Informasi Terpercaya Masa Kini

Viral Diakon Asal India Disebut Mirip Yesus saat Misa Agung Paus Fransiskus

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Misa Agung yang dipimpin Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024 dihadiri sekitar 87 ribu umat Katolik dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian adalah kemunculan Diakon asal India bernama Arockia Viknesh Thanislaus yang parasnya disebut mirip dengan sosok Yesus.

Setelah Paus Fransiskus memberikan berkat penutup di akhir misa dan meninggalkan altar, sorot kamera tiba-tiba tertuju kepada Arockia Viknesh. Wajahnya muncul di layar besar kanan-kiri altar maupun dalam siaran langsung di berbagai kanal YouTube dan siaran televisi.

Terdengar suara gemuruh umat di Stadion Utama GBK selama Arockia Viknesh tersorot kamera. Rambut keriting panjang hingga janggut yang tebal membuatnya disebut mirip dengan penggambaran Yesus selama ini. “Ada Tuhan Yesus di layar kita,” kata salah satu romo yang menjadi MC dalam acara tersebut.

Menyadari dirinya tengah menjadi sorotan, Arockia Viknesh kemudian tersenyum dan melambaikan tangan ke arah kamera. Momen singkat tersebut diabadikan sejumlah pihak kemudian menjadi viral di media sosial.

Arockia Viknesh adalah Diakon Asal India

Diketahui Arockia Viknesh Thanislaus merupakan diakon asal India yang bertugas melayani umat di Maumere, Nusa Tenggara Timur. Romo Aloysius Wahyu Endro Suseno yang menjadi Pastor Paroki St. Maria Fatima, Lembang, membagikan foto bersama dengan Arockia Viknesh seusai misa agung yang dipimpin langsung oleh pemimpin tertinggi agama Katolik, kemarin di GBK.

Diakon Arockia Viknesh @vikneshmgl dari India. Mirip siapa yah? Kayak pernah lihat. Semoga bukan cuma cosplay,” tulis Romo Aloy di Instagram pribadinya pada Jumat, 6 September 2024.

Sejumlah umat mengira bahwa Arockia Viknesh merupakan romo atau pastor. Namun Romo Aloy memastikan bahwa Arockia Viknesh adalah diakon. “Betul, masih diakon,” tulis Romo Aloy membalas salah satu komentar netizen.

Hierarki Gereja Katolik terdiri dari Paus, uskup, imam, dan diakon. Sebelum ditahbiskan, seorang calon imam akan menerima Tahbisan Diakon. Diakon merupakan salah satu pembantu uskup, selain imam.

Mengutip dari Pena Katolik, diakon dapat membaptis, berkhotbah selama misa, meresmikan pernikahan Katolik, dan bahkan menjalankan paroki (dengan izin uskup setempat). Diakon juga dapat memimpin layanan komuni selama misa. Namun, diakon tidak dapat melakukan konsekrasi pada perayaan Ekaristi atau mendengarkan pengakuan dosa. Mereka tidak dapat melaksanakan Sakramen Penguatan atau Pengurapan Orang Sakit.

Komentar Lucu Warganet terhadap Diakon yang Mirip Yesus

Sejak kemarin warganet terus membicarakan Arockia Viknesh Thanislaus di media sosial karena penampilannya. Tidak sedikit yang penasaran dengan diakon asal India tersebut.

Itu yang mirip papi J di GBK ternyata diskon yang mau ditahbiskan, kira-kira nanti tugasnya dimana ya, penasaran sama gerejanya tiap hari ketemu sama yang mirip Tuhan Yesus,” tulis areaof***. “Tadi misa bareng di gereja pada ketawa semua pas romonya ngomong ada Yesus,” tulis @AHGA***. “Walaupun sulit, tapi kami masih menikmati hidup kami kok Bapa… Jangan dulu datang ya…” tulis @Far***.

Pilihan Editor: Deretan Selebritas Tanah Air yang Mengikuti Misa Agung Paus Fransiskus

Leave a comment