Informasi Terpercaya Masa Kini

Turnamen Bikinan Sendiri Makan Korban, Vietnam Lolos dari Hukuman FIFA

0 7

SUPERBALL.ID – Media Vietnam beberkan klarifikasi FIFA perihal hukuman untuk Timnas Vietnam usai menggelar turnamen tanpa pemenang pada September 2024.

Timnas Vietnam berpotensi dilarang mengikuti turnamen internasional oleh FIFA karena membatalkan pertandingan di turnamen uji coba bertajuk LPBank Cup 2024.

Turnamen itu digelar mulai Kamis (5/9/2024) dengan mempertandingkan Timnas Vietnam melawan Rusia di Stadion My Dinh, Hanoi.

Meski tampil di depan publik sendiri, Vietnam harus menelan pil pahit usai digilias Rusia dengan tiga gol tanpa balas.

Setelah pertandingan itu, Rusia dijadwalkan menjalani pertandingan kedua melawan Timnas Thailand pada Sabtu (7/9/2024).

Akan tetapi, laga tersebut dibatalkan karena cuaca buruk (Topan Yagi) yang melanda Hanoi, mencuat isu bahwa keputusan ini diambil sepihak oleh Vietnam.

Dengan dalih menjaga keselamatan, pertandingan Thailand melawan Rusia tidak ditunda melainkan dibatalkan, hal ini pun berdampak ke turnamen.

Tersisa satu pertandingan antara Timnas Vietnam melawan Timnas Thailand, digelar pada Selasa (10/9/2024) di Stadion My Dinh.

Sementara penentuan tim juara pun menjadi sangat sulit karena hanya Vietnam yang memainkan dua pertandingan, sedangkan Rusia dan Thailand sekali.

Baca Juga: Media Vietnam Terkejut Timnas Indonesia Masuk 10 Besar Asia dalam Hal Nilai Skuad

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) melalui sekjennya, Duong Nghiep Khoi, menegaskan bahwa pembatalan laga Rusia versus Thailand sesuai kesepakatan.

Kesepakatan membatalkan pertandingan diambil dengan alasan force majeure, selain itu juga ditegaskan tidak ada penentuan juara.

“Kedua tim, Rusia dan Thailand, bekerja sama dan sepakat untuk membatalkan pertandingan tadi malam karena alasan force majeure.”

“Karena turnamen hanya memiliki 2 pertandingan dengan 3 tim yang berpartisipasi, tidak mungkin untuk menentukan juaranya,” kata Duong Nghiep Khoi.

Lantas, apakah FIFA benar-benar menghukum Timnas Vietnam dengan larangan bertanding di turnamen internasional? Media lokal menjawab tidak.

TheThao247.vn menyebut tidak akan ada hukuman untuk Vietnam karena FIFA sebenarnya menyetujui pembatalan laga Thailand versus Rusia penalti apa pun.

VFF juga disebut tidak perlu memberikan kompensasi kepada Rusia dan Thailand meski kedua tim jadi korban pembatalan pertandingan mereka.

“Beredar informasi bahwa tim Vietnam akan dilarang mengikuti kompetisi internasional oleh FIFA karena mempengaruhi rencana kompetisi tim lain.”

Baca Juga: 20 Pemain Termahal di ASEAN – Indonesia Mendominasi, Vietnam Cuma Ada Satu

“Baru-baru ini, masalah ini telah diklarifikasi,” tulis TheThao247.vn.

“FIFA telah setuju untuk membiarkan Vietnam membatalkan pertandingan antara Thailand dan Rusia tanpa penalti apa pun.”

“Dalam mengambil keputusan pembatalan pertandingan, VFF bekerja sama dengan perwakilan Federasi Rusia (RFU) dan Federasi Thailand (FAT).”

“Selain itu mendapat konsensus serta simpati dari para mitra.”

“Dengan dibatalkannya pertandingan pada 7 September, VFF juga tidak perlu memberikan kompensasi kepada Rusia dan Thailand,” imbuh mereka.

Menyusul hal itu, Federasi Vietnam dan panitia penyelenggara turnamen akan melakukan refund terhadap tiket yang sudah dibeli penonton.

Leave a comment