Informasi Terpercaya Masa Kini

Apa Itu MetaHuman? Teknologi yang Munculkan Nike Ardilla di Synchronize Fest 2024

0 2

TRIBUNNEWS.COM – Apa itu MetaHuman? berikut penjelasan teknologi yang munculkan penyanyi Nike Ardilla dalam konser Synchronize Fest 2024.

Teknologi MetaHuman baru-baru ini sering digunakan dalam berbagai keperluan, termasuk dalam gelaran konser Synchronize Fest 2024.

Pada gelaran musik tersebut, mendiang Nike Ardilla dihadirkan dengan menggunakan MetaHuman.

MetaHuman sosok musisi legendaris itu membuat penonton Synchronize Fest 2024 penasaran akan keasliannya.

Sebab sosok Nike Ardila tampil dengan jaket dan celana jins, serta rambut pendek khas miliknya.

Penampilan MetaHuman Nike Ardilla yang tampak seperti kenyataan itu sontak membuat heboh penonton dan penyanyi kolaborator dalam konser tersebut.

Lantas, apa itu MetaHuman?

Simak penjelasan tentang teknologi MetaHuman Nike Ardilla di Synchronize Fest 2024, yang Tribunnews.com rangkum dari berbagai sumber, berikut ini.

Apa itu MetaHuman?

Dilansir Unrealengine.com, MetaHuman adalah teknologi yang mampu menciptakan karakter manusia digital dengan bentuk yang sangat realistis mirip seperti aslinya.

MetaHuman diciptakan melalui aplikasi animato yang dapat memproduksi wajah sesorang sebagai animasi dengan ketelitian yang tinggi.

Penampilan manusia dengan MetaHuman akan terlihat memukau penonton dengan karakter yang diciptakan dengan pengalaman teknologi baru.

Baca juga: MetaHuman Nike Ardilla Dimunculkan, Tantri Kotak Tegang, Kaget Lihat Sosok Penyanyi Legendaris 

Sebab penciptakan MetaHuman didasarkan dari hasil pindah manusia sungguhan yang sudah ada sebelumnya.

Pembuat MetaHuman hanya menyesuaikan penampilan secara fisik sehingga terbentuk sosok manusia digital yang nyaris nyata.

Yakni dengan menambahkan berbagai macam fitur, seperti wajah, warna kulit, untuk rambut, mata, pakaian, ekspresi wajah dan lainnya dengan banyak pilihan berbeda.

Hadirnya MetaHuman ini menjadi langkah besar dalam perkembangan teknologi pembuatan karakter digital yang membuka jalan bagi aplikasi canggih di dunia virtual.

Termasuk dalam industri hiburan, pendidikan, dan simulasi dunia nyata.

Selengkapnya, berikut 5 fakta menarik tentang teknologi MetaHuman:

Fakta-Fakta Teknologi MetaHuman 1. Realisme Tinggi 

MetaHuman dirancang untuk tampil dan bergerak seperti manusia nyata. 

Ini mencakup detail rumit seperti kerutan di kulit, pergerakan mata, ekspresi wajah yang alami, serta pencahayaan realistis.

2. Cepat dan Mudah Dibuat

Teknologi ini dibuat menggunakan MetaHuman Creator, sebuah alat berbasis cloud yang disediakan oleh Epic Games, pengembang dapat membuat karakter realistis dengan cepat tanpa memerlukan keahlian dalam desain 3D tingkat tinggi. 

Alat ini mempermudah pengaturan fitur wajah, gaya rambut, dan karakteristik tubuh sesuai keinginan.

3. Interaksi dengan Unreal Engine 

Teknologi MetaHuman terintegrasi dengan Unreal Engine, mesin grafis yang digunakan untuk membuat video game dan efek visual film. 

Karakter yang dibuat dengan MetaHuman dapat langsung digunakan dalam proyek yang dibangun menggunakan Unreal Engine.

4. Penggunaan dalam Berbagai Industri 

Teknologi ini digunakan dalam industri game, film, animasi, dan bahkan aplikasi VR/AR (Virtual Reality/Augmented Reality) untuk menciptakan avatar yang dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual. 

Selain itu, MetaHuman juga digunakan dalam simulasi dan pelatihan berbasis digital.

5. Pemanfaatan AI dan Animasi Motion Capture

Karakter MetaHuman bisa diprogram untuk memiliki gerakan dan ekspresi wajah yang sangat realistis dengan bantuan teknologi motion capture dan kecerdasan buatan (AI) untuk menirukan perilaku manusia.

(Tribunnews.com/M Alvian Fakka)

Leave a comment