Informasi Terpercaya Masa Kini

Pemilik Honda ADV Curhat, Slang Pembersih Masuk ke Mesin Saat Servis di Bengkel Resmi

0 1

GridOto.com – Prie Yanto pemilik Honda ADV 150 asal Samarinda curhat di media sosial tentang pengalaman servis di salah satu bengkel resmi Honda atau AHASS.

Niat servis ringan dan membersihkan throttle body saja, motornya malah harus bongkar mesin karena ada slang cairan pembersih yang masuk tersedot ke ruang bakar.

 

Saat dihubungi langsung oleh Gridoto, Prie menceritakan kronologi kejadian secara lengkap.

Pemilik Honda ADV 150 tipe ABS keluaran tahun 2021 ini awalnya hanya ingin lakukan ganti kampas rem depan di AHASS.

Baca Juga: Pakai Cairan Ini Saat Isi Bensin, Injector dan Ruang Bakar Jadi Bersih

“Kemudian saya ceritakan keluhan motor jika digaspoll kecepatannya hanya mentok di 100 km/jam, dan tenaga seperti tertahan,” cerita Prie Yanto saat dihubungi GriidOto melalui pesan singkat pada Kamis (19/09/2024).

“Terus mekaniknya bilang nanti akan dicek dan dilakukan injector cleaner dan pembersihan throttle body. Dibuatkanlah paket servis lengkap,” tambahnya.

Menurut penuturan Prie, dalam paket servis lengkap disebut kalau throttle body akan dilepas dari mesin dan dibersihkan terpisah.

“Tapi pada kenyataannya disemprot-semprot (cairan cleaner) saat motor digeber,” ungkap Prie Yanto.

“Akibatnya slang cleaner (kecil berwarna merah) tersedot masuk ke dalam throttle body dan menyebabkan motor langsung berasap,” tambah pria yang berprofesi sebagai teknisi komputer ini.

Akibat kejadian itu, motornya harus menginap untuk ditangani lebih lanjut oleh pihak AHASS dan dibongkar bagian mesin untuk dilakukan pengecekan.

“Infonya sih enggak ada yang rusak tapi mereka bersihkan kerak bekas slang yang masuk,” kata Prie Yanto.

Baca Juga: Terungkap Penyebab Knalpot Motor Ngebul dan Keluarkan Asap Putih

“Mereka sampaikan akan bertanggung jawab jika terjadi apa-apa dikemudian hari. Saya juga minta surat pernjanjian garansinya,” tambahnya.

Saat dihubungi Gridoto, Prie mengatakan kalau motornya dikabarkan sudah selesai dilakukan perbaikan dan akan dikirimkan ke tempat tinggalnya.

“Masuk bengkelnya kemarin (18/09/2024), infonya sekarang (19/09/2024) sudah selesai dan akan dikirim ke rumah unitnya,” tuturnya.

Kejadian ini bisa jadi pelajaran buat mekanik atau kalian pemilik motor yang suka membersihkan throttle body dengan menyemprotkan cairan cleaner sambil mesin dihidupkan.

Saat mesin digeber, isapan udara dari throttle body akan kuat dan bisa bikin benda asing seperti slang pembersih tersedot dan masuk ke ruang bakar.

Tentunya hal ini bisa berakibat buruk pada komponen mesin yang ada di ruang bakar.

Amannya, lakukan penyemprotan saat kondisi mesin mati, atau bersihkan dengan cara dibongkar throttle body-nya agar bisa bersih maksimal.

Leave a comment