Informasi Terpercaya Masa Kini

Samsung Produksi SSD PM9E1, Dirancang Khusus untuk Komputer AI

0 2

Samsung Electronics Co memulai produksi massal solid-state drive (SSD) terbaru yang dirancang khusus untuk komputer bertenaga artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. SSD terbaru itu bernama PM9E1 yang  menawarkan performa terbaik dan kapasitas terbesar di industri, berkat teknologi pengendali 5-nanometer buatan sendiri dan teknologi V-NAND generasi kedelapan.

“Teknologi 5nm pada PM9E1 memberikan efisiensi daya dan performa maksimal yang telah divalidasi oleh mitra utama kami,” kata Wakil Presiden Eksekutif Perencanaan Produk Memori Samsung Bae Yong-cheol seperti dikutip Yonhap.

Menurut Samsung, PM9E1 dirancang untuk memberikan performa tinggi dengan efisiensi daya yang optimal, menjadikannya solusi ideal untuk komputer AI. Berbagai fitur utama pada SSD ini juga telah ditingkatkan dibandingkan model sebelumnya. Dengan dimulainya produksi PM9E1, Samsung berencana memperluas distribusi SSD canggih ini kepada produsen PC global dan meluncurkan produk berbasis SSD untuk konsumen, dengan tujuan memperkuat posisinya di pasar. 

Bakal Makin Mahal

Harga solid state drive (SSD) diperkirakan akan semakin mahal tahun ini karena produsen chip memori NAND yang digunakan dalam SSD, seperti Samsung, Kioxia, SK Hynix, dan Micron akan meningkatkan harganya. Pada tahun lalu, harga SSD turun karena pasokan chip memori melimpah dan permintaan yang rendah, memberikan keuntungan bagi konsumen dengan banyak pilihan SSD yang terjangkau.

Data DRAMeXchange yang memantau harga chip memori di pasar spot, menunjukkan bahwa harga NAND TLC (Triple-Level Cell) mencapai titik terendah pada Juli 2023, namun sejak itu mulai naik. Saat ini, harga chip TLC 512 GB naik sekitar 120 persen dibandingkan bulan Juli 2023, sementara harga TLC 256 GB dan 128 GB masing-masing naik 60 persen dan 22 persen. 

Meskipun demikian, laporan dari firma riset pasar Trendforce menyatakan bahwa produsen belum mencapai titik impas, dan harga chip memori NAND perlu naik sekitar 40 persen agar mencapai impas. Untuk mendapatkan keuntungan, kenaikan harga bisa mencapai 50 persen atau lebih.

Selain menaikkan harga, produsen juga dilaporkan mengurangi produksi chip memori NAND untuk menghabiskan stok dan menjaga stabilitas harga. Contohnya, Samsung telah memotong output pabriknya sebanyak 50 persen sejak September 2023 seperti dikutip Tom’s Hardware.

Dengan pangsa pasar global terbesar, Samsung mencapai 31,4 persen, diikuti oleh SK Group (20,2 persen), Western Digital (16,9 persen), dan Kioxia (14,5 persen). Dampak dari faktor-faktor ini diperkirakan akan menyebabkan lonjakan harga SSD tahun ini, dengan beberapa model populer sudah mengalami kenaikan hingga 35 persen dibandingkan September 2023. Jika tren ini berlanjut, harga bisa melonjak 50 persen lebih tinggi dibandingkan empat bulan sebelumnya.

Baca Juga: Apple Vision Pro Generasi Baru Usung Teknologi Komputasi Spasial AI

Leave a comment