Informasi Terpercaya Masa Kini

Alasan Nisya Ahmad Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar Meski Suara Kalah,Adik Raffi Ahmad Bisa Lolos

0 3

SRIPOKU.COM – Dilantiknya Adik Raffi Ahmad, Nisya Ahmad sebagai  anggota DPRD Jawa Barat banyak dipertanyakan publik.

Pasalnya suara Nisya Ahmad sempat kalah di Pilkada 2024.

Nisya Ahmad cuma meraih suara yang sedikit dan kalah dengan teman separtainya. 

Nisya Ahmad diketahui mencalonkan sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari PAN ini memperoleh 50.422 suara sah.

Nama Nisya Ahmad tercatat dalam Pileg 2024 daerah pemilihan (Dapil) 2 Kabupaten Bandung.

Suaranya ini faktanya jauh dari perolehan suara Thoriqoh Nashrullah Fitriyah, rekan separtai nya ini mendapatkan 58.495 suara sah.

Nama Nisya Ahmad muncul dalam Surat Keputusan KPU Jabar Nomor 23 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Keputusan KPU Jabar Nomor 17 tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Jabar dalam Pemilu 2024, yang diterbitkan pada 17 Agustus 2024.

Baca juga: Alasan Keluarga Ogah Jadi Saksi di Sidang Cerai Nisya Ahmad & Andika Rosadi Bocor, Pihak PN Bersuara

Dalam surat tersebut, Nisya Ahmad tercatat sebagai calon terpilih anggota DPRD Jabar dari daerah pemilihan Jawa Barat 2, yakni Kabupaten Bandung.

Nama Nisya muncul di antara sembilan nama calon terpilih lainnya, yang tidak mengalami perubahan dari surat keputusan sebelumnya.

Thoriqoh sendiri sebelumnya ditetapkan menjadi calon terpilih melalui Keputusan KPU Jabar Nomor 17 tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Jabar dalam Pemilu 2024 yang diterbitkan pada 24 Mei 2024.

Setelah keputusan mengenai perubahan ketiga yang mencantumkan nama Nisya Ahmad tersebut muncul, laman resmi JDIH KPU Jabar pun tidak menerbitkan surat perubahan lainnya hingga hari pelantikan.

Penjelasan KPU Soal Pelantikan Nisya Ahmad

Nisya Ahmad dilantik dan diambil sumpah atau janjinya bersama 119 calon terpilih lainnya menjadi Anggota DPRD Jawa Barat periode 2024-2029 di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (2/9/2024).

Tentang proses bagaimana bisa adik aktor dan presenter Raffi Ahmad ini Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar, Adi Saputro memberikan penjelasan.

KPU Jabar menyebut jika Nisya Ahmad bisa menggantikan Thoriqoh Nashrullah Fitriyah karena yang bersangkutan telah mengundurkan diri.

Otomatis Thoriqoh digantikan Hidayatunnisya Asyria Putri Karmana atau Nisya Ahmad.

Adi Saputra mengatakan, sebelum pelantikan Thoriqoh telah mengajukan pengunduran diri.

Sehingga, KPU memanggil yang bersangkutan termasuk dari partai politik pengusungnya.

“Partai politik memberikan surat ke KPU, baru kami klarifikasi dengan syarat mengudang partai politik dan caleg terpilih. Kami klarifikasi, betul tidak. Jangan sampai bahasa mengundurkan diri, tapi orang yang bersangkutan tidak merasa mengundurkan diri,” ujar Adi, Senin (2/9/2024).

Setelah dilakukan klarifikasi, kata dia, KPU kemudian mengundang partai politik dan anggota DPRD terpilih yang mengundurkan diri.

“Setelah itu, kami membuat berita acara, sudah clear, berarti kami revisi penetapan caleg terpilih, termasuk Bu Thoriqoh itu. Jadi Mbak Nisya Ahmad itu adalah pengganti calon terpilih karena Bu Thoriqoh mengundurkan diri,” katanya.

Adi mengaku tidak tahu pasti apa alasannya pengunduran dirinya. Sebab, selain Thoriqoh terdapat sejumlah anggota DPRD Jabar terpilih lainnya yang mengundurkan diri.

“Tidak hanya Bu Thoriqoh sebenarnya, yang sudah mengundurkan diri ada yang menjadi calon kepala daerah, ada yang meninggal, dan segala macam,” katanya.

