luar biasa, desain inovatif, dan layanan pelanggan yang istimewa.

Salah satu koleksi unggulan MONDIAL adalah Love Gala Collection yang merupakan pengembangan dari Gala Collection. Koleksi ini menawarkan perpaduan antara elemen desain klasik dan modern yang terinspirasi dari perhiasan gaya Eropa.

Paduan itu menjadikan Love Gala Collection terlihat timeless, tapi tetap relevan dengan tren terkini, serta mewah sehingga sempurna untuk berbagai acara khusus.

Keunikan Love Gala Collection terletak pada penggunaan kombinasi material, seperti round diamond, precious stones, dan fancy shaped diamond sehingga unik dan indah. Setiap perhiasan, mulai dari kalung berlian, cincin, gelang berlian, hingga anting, dalam koleksi ini pun dirancang dengan sangat detail dan teliti guna menonjolkan kemewahan dan keanggunan.

Selain Love Gala Collection, MONDIAL juga menawarkan berbagai koleksi lainnya yang tak kalah menarik.

MONDIAL Fantasy Collection, misalnya, merupakan koleksi perhiasan berlian eksklusif yang dipersembahkan khusus untuk perempuan dan laki-laki modern yang ingin tampil beda dan memukau.

Terinspirasi dari keindahan alam, Fantasy Collection memadukan imajinasi dan keahlian para pengrajin MONDIAL untuk menciptakan perhiasan unik, multifungsi, dan berkelas.

Untuk yang mencari berlian dengan kualitas terbaik, MONDIAL menawarkan Mondial Excellent Cut (MEC) Ultimate.

Berlian MEC Ultimate menampilkan cut, clarity, carat, dan color luar biasa dengan 49 parameter penilaian ketat. MEC Ultimate menawarkan seleksi berlian terluas, verifikasi dan validasi oleh gemolog berpengalaman, serta sertifikasi oleh dua lembaga internasional.

Bagi pencinta berlian dengan kilau api yang menakjubkan, MONDIAL FireMark menjadi pilihan yang tepat.

Berlian FireMark memiliki double crown yang mampu memantulkan 95 persen light return seperti berlian round shape. Potongan yang detail, simetris, serta proporsi yang ideal menciptakan efek api yang memukau.

Tidak ketinggalan, MONDIAL juga menawarkan Frank Gold, lini perhiasan emas premium dari Central Mega Kencana (CMK).

Frank Gold menggunakan material premium dan teknologi Italia terbaru, menghadirkan desain klasik yang juga trendi dan up-to-date. Koleksi terbaru Frank Gold menampilkan 6 pasang desain anting-anting geometris dari Geometric Collection berupa hoop earrings emas 18 karat dengan desain Italia edgy dan modern.

Dengan berbagai pilihan koleksi yang ditawarkan, MONDIAL membuktikan dirinya sebagai merek perhiasan yang tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga menciptakan tren. Setiap perhiasan MONDIAL dirancang untuk menjadi statement piece yang memperkuat gaya “old money” Anda serta memberikan sentuhan elegansi dan keanggunan yang tak lekang oleh waktu.

Informasi lebih lengkap terkait ragam perhiasan MONDIAL bisa didapat lewat website resminya atau dengan mengunjungi akun Instagram @mondial.

Leave a comment