Informasi Terpercaya Masa Kini

3 Dongeng Si Kancil Singkat yang Penuh Pesan Moral

0 8

Moms, membangun kedekatan dengan anak bisa dilakukan dengan membacakan dongeng Si Kancil singkat untuknya sebelum tidur. Ada banyak variasi fabel Si Kancil yang memiliki pesan moral mendalam untuk membentuk karakter anak.

Membacakan dongeng pada anak sebaiknya dilakukan sedini mungkin, meskipun si kecil belum bisa baca dan tulis. Pasalnya, ada segudang manfaat di balik kegiatan sederhana ini, Moms.

Menurut Intermountain Health, dongeng bisa membuat daya imajinasi si kecil semakin terasah. Selain itu, kemampuan empati anak juga bisa meningkat karena mendengarkan masalah yang beragam dari karakter dongeng.

Sering dibacakan dongeng juga akan membuat kemampuan literasi anak menjadi semakin baik. Tentunya ini bekal yang bagus untuk si kecil sebelum memasuki usia sekolah.

Referensi Dongeng Si Kancil Singkat

Mengutip buku Kisah Petualangan Seru Kancil dan Teman-temannya yang diterbitkan KKLP Pengembangan Sastra Kemdikbud, berikut ini beberapa kisah singkat soal Si Kancil yang penuh pesan moral.

1. Kancil dan Kerbau Bermain Petak Umpet

Kisah di atas mengajarkan seseorang untuk selalu bersikap rendah hati kepada sesama. Selain itu, sebagai sesama manusia tidak boleh saling menghina dan mengejek.

2. Kancil dan Siput Lomba Lari

Pesan yang dapat dipetik dari cerita di atas adalah hendaknya manusia tidak merendahkan kemampuan orang lain. Selain itu, sikap sombong hanya akan mendatangkan malapetaka di kemudian hari. Jadi, sebaiknya tetaplah rendah hati kepada siapa pun.

3. Si Kancil dan Buaya

Dari cerita di atas dapat diambil pelajaran agar tidak bersikap seperti kancil yang melupakan perbuatan baik orang lain padanya. Jangan pula mengakui seseorang sebagai sahabat hanya pada saat susah, kemudian melupakannya saat sudah bahagia.

Baca Juga: 2 Dongeng Anak Cerita Rakyat yang Penuh Pesan Moral

Leave a comment