Informasi Terpercaya Masa Kini

Dokter Soroti Sebab Marissa Haque Meninggal Saat Tidur Tanpa Riwayat Penyakit,Duga Kematian Jantung

0 3

SRIPOKU.COM – Dugaan penyebab Marissa Haque meninggal secara tiba-tiba disoroti dokter.

Adapun penyebab Marissa Haque meninggal dunia secara mendadak saat tidur masih belum terungkap.

Namun diduga Marissa Haque mengalami masalah jantung.

Dimana diketahui Marissa Haque meninggal dunia pada Rabu dini hari tadi, 2 Oktober 2024, sekitar pukul 02.00 di Rumah Sakit Premier Bintaro, Jakarta Selatan.

Kabar kematian ini cukup mengejutkan publik lantaran pihak keluarga menyatakan, istri penyanyi Ikang Fauzi itu tidak memiliki riwayat penyakit.

Melihat kondisi tersebut, dokter spesial jantung Dr Vito A Damay. SpJP (K) mengkaitkan kejadian itu dengan masalah jantung.

“Kasus meninggal mendadak dalam tidur, terutama jika sebelumnya tidak ada riwayat penyakit, seringkali memang berkaitan dengan masalah jantung,” kata dia saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (2/10/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, kondisi ini sering kali disebut sebagai Sudden Cardiac Death (SCD) atau kematian jantung mendadak, di mana jantung berhenti secara tiba-tiba.

Baca juga: Isyarat Marissa Haque soal Kematian Mendadak Jadi Kenyataan, Curhat ke Ikang Fawzi: Enak Kali Ya

Dokter Vito menuturkan, meski keluarga tidak mengetahui adanya riwayat penyakit, kasus sumbatan pembuluh darah kadang tidak terdeteksi atau tidak terdiagnosis hingga terjadi kejadian mendadak. 

Hal ini seringkali terjadi karena keengganan perempuan melakukan pemeriksaan kesehataan rutin atau medical check up.

“Merasa sehat tidak ada keluhan atau merasa takut diketahui punya penyakit jantung,” tutur dia.

Namun secara umum, peristiwa meninggal mendadak dalam tidur memang seringkali disebabkan masalah jantung

Penting untuk dicatat untuk memastikan penyebab kematian, pemeriksaan lebih lanjut seperti autopsi atau tes medis diperlukan.

Adapun jenazah Marrisa Haque dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, kabar duka ini disampaikan anak Ikang Fauzi dan Marissa Haque, Chiki Fawzi memajang kabar duka jika ibunya meninggal melalui akun media sosialnya, Rabu (2/10/2024) pagi.

Marissa Haque  meninggal secara mendadak pada Rabu (2/10/2024) dini hari.

Yang tahu pertama kali adalah suaminyaIkang Fawzi.

Kepergian Marissa menegjutkan karena ia tak memiliki riwayat penyakit dan sebelumnya beraktivitas seperti biasa.

Soraya mengatakan, Marissa ditemukan sudah tidak bergerak di kamar tidurnya oleh sang suami, Ikang Fawzi.

“(Meninggal) Di kamar tidurnya. Enggak ada apa-apa. Di kamar tidurnya aja, udah ajal. Suaminya lah yang tahu. (Marissa) Sudah dalam keadaaan tidak bergerak,” kata Soraya saat ditemui di rumah duka di Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu.

Untuk memastikan, keluarga saat itu langsung membawa Marissa ke rumah sakit.

Pukul 00:43, keluar surat kematian yang menyatakan Marissa meninggal dunia.

“Setelah tahu enggak bergerak, dibawa ke rumah sakit untuk memastikan. Keluar surat kematian pukul 00:43,” ujar Soraya.

Soraya memastikan sebelumnya Marissa dalam keadaan sehat atau tidak sakit.

Selain itu, juga tidak diketahui apakah ada sesak napas sebelumnya.

Soraya juga membantah kakaknya sempat terjatuh sebelum meninggal.

“Tidak sesak napas, sudah tidak bergerak. Kalau ditanya ada penyakit apa, tidak ada penyakit apa-apa. Kondisi baik-baik saja semuanya,” kata Soraya.

Soraya mengatakan, kepergian kakaknya memang sudah kehendak Yang Maha Kuasa.

“Manusia kan bisa menghadap kepada Sang Pencipta bisa melalui berbagai cara. Ada yang bisa melalui penyakit. Ada yang usia muda atau dengan cara yang tidak dapat diduga. Dan saya pikir ini salah satu yang didapat kakak saya,” ucap Soraya.

Meninggal Saat Baca Alquran

Putri Marissa Haque, Chiki Fawzi mengungkap kondisi terakhir sang ibu saat meninggal dunia. 

Diketahui tak memiliki riwayat penyakit apa pun, Marissa ditemukan wafat saat tertidur di kamarnya. 

Sang putri menyebut, ibunya meninggal saat membaca Alquran. 

“Tiba-tiba meninggal pas lagj baca Quran,” tulis Chiki Fawzi melalui Instagram Storynya, dikutip Kamis (3/10/2024). 

