Informasi Terpercaya Masa Kini

Layangkan Surat Protes Soal Hijab,Dokter Diani Kartini Putuskan Keluar,Ini Klarifikasi RS Medistra

0 4

TRIBUNJABAR.ID – Terkait viralnya surat protes menyangkut berpakaian Rumah Sakit Medistra, Dr. dr. Diani Kartini, SpB, Subsp.Onk(K) mengiyakan surat tersebut.

Dalam surat itu, Diani Kartini  meminta penjelasan dari RS Medistra terkait persoalan jilbab untuk perawat dan dokter. 

Surat itu viral di media sosial X, bahkan beberapa akun X turut mengunggah surat tersebut.

Saat dikonfirmasi Republika, dia mengaku tak mengetahui kelanjutan surat tersebut.

Baca juga: RS Medistra Jakarta Minta Maaf Setelah Ada Dugaan Tindakan Rasis Berkaitan dengan Hijab

Diani Kartini telah mengundurkan diri dari RS Medistra.

“Dan saya juga langsung keluar tidak bekerja di Medistra lagi setelah peristiwa itu, tepatnya kemarin, Sabtu 31 Agustus 2024,” ujar dia, seperti dikutip dari Republika.

Diani Kartini mengatakan mengatahui  ada kebijakan larangan berhijab diberlakukan untuk perawat dan dokter umum, sementara untuk dokter spesialis dan subspesialias bebas mengenakan hijab. 

Diskriminasi ini yang Diani  tentang keras, “Ini saya yang tidak setuju, mengapa ada perbedaan?” 

Ia sebenarnya sempat menanyakan kebijakan tersebut ke pihak manajemen yang mengesankan jawabannya boleh. 

Namun demikian, ternyata saat ada wawancara penerimaan dokter umum beberapa waktu lalu masih ada pertanyaan tentang membuka hijab. 

“Itu kan wawancara yang tidak bermutu,” kata dia.

Dokter Diani Kartini menyayangkan hal tersebut, karena menurutnya RS Medistra adalah rumah sakit umum yang tidak terkait dengan golongan tertentu.

Sementara itu, hingga berita ini dituliskan, pihak Rs Medistra hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi.

Klasrifikasi RS Medistra

RS Medistra Jakarta megklarifikasi terkait surat yang dilayangkan  Diani Kartini mengenai pembatasan hijab untuk dikenakan oleh dokter dan perawat Muslimah di lingkungan RS.

Direktur RS Medistra Dr. Agung Budisatria, MM, FISQua mengklaim pihaknya terbuka bagi siapa saja yang ingin bekerja di RS Medistra tanpa diskriminasi apapun termasuk bagi pelamar yang mengenakan hijab.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat isu diskriminasi yang dialami oleh salah seorang kandidat tenaga kesehatan dalam proses rekrutmen,” kata dia dalam keterangan resmi yang diterima Tribunnews.com, Senin (2/9/2024).

Ia mengatakan, akan melakukan penelusuran untuk mendalami proses rekrutmen yang diungkap oleh dokter Dr. dr. Diani Kartini.

Pihaknya berupaya melakukan proses kontrol ketat terhadap proses rekrutmen ataupun komunikasi, sehingga pesan yang kami sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh semua pihak.

“Hal tersebut kini tengah dalam penanganan manajemen. RS Medistra inklusif dan terbuka bagi siapa saja yang mau bekerja sama untuk menghadirkan layanan kesehatan terbaik bagi Masyarakat,” jelas dia.

Isi Surat Lengkap Diani Kartini

Selamat Siang Para Direksi yang terhormat. Saya Ingin menanyakan terkait persyaratan berpakaian di RS Medistra. 

Beberapa waktu lalu, asisten saya dan juga kemarin kerabat saya mendaftar sebagai dokter umum di RS Medistra.

Kebetulan keduanya menggunakan hijab. Ada pertanyaan terakhir di sesi wawancara, menanyakan terkait performance dan RS Medistra merupakan RS internasional, sehingga timbul pertanyaan Apakah bersedia membuka hijab jika diterima.

Saya sangat menyayangkan jika di zaman sekarang masih ada pertanyaan rasis. 

Dikatakan RS Medistra berstandar internasional tetapi mengapa masih rasis seperti itu?

Salah satu RS di Jakarta selatan, jauh lebih ramai dari RS Medistra, memperbolehkan semua pegawai baik perawat, dokter umum, spesialis, dan subspesialias menggunakan hijab.

Jika RS Medistra memang RS untuk golongan tertentu, sebaiknya jelas dituliskan saja kalau RS Medistra untuk golongan tertentu sehingga jelas siapa yang bekerja dan datang sebagai pasien. 

Sangat disayangkan sekali dalam wawancara timbul pertanyaan yang menurut pendapat saya ada rasis. 

Apakah ada standar ganda cara berpakaian untuk perawat, dokter umum, dokter spesialis, dan sub spesialis di RS Medistra? 

Terimakasih Atas perhatiannya.

Artikel ini telah tayang di Tribuntangerang.com dengan judul RS Medistra Disorot Soal Dugaan Larangan Pakai Hijab, Dokter Diani Kartini Protes Putuskan Keluar. 

Artikel TribunJabar.id lainnya bisa disimak di GoogleNews.

IKUTI CHANNEL WhatsApp TribunJabar.id untuk mendapatkan berita-berita terkini via WA: KLIK DI SINI

Leave a comment