“Ada, Lucky Hakim (Partai NasDem) mengundurkan diri, yang meninggal dunia itu dua tapi saya lupa lagi dari PAN dan PKB. Lalu dari PKS mengundurkan diri,” tambahnya.

Menurutnya, penggantian Thoriqoh oleh Nisya pun tidak menyalahi aturan atau sesuai dengan ketentuan di PKPU Nomor 6 Tahun 2024 Pasal 48 ayat 1 poin b, tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum.

“Jadi, kalau memang caleg terpilihnya meninggal dunia, mengundurkan diri, ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dan tidak memenuhi syarat, itu bisa diganti oleh pengganti calon terpilih. Tapi kalau sudah dilantik, maka mekanisme penggantinya nanti PAW (pergantian antar waktu),” ucapnya.

Datangi Pelantikan, Ini Janji Nisya Ahmad Usai Sah Jadi Anggota DPRD Jabar

Datang ke pelantikan berbaju biru dan berkacamata hitam, Nisya Ahmad terus mengumbar senyumnya mengenakan kebaya biru , warna PAN, partai yang mengusungnya ke kursi wakil rakyat.

Nisya datang dengan memakai kacamata hitam.

Ia pun memosting kegiatannya ini di instagramnya. 

Adik Raffi Ahmad ini mengaku bersyukur mendapat tugas dan tanggung jawab baru sebagai wakil rakyat untuk Kabupaten Bandung yang masuk daerah pemilihan (dapil) Jabar 2.

“Alhamdulillah, saya dapat kewajiban sama tanggung jawab yang baru. Mudah-mudahan bertanggung jawab dan bisa mengemban tanggung jawab baru,” ujar Nisya.

Nisya siap ditempatkan di komisi manapun, dan bakal bekerja sebaik-baiknya.

“Nanti biar itu dirapatin dulu, kita lihat nanti cocoknya di mana, sama sajalah ya, yang penting kalau sudah dapat tugas dikerjakan dengan baik,” ucapnya.

Semntara di instagramnta, Nisya Ahmad mengucap syukur atas pelantikannya jadi anggota DPRD Jabar kemarin.

Beirkut unggahannya di caption foto yang menunjukkan dirinya berkebaya biru siap dilantik jadi wakil rakyat.

Tidak ada ada kata” lain , selain mengucap syukur dan terimakasih kepada Allah SWT , Keluarga ,semua pihak yang sudah sama” berjuang bersama dengan tulus dan untuk semua yang sudah mendoakan ….

Jangan pernah berhenti untuk belajar tentang apapun di hidup ini , dan terus berbuat baik untuk dunia dan akhirat kita …

Sebaik-baik Manusia Adalah yang Bermanfaat bagi Orang Banyak

Menjaga Amanah dan Istiqomah untuk Siap Mengabdi dan Berjuang bersama dan untuk Seluruh Rakyat Indonesia ????????

Haturnuhun Sadayana …

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti, allahummaa hawwin ‘alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzaa ban naar.

“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan atau kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmar di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Dalam postingannya itu, Nisya Ahmad tak hanya memajang foto saat pelantikannya jadi anggota DPRD.

Nisya terlihat memamerkan foto di masa kecilnya hingga tumbuh menjadi remaja dan sampai pada pencapaiannya sekarang ini. 

Terlihat pula kebersamaannya dengan sang kakak, Raffi Ahmad. 

Uniknya, tak terlihat sosok Andika Rosadi, suami yang saat ini sedang digugat cerai Nisys Ahmad.

Nisya Ahmad menyatakan kesiapannya menjadi anggota DPRD Jabar dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Hal itu diungkapkan adik Raffi Ahmad setelah dilantik di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (2/9/2024).

Dia bersyukur mendapat tugas dan tanggung jawab baru sebagai wakil rakyat untuk Kabupaten Bandung yang masuk daerah pemilihan (dapil) Jabar 2.

“Alhamdulillah, saya dapat kewajiban sama tanggung jawab yang baru. Mudah-mudahan bertanggung jawab dan bisa mengemban tanggung jawab baru,” ujar Nisya.

Nisya siap ditempatkan di komisi manapun, dan bakal bekerja sebaik-baiknya.

“Nanti biar itu dirapatin dulu, kita lihat nanti cocoknya di mana, sama sajalah ya, yang penting kalau sudah dapat tugas dikerjakan dengan baik,” ucapnya.

 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com

Leave a comment