Informasi Terpercaya Masa Kini

Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series Dukung Performa yang Lebih Efisien,Cepat dan Efektif

0 2

TRIBUNJOGJA.COM – AMD menggelar acara ‘Advancing Tomorrow with  AMD Ryzen™ AI 300 Series Processor’ pada Jumat (4/10/2024) di Yogyakarta. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Prosesor AMD Ryzen™ AI 300 series dengan Neural Processor Unit (NPU) terkuat didunia untuk PC AI generasi berikutnya. 

Sekaligus fitur-fitur teknologi terbaru yang dapat mendukung dan menjadi pilihan sehingga pengguna dapat semakin kreatif dan produktif di segala aktivitas yang dijalani.

Consumer Business Development Manager , AMD Indonesia, Charly Saputra mengungkapkan perkembangan artificial intelligence (AI) di Indonesia sangat berkorelasi dengan pengguna internet dimana pada tahun 2023 tercatat ada 213 juta atau lebih dari 77 persen populasi Indonesia sudah menjadi pengguna internet dan juga pertumbuhan startup yang memanfaatkan teknologi ini dalam menunjang kegiatan bisnis.

Seiring dengan nilai baru yang dibawa pula, kemajuan AI turut mendorong pengalaman produktivitas bekerja menjadi lebih efektif dan efisien. 

“AMD hadir menggunakan AMD Ryzen™ AI 300 Series di mana ini adalah generasi ketiga, dihadirkan atas jawaban atas permintaan terknologi yang ada di dunia,” ujarnya. 

Teknologi ini memberikan sesuatu yang lebih simple dan efisien kepada konsumen dan pengguna supaya mereka dapat mengerjakan semua aktivitas bekerja menjadi lebih efisien, lebih cepat dan efektif. 

Penggunaan laptop prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series adalah pilihan bagi para pengguna yang membutuhkan komputasi kinerja bertenaga juga efisiensi daya maksimal. 

Bahkan berkat arsitektur terbarunya yaitu “Zen 5” dan “Zen 5c” dengan konfigurasi tertinggi hingga 12 Core dan 24 Thread saat ini, ditambah dengan dukungan grafis terintegrasi AMD Radeon™ 800M serta arsitektur grafis RDNA 3.5 membuat laptop prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan baik itu produktivitas, kreasi  konten, maupun gaming AAA.

 

“Membuat semua pengguna baik itu pengusaha, profesional, mahasiswa, konten kreator, gamers, semua pekerjaan akan jadi lebih ringkas, efisien, cepat,” imbuhnya. 

Sementara itu, Armawati Cen, Consumer Business Development AMD Indonesia, mengatakan dengan perpaduan fitur teknologi AI yang telah tersemat dalam perangkat laptop berprosesor AMD Ryzen™ AI 300 series, pengguna akan merasakan pengalaman komputasi mengesankan dengan efisiensi daya dan performa kencang yang optimal. 

 

Prosesor AMD Ryzen AI 300 series mendorong batas pada apa yang mungkin dilakukan dengan menampilkan performa APU tercepat, NPU paling bertenaga di dunia dengan 50 TOP, dan NPU block floating point pertama di dunia yang menggandakan performa aplikasi 16-bit tanpa mengorbankan akurasi. 

Sebagai prosesor generasi ketiga, AMD Ryzen™ AI 300 series menghadirkan AI terdepan dan kinerja komputasi untuk PC CoPilot+ ultrathin dan premium. 

Copilot+, membuka dunia pengalaman AI baru pada laptop AI generasi berikutnya. Dibangun pada arsitektur AMD XDNA™ 2 yang baru, NPU baru ini menawarkan 50 TOPS kekuatan pemrosesan AI, melampaui persyaratan PC Copilot+ AI, dengan kinerja mesin AI tiga kali lipat dibandingkan AMD Ryzen™ AI generasi kedua. 

Di dukung arsitektur terbaru, Prosesor AMD RyzenTM AI 300 series ini dilengkapi hingga 12 core dan 24 multithread dengan arsitektur “Zen 5 dan Zen 5C” dan memori L3 cache 50 persen lebih banyak dibandingkan dengan prosesor “Zen 4” sebelumnya memberikan performa kencang pada laptop ultrathin. 

Dengan arsitektur AI yang canggih dan kinerja supercharged untuk gaming dan produktivitas elit, generasi ketiga seri AMD Ryzen™ AI memungkinan kehebatan komputasi laptop yang privat, responsif, dan cerdas. 

Adapun di Indonesia, prosesor AMD RyzenTM AI 300 Series tersedia di berbagai lini laptop gaming, content creation dan produktivitas dari para mitra OEM seperti  ASUS TUF  A14 & A16,  ASUS ROG Zephyrus G16 , Asus Vivobook S 14, Asus Vivobook Pro Art, MSI Stealth A16, MSI Summit A16, Acer Swift 14 AI dan Lenovo Yoga PRO 7.(*)

Leave a comment