Informasi Terpercaya Masa Kini

Di Tengah Ketegangan Regional, Iran Luncurkan Rudal Balistik dan Pesawat Nirawak Baru

0 2

TEHERAN, KOMPAS.com – Di tengah meningkatnya ketegangan regional, Iran meluncurkan rudal balistik dan pesawat nirawak baru dalam sebuah parade militer pada Sabtu (21/9/2024).

Sebelumnya, Iran dituduh oleh pemerintah Barat karena memasok pesawat nirawak dan rudal ke Rusia untuk digunakan dalam perangnya dengan Ukraina, tuduhan yang telah berulang kali dibantahnya.

Rudal Jihad berbahan bakar padat dirancang dan diproduksi oleh divisi kedirgantaraan Garda Revolusi Iran dan memiliki jangkauan operasional 1.000 kilometer, kata kantor berita negara Iran, IRNA.

Baca juga: Pengalihan Rudal Balistik Iran ke Rusia Bisa Timbulkan Eskalasi

Pesawat nirawak Shahed-136B adalah versi yang ditingkatkan dari Shahed-136, dengan fitur-fitur baru dan jangkauan operasional lebih dari 4.000 kilometer.

Presiden Iran, Masoud Pezeshkian menghadiri parade tahunan di Teheran, untuk memperingati perang tahun 1980-1988 dengan Irak pimpinan Saddam Hussein.

“Saat ini, kemampuan pertahanan dan pencegahan kita telah berkembang pesat sehingga tidak ada satu pun orang yang berpikir untuk melakukan agresi terhadap Iran kita tercinta,” katanya, dikutip dari AFP.

“Dengan persatuan dan kohesi di antara negara-negara Islam, kita dapat menggantikannya dengan Israel yang haus darah dan suka melakukan genosida, yang tidak menunjukkan belas kasihan kepada siapa pun, wanita atau anak-anak, tua atau muda,” jelasnya.

Diketahui, Timur Tengah telah dilanda kekacauan sejak kelompok Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023 yang memicu perang di Gaza dan menarik sekutu Iran di sekitar wilayah tersebut.

Bahkan ketegangan telah meningkat dalam beberapa hari terakhir karena fokus kekuatan senjata Israel telah bergeser ke utara ke perbatasan Lebanon tempat pasukannya telah memerangi kelompok Hizbullah.

Serangan udara Israel terhadap basis Hizbullah di Beirut menewaskan 16 anggota Pasukan Radwan elitnya pada Jumat, kata seorang sumber yang dekat dengan kelompok itu, menyusul serangan sabotase mematikan terhadap komunikasi kelompok itu awal minggu ini.

Baca juga: Hizbullah Kalang Kabut Usai Serangan Udara Israel Tewaskan Komandannya

Inggris, Perancis, Jerman, dan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran awal bulan ini, dengan tuduhan bahwa Iran telah menyediakan rudal balistik untuk upaya perang Rusia di Ukraina.

Leave a comment