Informasi Terpercaya Masa Kini

Jangan Terburu-buru, Ini Waktu Terbaik untuk Membeli iPhone Baru

0 4

KOMPAS.com – Setiap tahun produsen ponsel selalu mengeluarkan produk-produk ponsel terbarunya, tidak terkecuali Apple.

Pada 9 September lalu, Apple baru saja memperkenalkan line-up smartphone flagship terbarunya, yakni seri iPhone 16.

Sebagaimana diketahui, Apple telah merilis seri iPhone 16 dengan 4 model, yaitu iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Baca juga: Daftar 10 Produk Apple yang Disetop Penjualannya, Ada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

Para pencinta teknologi dan Apple enthusiast tentu sudah menunggu-nunggu momen seperti ini untuk bisa langsung mengupgrade iPhone lamanya.

Namun bagi Anda yang juga ingin membeli iPhone baru atau mengganti model iPhone lama Anda, jangan sampai terbawa suasana.

Penting untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk upgrade iPhone lama Anda dan membeli seri iPhone yang baru.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk upgrade iPhone?

Baca juga: Selain iPhone 16, Berikut 7 Produk Apple yang Diumumkan pada Apple Event 9 September 2024

Waktu terbaik untuk membeli iPhone baru

Jika Anda adalah orang yang peduli dengan fitur dan teknologi baru, sudah pasti waktu terbaik untuk mengganti iPhone lama adalah saat peluncuran seri iPhone terbaru.

Sebab, biasanya semua model iPhone baru akan memiliki prosesor yang lebih cepat dan sejumlah fitur-fitur terbaru.

Dilansir dari laman CNET, waktu “terbaik” untuk membeli iPhone baru adalah ketika versi terbarunya telah diluncurkan.

Ini memungkinkan Anda membuat keputusan yang matang tentang apakah layak untuk upgrade atau mempertahankan ponsel Anda saat ini selama setahun lagi.

Baca juga: Cara Update macOS di MacBook dan iMac, Berikut Langkah-langkahnya

Selain itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menunggu hingga iPhone tersebut ada di pasaran selama beberapa minggu atau bulan.

Jangan terburu-buru demi “punya duluan”. Sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan warna dan kapasitas penyimpanan yang diinginkan.

Biasanya permintaan pasar akan tinggi segera setelah iPhone diluncurkan menyebabkan pilihan stok lebih terbatas.

Penting juga untuk menunggu dan memastikan bahwa ada potensi bug atau masalah, terutama dari para reviewer teknologi yang sudah membeli terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Update iOS di iPhone, Simak Langkah-langkahnya Berikut Ini

Meki sebenarnya tidak ada waktu “terbaik” dan “terburuk” untuk membeli iPhone baru, namun sebaiknya jangan membeli iPhone tepat sebelum Apple meluncurkan iPhone baru.

Jika Anda mungkin tidak begitu peduli dengan fitur terbaru, maka yang perlu dipertimbangkan adalah harganya.

Misalnya Anda hanya ingin menggantinya iPhone yang sudah 4-5 tahun dengan seri yang lebih cepat dan baterai yang lebih awet, maka pilih model sebelumnya.

Anda tidak harus membeli seri iPhone 16 yang paling baru, melainkan memilih seri iPhone 15, iPhone 14, atau bahkan iPhone 13.

Baca juga: Apple Umumkan Kehadiran Apple Intelligent Saat WWDC 2024, Fitur Apa Itu?

Seri iPhone terbaru selalu menjadi yang termahal, tetapi Apple hampir selalu menjual model lama dengan diskon atau potongan harga.

Misalnya saat ini, ketika seri iPhone 16 baru saja diluncurkan, harga iPhone untuk seri-seri sebelumnya mengalami penurunan harga.

Dikutip dari laman iBox (11/9/2024), iPhone 13 mendapatkan potongan harga sebesar 34 persen, sementara iPhone 14 dijual dengan diskon 25 persen.

Bahkan model iPhone 15 yang baru saja dirilis tahun lalu ikut turun harga dengan diskon 15 persen dari harga saat peluncuran.

Bahkan toko-toko lain, baik offline maupun di marketplace online, sering kali memberikan diskon lebih besar untuk model iPhone lama daripada iBox atau Apple Store.

Leave a comment