Informasi Terpercaya Masa Kini

Hasil Practice MotoGP Aragon 2024 – Marc Marquez Semakin Menggila, Honda Bangun dari Tidur usai Johann Zarco Melesat Lolos Q2

0 3

BOLASPORT.COM – Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez, berhasil kembali konsisten menjadi yang tercepat pada sesi Practice MotoGP Aragon 2024 dengan catatan waktu lebih fantastis. Honda juga tampil apik lewat Johann Zarco.

Marc Marquez kembali menampakkan taringnya setelah sukses menguasai jalannya Practice MotoGP Aragon 2024, di Sirkuit Aragon, Alcaniz, Spanyol, Jumat (30/8/2024).

Kali ini, penampilan juara dunia delapan kali itu jauh lebih menggila.

Marquez membukukan catatan waktu lap lebih cepat dari sesi free practice sebelumnya, dengan 1 menit 45,801 detik sekaligus jadi rekor lap baru di Aragon.

Sepanjang sesi practice yang berjalan selama 60 menit itu, pembalap 31 tahun tersebut masih jadi satu-satunya yang paling andal menguasai setiap sektor sirkuit Aragon.

Marquez menciptakan jarak lebih lebar ketika sebagian pembalap lain masih kesulitan dengan tingkat grip yang rendah karena aspal baru.

Honda membuat kejutan di sesi ini lewat penampilan ciamik Johann Zarco. Pembalap LCR Honda berusia 34 tahun itu melesat ke peringkat ke-8 dan otomatis ikut lolos ke Q2. Ini jadi momen pertama ada pembalap Honda yang mampu lolos Q2 sepanjang MotoGP 2024.

Francesco Bagnaia juga akhirnya aman lolos Q2 tetapi dia tidak bisa senyum lebar karena tertinggal lebih lambat hampir 0,8 detik dari Marquez.

Baca Juga: MotoGP Aragon 2024 – Kalem dan Fokus, Jorge Martin Enggan Jemawa Tentang Apapun

Sesi latihan kedua dibuka dengan aksi Francesco Bagnaia yang langsung terjun mencari putaran terbaik.

Bagnaia tampak tak ingin membuang waktu setelah sesi free practice pertamanya berakhir buruk, menempati posisi kedua dari bawah.

Marc Marquez langsung mentas dengan catatan putaran yang menjanjikan.

Juara dunia delapan kali itu berhasil membukukan 1 menit 47,272 detik dan belum terkejar pembalap lain.

Bahkan sampai 20 menit sesi practice berlalu, Marquez masih jadi yang paling cepat.

Jorge Martin sempat mengalami insiden kecil saat motornya kebablasan masuk ke area pasir di dekat sirkuit Aragon.

Tampak bahwa runner-up MotoGP 2023 itu kesulitan mengontrol ban depan motor Ducati GP24 miliknya.

Grip rendah di aspal baru Sirkuit Aragon memang telah jadi masalah utama sebagian besar pembalap.

Namun sejauh ini, baru Marquez yang berhasil menguasai sirkuit tersebut.

Martin pelan-pelan mulai menunjukkan kecepatannya. Tapi dia selalu kecolongan di sektor dua dan tiga yang membuat kecepatannya turun.

Sementara itu, Bagnaia masih belum menemukan feel di atas sirkuit yang nyaman. Setela sempat masuk 10 besar, juara dunia tiga kali itu malah turun ke peringkat 12.

Duo KTM Red Bull, Brad Binder dan Jack Miller perlahan merangsak naik ke tiga besar di belakang Marquez.

Di bawah mereka ada Martin yang mengecap posisi keempat.

Ada momen kru tim Prima Pramac memberi tahu Martin bahwa dia diikuti Bagnaia. Namun Bagnaia bukan pembalap yang menjilat ludahnya sendiri.

Murid Valentino Rossi yang anti-towing itu dengan sigap mencari jalannya sendiri dan tidak terpengaruh dengan posisi Martin yang sempat sengaja melambat.

Marquez kembali ke sirkuit di 30 menit terakhir, setelah sempat kembali ke pit. Kecepatannya masih konsisten. Dia sangat andal menguasai sektor-sektor Sirkuit Aragon dengan kecepatan yang semakin gila.

Marquez mencatat 1 menit 46,954 detik. Membuat gap-nya makin jauh dari pembalap lain yang masih kesulitan dengan tingkat cengkeraman yang rendah.

Memasuki 23 menit terakhir, Fabio Quartararo dan Augusto Fernandez apes mengalami crash.

Quartararpo mengalami lowside di tikungan 6, sedangkan Fernandez crash di tikungan 16 dan sempat berguling-guling di area gravel dan pasir.

Memasuki 20 menit terakhir, Bagnaia akhirnya berhasil menembus lima besr setelah membukukan 1 menit 47,553 detik.

Johann Zarco tampil memberi kejutan dengan meraih 1 menit 47,446 detik dan melesat ke posisi kedua sebelum berakhir di posisi kesembilan. Ini pertama kalinya ada pembalap Honda yang mampu melesat di 10 besar sesi practice sepanjang musim MotoGP 2024.

Martin sempat merebut posisi pertama dengan 1 menit 46,666 detik, tetapi dia masih kurang nyaman dengan ban depan dia.

Marquez kembali merebut posisi pertama dengan 1 menit 46,384 detik.

Kejutan besar ditunjukkan Aleix Espargaro yang dari tadi entah di mana, tiba-tiba menjlang 2 menit terakhr sesi, membukukan 1 menit 46,073 detik dan merebut posisi pertama.

Namun, kegilaan Marc Marquez tak ada obat memang. Dia kembali membukukan waktu lap lebih garang, 1 menit 45,801 detik sekaligus jadi rekor baru di Sirkuit Aragon.

Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP Aragon 2024 – Marc Marquez Meroket dan Cepat Saat Francesco Bagnaia Jadi Aib Ducati di Sesi Pagi

Leave a comment