Kendati tak siap ditinggal ibu untuk selamanya, Chiki mengaku ikhlas. 

“Aku gak siap bu, tapi aku ikhlas,” tandasnya. 

Ia lantas mengungkapkan rasa cintanya pada kakak Soraya Haque itu. 

“Sayang ibu,” sambungnya menyematkan emoji hati berwarna putih. 

Dalam unggahan lain, Chiki juga menyingkap bagaimana sosok Marissa. 

“Aku belum sholehah, ibuku yang sholehah.  Meninggalnya lagi baca Quran di tempat tidur.  Ya Allah jannah ibuku,” bebernya. 

Tak Pernah Sehancur Ini

Kepergian Marissa Haque yang mendadak pada Rabu (2/10/2024) dinihari benar-benar membuat hati rocker dan aktor Ikang Fawzi rapuh.

Selama menjadi suami Marissa Haque hampir 4 dekade, hati Ikang Fawzi tak pernah sehancur saat sang istri pulang ke pangkuan Ilahi. 

Hancurnya hati Ikang Fawzi sudah terlihat sejak jenazah Marissa Haque dibawa pulang ke rumah mereka di kawasan Bintaro Tangerang Selatan. 

Kehancuran hati seorang Ikang Fawzi semakin terasa saat Marissa Haque diantar ke peristirahatan terakhirnya. 

Marissa Haque dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada Rabu sore. 

Sang musisi terlihat tertunduk lesu, sambil keluar dari rumah duka Ikang Fawzi menangis dan dituntun oleh sang anak, Chiki Fawzi.

Ikang Fawzi juga terlihat lemah lunglai, ia tidak bisa berdiri dan berjalan seperti biasanya ketika mengantarkan jenazah istrinya memasuki mobil ambulans. Sebelum memasuki mobil jenazah, Ikang Fawzi sempat memberikan pernyataannya sambil menangis haru.

“Istri saya yang tercinta, Allah… telah pergi, ya Allah, semoga amalnya diterima Allah, diampuni segala dosa-dosanya, semoga dilancarkan dalam perjalanannya ya Allah, terima kasih banyak, makasih,” ujar Ikang Fawzi sambil menangis, Rabu (2/10).

Chiki Fawzi yang menuntun sang ayah meminta doa untuk mendiang sang ibu “Mohon doanya buat ibu saya,” lanjut Chiki sambil sesenggukan.

Shahnaz Haque, adik bungsu Marissa Haque mengatakan kakak iparnya itu tak pernah terlihat sehancur ini. Kepergian  Marissa Haque benar-benar menguras kesedihan Ikang Fawzi. 

“Ikang kulihat tak pernah sehancur ini. Dulu saat orangtua, kakak dan saudaranya yang lain meninggal, dia tidak sesedih ini,” kata Shahnaz Haque ditemui di TPU Tanah Kusir usai pemakaman Marissa Haque.

Shahnaz Haque bersama suaminya Gilang Ramadan, memandang jika wajar Ikang Fawzi sehancur sekarang, karena kepergian Marissa Haque cukup mendadak. 

Marissa Haque tutup usia secara mendadak setelah sebelumnya tampak sehat. 

Beberapa jam sebelum meninggal, ia masih sempat mengajar dan bahkan update Instagram Story.

Senada dengan sang adik, Soraya Haque juga mengatakan jika kepergian mendadak sang kakak, Marissa Haque memang membuat Ikang Fawzi sangat syok, dan sedih.

“Tapi yang saya lihat Ikangnya, dan anak-anak yang perlu untuk dikuatkan, karena memang kepergiannya itu tanpa sakit, kemudian juga tanpa ada tanda apa pun juga. Jadi saya pikir mungkin ini sesuatu yang sifatnya sangat cepat,” ucap Soraya.

Kronologis Meninggalnya Marissa Haque

Soraya Haque membeberkan kronologi meninggalnya sang kakak, Marrisa Haque. Marrisa Haque meninggal dunia tanpa riwayat sakit. 

Keluarga menuturkan Marrisa Haque masih sempat beraktivitas seperti biasanya dan berkumpul bersama keluarga di ruang tamu. “Sebetulnya kalau dengan tidak adanya kakak saya, kalau menurut keluarga, terutama Ikang, suaminya itu, tidak pakai gejala apa-apa,” kata Soraya.

Namun dalam momen tersebut Marrisa Haque seketika sudah tidak lagi bergerak. “Jadi seperti biasa, mereka beraktivitas, kemudian pulang ke rumah, kemudian pada malam hari mereka bertemu di ruangan atas, dan menurut info, kakak saya sudah tidak bergerak lagi,” ujar Soraya.

Hal itu kemudian membuat keluarga panik dan akhirnya dicarikan ke rumah sakit Premiere, Bintaro.  

“Artinya dengan cepat koordinasi, akhirnya dibawalah ke rumah sakit Premiere Bintaro untuk mendapatkan kepastian apakah memang sudah terjadi kematian atau tidak, untuk keluar dari surat kematian,” ungkapnya.

“Meninggalnya kalau dilihat sudah tidak bergerak, menurut keluarga itu sudah di rumah,” tandasnya.

Leave a comment