Informasi Terpercaya Masa Kini

6 Kebiasaan yang Membantu Memperpanjang Umur

0 6

KOMPAS.com – Memiliki umur panjang dengan kondisi tubuh yang sehat adalah harapan banyak orang, dan mungkin termasuk Anda.

Untuk mencapai hal tersebut Anda perlu melakukan kebiasaan sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur, serta menjauhi kebiasaan tidak sehat.

Perilaku atau kebiasaan sehat dapat membantu Anda tetap aktif dan sehat hingga usia 60-an, 70-an, dan seterusnya.

Baca juga: 7 Langkah Memulai Hidup Sehat Tanpa Alkohol Mendekati Usia 50 Tahun

Dilansir dari laman Healthline, sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari bagaimana pilihan gaya hidup terkait dengan umur.

Para peneliti mengumpulkan data dari catatan medis dan kuesioner dari sekitar 719.147 veteran militer Amerika Serikat yang mengambil bagian, dengan usia 40 hingga 99 tahun.

Hasilnya, ada delapan kebiasaan gaya hidup sehat, termasuk aktif secara fisik, tidak merokok, hingga mengonsumsi makanan sehat, dapat membantu memperpanjang hidup selama beberapa dekade.

Orang yang melakukan kebiasaan sehat pada usia paruh baya memiliki mungkin hidup lebih lama secara signifikan daripada mereka yang tidak.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Diabetes dengan Perubahan Pola Hidup Sehat, Apa Saja?

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang menunjang angka harapan hidup, dan bisa Anda lakukan agar bisa berumur panjang:

1. Rutin berolahraga

Dilansir dari laman CNN Health International, menurut banyak ahli olahraga adalah salah satu aktivitas penting untuk meningkatkan kesehatan.

Perilaku sehat menghasilkan penurunan risiko kematian akibat sebab apa pun sebesar 46 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.

2. Mengelola stres dengan baik

Mengelola stres diketahui dapat mengurangi kematian dini sebesar 22 persen. Kondisi ini mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan.

Sehingga penting untuk dapat mengubah pandangan Anda dan mengelola stres yang buruk menjadi kondisi stres yang baik.

Baca juga: Apakah Minum Teh Bisa Membantu Mengatasi Stres dan Depresi?

3. Mengonsumsi makanan nabati

Menjalani pola makan nabati akan meningkatkan peluang seseorang untuk hidup lebih lama sebesar 21 persen. Namun bukan berarti Anda harus menjadi vegetarian atau vegan.

Anda dapat melakukan gaya pola makan nabati yang sehat seperti mengonsumsi makan Mediterania yang kaya akan biji-bijian dan sayuran berdaun hijau.

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Membuat Awet Muda di Usia 40 Tahun

4. Mendapatkan tidur yang berkualitas

Dikutip dari laman Healthline, sebuah studi melaporkan bahwa umur panjang kemungkinan besar terkait dengan pola tidur yang teratur, seperti tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Tidur sangat penting untuk mengatur fungsi sel dan membantu penyembuhan tubuh. Terlalu sedikit tidur diketahui dapat memicu sejumlah masalah kesehatan.

Namun, tidur berlebihan atau lebih dari 8–9 jam per malam juga dapat menurunkan umur Anda hingga 38 persen.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Seseorang? Berikut Durasinya Berdasarkan Usia

5. Berada di lingkungan yang sehat

Penelitian menemukan bahwa menjaga jaringan sosial yang sehat dapat membantu Anda meningkatkan peluang untuk bertahan hidup sebesar 50 persen.

Penelitian juga menghubungkan jaringan sosial yang sehat dengan perubahan positif pada fungsi jantung, otak, hormonal, dan kekebalan tubuh, yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis.

Baca juga: 10 Kebiasaan Positif yang Bisa Membuat Anda Selalu Bahagia, Apa Saja?

6. Prioritaskan kebahagiaan

Merasa bahagia diketahui dapat memperpanjang umur secara signifikan. Studi selama 5 tahun menemukan, seseorang yang lebih bahagia mengalami penurunan kematian dini sebesar 3,7 persen.

Penelitian lain mengatakan, mereka yang merasa paling bahagia pada usia 22 tahun memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar untuk tetap hidup enam dekade kemudian.

Terakhir, tinjauan terhadap 35 penelitian menunjukkan bahwa orang yang bahagia dapat hidup 18 persen lebih lama dibandingkan orang yang kurang bahagia.

Leave a comment