Informasi Terpercaya Masa Kini

CEK FAKTA: Viral Poster HMI Serukan Demo Tolak Kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia

0 4

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah poster viral di Twitter, poster tersebut menggunakan logo HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) yang akan mendemo Paus Fransiskus.

Sebagaimana diketahui, Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia pada Selasa 3 September 2024 siang WIB.

Kedatangan pemimpin tertinggi gereja Katolik tersebut disambut hangat oleh masyarakat dan umat Katolik di Indonesia.

Baca Juga : Media Asing Soroti Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Di media sosial, beberapa netizen mengacungi jempol keserhanaan yang diperlihatkan oleh Paus Fransiskus. Diketahui, Sri Paus datang dengan pesawat komersil, menginap di Kedubes Vatikan dan dijemput dengan Innova.

Namun ada satu unggahan yang membuat geger jagat maya. Unggahan tersebut berisi seruan demo di Kedubes Vatikan.

Baca Juga : : Pakai 5 Bus, 200 Jemaat Katedral Bandung Ikuti Misa Paus Fransiskus di GBK

“Seruan aksi, mengajak seluruh kader Himpunan Mahasiswa Islam dan media online di Jakarta, geruduk Kedubes Vatikan,” bunyi dari poster tersebut.

Di bawahnya, ada beberapa poin seruan demo yakni menolak kedatangan Paus Fransiskus, Boikot Kedubes Vatikan, dan meminta Sri Paus datang ke Palestina untuk simbol kedamaian.

Baca Juga : : Ketika Warga Rela Panas-panasan Menunggu Kedatangan Sri Paus

CEK FAKTA

Setelah Bisnis melakukan berbagai penelusuran, poster tersebut hoaks alias tidak benar. Pertama, demo dijadwalkan dilakukan Selasa 3 September 2024.

Namun kemarin saat Paus Fransiskus datang, kondisi aman dan tak ada demo, bahkan Sri Paus disambut hangat oleh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Kedua, tidak ditemukan ajakan seruan demo dari media sosial resmi HMI. Itu artinya, poster seruan demo menolak Paus Fransiskus dibuat oleh oknum.

Sementara bukti ketiga, yakni ketika Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Bagas Kurniawan malah menyambut baik kedatangan Paus.

Ia mengemukakan kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik se-Dunia Paus Fransiskus merupakan kesempatan untuk menunjukkan semangat toleransi yang dijunjung tinggi masyarakat Indonesia.

“Ini adalah kesempatan bagi kita untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman, dan kita mampu hidup berdampingan dalam harmoni,” kata Bagas seperti dilansir dari Antaranews.

Dia melanjutkan toleransi beragama merupakan salah satu fondasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia.

Status Poster yang viral di media sosial: HOAKS

Leave a comment