Informasi Terpercaya Masa Kini

Simak 8 Bahan Alami untuk Mengusir Kecoak dari Rumah

0 4

Bisnis.com, JAKARTA – Setiap orang dapat menggunakan bahan alami untuk mengusir kecoak. Jika produk kimia tidak ampuh mengatasi kecoak yang terus-menerus datang, maka Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusirnya.

Dilansir dari laman homesandgardens.com dan hicare.in, Senin (5/8/2024), kecoak dapat berkembang biak di berbagai lingkungan seperti wastafel, saluran air, ataupun sudut lemari tidak akan hilang tanpa pencegahan.

Untuk mencegahnya, simak 8 bahan alami mengusir kecoak: 1. Gula dan boraks

Natasha Wright, seorang entomologi yang menyarankan untuk mencampur boraks dan gula dengan perbandingan 3:1 sebelum menyebarkannya ke tempat-tempat umum hadirnya kecoak. Gula menarik perhatian mereka, dan asam borat membunuh mereka.

2. Minyak peppermint

Aroma harum minyak ini dibenci hama dan efektif mengusir kecoak. Wright menyarankan untuk membuat semprotan buatan sendiri dengan mencampurkan 15 tetes minyak peppermint dengan 10 ons air sebelum menyemprotkannya ke area yang sering dihinggapi kecoak.

Baca Juga : Apakah Lalat dan Kecoak Bisa Menjadi Pembawa Virus Polio? 3. Tanah diatom

Tanah ini mengandung zat yang berasal dari sisa-sisa fosil organisme akuatik mikroskopis. Zat ini tidak beracun bagi manusia, tetapi justru dapat secara efektif membunuh kecoak dengan cara mengeringkannya. Untuk menggunakannya, Anda dapat mencampur tanah diatom dengan air dan menggunakannya sebagai semprotan.

4. Air perasan lemon

Air perasan lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai kecoak. Dengan meletakkan dan meratakan larutan air perasan lemon di tempat hinggapan kecoa, Anda akan membersihkan area sekaligus menutupi bau yang mungkin menarik perhatian kecoak.

5. Cuka

Campurkan air dan cuka dengan perbandingan yang sama, lalu semprotkan larutan tersebut di area yang sering dihinggapi kecoak. Aroma kuat dalam cuka dapat mengusir kecoak dengan waktu yang cenderung cepat.

Baca Juga : Jadi Hewan yang Tidak Disukai, Kecoak Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Lho 6. Bawang putih, bawang bombai, dan merica

Bawang putih dan bawang bombai memiliki bau menyengat yang dapat mengusir kecoak, sedangkan merica dapat digunakan sebagai pengiritasi. Merebus bahan-bahan ini secara bersamaan dan menyemprotkannya ke area yang dihinggapi kecoak akan mendorong mereka untuk mencari perlindungan di tempat lain.

7. Ampas kopi

Bubuk kopi memang tidak membunuh kecoak, tetapi dapat menjadi perangkap ampuh dengan aromanya yang menyengat. Anda dapat menempatkan ampas kopi di gelas kertas kecil, lalu menaruhnya di toples berisi air – yang mencegah kecoak untuk melarikan diri setelah masuk ke dalamnya.

8. Minyak mimba

Daun mimba seringkali dijadikan sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit kulit.   Tak hanya itu, minyak mimba juga dapat digunakan untuk mengusir kecoak. Untuk menggunakannya, campurkan sedikit minyak nimba dengan air dan semprotkan di area yang dihinggapi kecoak. (Yoga Al Kemal)

Leave a comment